Ekspansi di Pangsa B2B, Blibli Gunakan Solusi SAP Commerce Cloud

Jakarta, Gizmologi – Blibli tampaknya semakin serius menggarap pangsa business-to-business (B2B) dengan melakukan ekspansi besar-besaran. Berbagai langkah progresif sedang dilakukan e-commerce lokal ini. Apa saja?

Memang tidak bisa dipungkiri, pandemi COVID-19 membuat transformasi digital menjadi kebutuhan mendesak dalam mendorong kinerja perusahaan, terutama jika ada hubungannya dengan supply chain atau rantai pasokan. Hal ini seperti diungkapkan Kusumo Martanto, CEO dan Co-Founder Blibli lewat keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Jumat (10/9/2021).

“Pandemi membuat organisasi lintas industri semakin sadar akan pentingnya integrasi teknologi digital di rantai pasokan untuk menjaga kelancaran pengadaan barang dan jasa. Melihat hal ini, kami merancang platform Blibli for Business sebagai one-stop solution berbasis teknologi inovatif yang membuat proses pengadaan semakin mudah, efisien, dan transparan,” ujarnya.

Blibli for Business sendiri merupakan platform daring yang mendorong tranformasi digital di tingkat organisasi melalui solusi e-procurement. Kehadirannya untuk memperluas kehadiran Blibli B2B sebagai solusi kebutuhan pengadaan barang (procurement) bagi klien korporat, institusional, dan pemerintah.

Dengan begitu, bisa dibilang layanan B2B semakin melengkapi ekosistem bisnis Blibli yang telah mencakup business-to-customer (B2C), business-to-business-to-customer (B2B2C), dan busienss-to-government (B2G). Ekosistem inilah yang memperkuat platform Blibli for Business hingga ke jaringan warehouse untuk memperlancar pergerakan barang ke seluruh Indonesia.

Selain kemudahan, Blibli mengklaim keamanan sebagai faktor penting dalam menjaga kepercayaan para mitra. Dalam hal ini, Blibli merupakan e-commerce pertama yang telah mengantongi sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 karena telah menerapkan sistem, termasuk arsitektur IT dan application interface (API) untuk menjaga keamanan data semua pihak.

Blibli juga tercatat sebagai yang pertama di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi Computer Security Incident Reponse Team (CSIRT) di segmen e-commerce. Sertifikasi ini mengacu pada kematangan dalam menjalankan keamanan informasi yang dilakukan e-commerce ini.

Bagi klien atau vendor yang ingin menyuplai barang dan jasa, Blibli B2B membuka kesempatan mereka untuk memperluas jangkauan ke pasar korporat untuk meningkatkan penjualan lewat bulk selling. Selain itu, seleksi barang dan jasa yang dihadirkan diklaim lengkap dan luas meliputi produk TIK dan MRO (Maintenance, Repair, and Operation) untuk perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, alat berat, dan kendaraan.

Dalam mengasah persaingan di ranah B2B, Blibli memilih solusi SAP Commerce Cloud untuk menghadirkan diferensiasi dan nilai tambah di pasar. Solusi ini diklaim mampu mendongkrak inovasi Blibli untuk lebih berorientasi pada kebutuhan pasar.

Hadirkan Pengalaman Terbaik bagi Pelanggan

Menurut Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia, solusi SAP Commerce Cloud bisa membantu perusahaan dalam mempermudah proses jual-beli online, baik untuk pelanggan perorangan maupun korporat, di mana pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang sama pada saat bertransaksi online maupun offline.

Solusi ini memungkinkan front office terintegrasi dengan back office dengan arsitektur yang mendukung untuk headless commerce dan micro services extension yang dilengkapi disaster recovery, monitoring tols, dan autoscalling hingga platform upgrade tanpa biaya tambahan.

Dengan implementasinya, pelanggan bisa lebih mudah mengetahui detail suatu produk yang biasanya hanya didapatkan dari pedagang di toko atau saat bertransaksi offline. Hal ini karena adanya optimasi storefront yang menggunakan AI serta memanfaatkan data secara dinamis.

“Kami sangat bangga bisa membantu Blibli dalam ekspansi ke B2B. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh solusi SAP Commerce Clolud, Blibli bisa terus berinovasi sebagai sebuah intelligent enterprise dengan teknologi cloud terdepan,” ujarnya.

Blibli SAP Commerce Cloud

Mengenai kolaborasinya ini, Kusumo Martanto mengatakan solusi SAP Commerce Cloud bisa membantu mempermudah proses integrasi bisnis dari pemasaran, transaksi perdagangan, hingga layanan pelanggan. Dengan mempermudah proses otorisasi yang kompleks, membuat pihaknya mampu menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

“Semua manfaat SAP Cloud Computing pada akhirnya membantu Blibli untuk mewujudkan misinya dalam menghadirkan pengalaman berbelanja terbaik yang memberikan kepuasan bagi pelanggan, selarasa dengan komitmen terhadap customer satifaction first,” pungkasnya.

 

Tinggalkan komen