alexa

Google Maps Luncurkan Fitur Live View Berbasis Augmented Reality

Dalam pengembangannya, Google Maps telah mengalami banyak perubahan. Tak hanya perbaikan data pada suatu wilayah, terjadi beberapa penambahan fitur. Saat ini, pengguna dapat membayar tiket parkir atau memesan tiket kereta api secara online. Dengan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI), Google akan memberikan layanan yang interaktif kepada penggunanya.

Baca juga: Google Rilis Fitur Baru untuk Android, Termasuk Mode Gelap di Google Maps

Dikutip dari ZDnet, Google Maps akan menyiapkan Live View, sebuah fitur yang menggunakan isyarat panah dan petunjuk arah yang menggunakan Augmented Reality (AR). Sejatinya fitur ini sempat diperkenalkan pada 2019, dengan nama Global Localization. Melalui penggunaan teknologi ini, dapat membantu mengarahkan seseorang ke arah yang benar dan menghindari keraguan menentukan arah dari tempat yang ingin dituju.

Menemukan Tujuan Lebih Mudah

Google Maps
Tampilan Live View pada Google Maps (GSM Arena)

Menurut Dane Glasgow, Vice President Of Product Google Maps, Live View akan mengandalkan AI. Teknologi tersebut dapat berguna untuk memindai puluhan miliar gambar Street View yang dapat terintegrasi dengan lokasi tujuan seseorang. Nantinya pengguna dapat mengetahui ketinggian serta penempatan objek yang ada di dalam gedung, seperti bandara, stasiun transit, atau pusat perbelanjaan.

“Jika Anda naik pesawat atau kereta, Live View dapat membantu Anda menemukan lift dan eskalator terdekat, gerbang, peron, pengambilan bagasi, konter check-in, kantor tiket, toilet, ATM, dan lainnya,” jelasnya.

Untuk saat ini, fitur Live View dalam ruangan tersedia di Android dan iOS di sejumlah pusat perbelanjaan di AS seperti Chicago, Long Island, Los Angeles, Newark, San Francisco, San Jose, dan Seattle. Tak hanya itu, rencananya Google akan memperluas penggunaan Live View ke sejumlah bandara, pusat perbelanjaan, dan stasiun transit di Tokyo dan Zurich.

Menampilkan Rute Terbaik Transportasi

Google Maps - dark mode

Dalam beberapa bulan mendatang, raksasa teknologi asal AS ini juga berencana untuk memperkenalkan Maps versi terbaru. Nantinya seseorang dapat melihat semua rute dan moda transportasi yang tersedia untuk tujuan mereka, tanpa berpindah antar tab. Google akan juga secara otomatis merekomendasikan moda transportasi pilihan pengguna yang populer di kotanya.

Baca juga: Trik Memaksimalkan Google Maps dengan 8 Fitur yang Jarang Kita Ketahui

“Jika Anda melakukan aktivitas sepeda, kami akan secara otomatis menampilkan lebih banyak rute perjalanan dan untuk pengguna yang tinggal di kota seperti New York, London, Tokyo, atau Buenos Aires yang populer naik subway, kami akan memberi peringkat mode lebih tinggi, “ tegas Dane.

Selain itu, Google telah bekerja sama dengan supermarket AS Fred Meyer untuk melakukan uji coba terhadap fitur baru di toko-toko tertentu seperti Portland dan Oregon. Fitur dirancang untuk mempermudah pengambilan bahan makanan tanpa kontak, termasuk memberi tahu penumpang jam berapa harus berangkat untuk mengambil bahan makanan mereka.

Tinggalkan komen