Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Update Aplikasi FUJIFILM Remote Camera Optimalkan Konektivitas

FUJIFILM akan meluncurkan aplikasi FUJIFILM Camera Remote versi terkini, yaitu versi 4.0 untuk perangkat seluler, baik itu smartphone maupun tablet. Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan Android, masing-masing akan memperoleh update pada akhir Maret 2019 dan Mei 2019.

Fungsi aplikasi ini adalah untuk mengoperasikan kamera digital nirkabel yang dilengkapi pengendali jarak jauh untuk memotret foto dan merekam video. Selain itu tersedia juga fungsi untuk mentrasfer file foto atau video ke perangkat seluler pengguna. Koneksi antara kamera FUJIFILM ini ke perangkat lain bisa dilakukan melalui Bluetooh dan WiFi.

Aplikasi FUJIFILM Remote Camera versi terbaru akan memakai antarmuka khusus yang dirancang pada versi 4.0. Pada antarmuka tersebut terdapat fungsi Album untuk menelusuri gambar yang diimpor pada kamera. Nah, bagi yang tak sabar memakai aplikasi ini bisa mengunduhnya dari Google Play dan App Store. Tetapi untuk dapat memakai versi terkini, sebaiknya catat tanggal peluncuran yang disebutkan sebelumnya, kemudian instal sesuai jadwal peluncuran aplikasi tersebut.

Aplikasi Fujifilm Remote Camera
Aplikasi Fujifilm Remote Camera

Fitur FUJIFILM Camera Remote

  1. Transfer hasil foto dan rekaman video ke smartphone atau label
  2. Menelusuri foto dan video para kamera melalui smartphone atau tablet
  3. Mengambil data lokasi dari gawai yang terhubung
  4. Mengabadikan momen secara jarak jauh
  5. Memeriksa keberadaan firmware terbaru untuk kamera, kemudian mengunduh dan menginstalnya. Fitur ini hanya berlaku untuk kamera yang memiliki konektivitas Bluetooth.

Fitur yang diperbarui

  1. Antarmuka perangkat lunak ini dirancang untuk memudahkan pengguna mengoperasikan aplikasi
  2. Memungkinkan pengguna menelusurdi foto yang hanya diimpor dari kamera melalui fungsi album
  3. Konektivitas yang lebih stabil antara kamera dan perangkat seluler lain yang terhubung, baik smartphone atau tablet, bahkan saat berpindah menu pada aplikasi

Seperti telah disinggung sebelumnya, aplikasi ini mendukung dua jenis koneksi, yaitu hanya Wi-Fi atau Wi-Fi dengan Bluetooth. Koneksi Wi-Fi dengan Bluetooth memungkinkan pengunduhan otomatis di mana saja FUJIFILM Camera Remote berjalan pada smartphone atau tablet. Tetapi perlu diingat juga bahwa antara platform iOS dan Android memiliki prosedur yang berbeda dalam membuat koneksi.

Ketika perangkat seluler terhubung dengan kamera, melalui koneksi Bluetooth, foto tetap akan diunduh melalui Wi-Fi. Sementara itu koneksi Wi-Fi berfungsi untuk mengendalikan kamera secara jarak jauh untuk menampilkan dan mengunduh foto. Pengunduhan otomatis tidak tersedia dengan koneksi yang hanya mengandalkan Wi-Fi.