Jakarta, Gizmologi – Memasuki tahun 2022, GoSend, salah satu layanan terdepan dari Gojek menyiapkan rangkaian inovasi guna semakin mengoptimalkan layanan logistik online baik bagi pelaku usaha maupun konsumen, serta mendukung kinerja para mitra untuk menghadirkan layanan prima.
Head of Logistics Gojek, Steven Halim, mengatakan GoSend terbukti mampu menjadi layanan terdepan dalam pengiriman cepat on-demand dan menjadi kepercayaan jutaan pelaku usaha dan konsumen seiring penerapan ekosistem berbasis pengiriman hyperlocal-on-demand.
“Di awal 2021, kami mencatat peningkatan 116% jumlah seller pengguna GoSend di platform partner e-commerce dibandingkan awal pandemi. Selain itu, rata-rata jumlah order mitra driver Gojek naik 70% kali lipat di 2021,” kata Steven Halim dalam keterangannya, Selasa (8/2/2022).
Berdasarkan penelitian Lembaga Demografi FEB UI di 2021 terungkap bahwa mitra driver GoSend, yang tergabung dalam ekosistem Gojek, mengalami pemulihan pendapatan, di mana di tahun kedua pandemi, pendapatan mereka naik 37,7%. Sebanyak 4 dari 5 mitra driver juga merasa kemitraan dengan Gojek mampu meningkatkan kualitas hidup mereka.
GoSend Bantu Genjot Pendapatan Mitra Driver

Riset ini pun mengungkapkan ada tiga hal penting dalam kemitraan Gojek dengan mitra GoSend yakni jumlah order yang stabil, hak mitra untuk menolak/tidak melayani permintaan konsumen apabila tidak sesuai dengan ketentuan, dan tarif pokok yang stabil.
“Berfokus untuk bisa menghadirkan inovasi layanan logistik yang optimal, tentunya kami turut mengembangkan ragam fitur yang mempermudah aktivitas mitra, sebagai bagian penting dari ekosistem GoSend,” lanjut Steven.
Steven mengungkapkan, memasuki tahun 2022, GoSend menyiapkan setidaknya tujuh gebrakan yang fokus pada pilar inovasi dan inklusivitas. Strategi ini dijalankan di tengah ekspektasi tinggi dari masyarakat terhadap kecepatan dan keandalan pengiriman barang.
Di mana saat ini mitra dapat menikmati fitur rekomendasi titik ramai, order searah pulang/berangkat, penjadwalan pesanan, serta live tracking yang dapat meningkatkan efisiensi di lapangan, serta mendapatkan perlindungan asuransi selama perjalanan dan pembelajaran modul training online.
Selain dirancang guna menjawab kebutuhan dan saran mitra, rangkaian inovasi GoSend juga menghadirkan dua fitur baru khusus bagi para mitra driver GoSend yakni Easy Cancellation yang memudahkan mitra driver bila ingin membatalkan pesanan e-commerce yang tidak sesuai dengan ketentuan pengiriman dan Fitur Tipping yang memudahkan pengguna memberikan tip kepada para mitra untuk pengguna layanan GoSend di Tokopedia.
“GoSend juga akan mengaktifkan promo yang sepenuhnya ditanggung Gojek sebagai salah satu upaya meningkatkan order dan mendukung pendapatan mitra driver. Selain itu, kolaborasi GoSend dan Tokopedia (bagian dari GoTo Group bersama Gojek) mampu memberikan dampak positif terhadap ekosistem di tengah tingginya tren e-commerce dan kenaikan kebutuhan pengiriman,” paparnya.
Baca Juga: Siapkan Berikan Inovasi di 2022, Gojek Bakal Fokus Pada Dua Hal Utama
Tujuh Inovasi GoSend di 2022

Adapun sejumlah inovasi layanan pengiriman yang dihadirkan GoSend khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan partner e-commerce. Salah satunya adalah pengiriman lebih awal, dengan pesanan GoSend sebelum jam operasional guna mempercepat pengiriman oleh partner.
Kemudian jaminan paket lebih aman dengan Premium Insurance, yang akan memberikan nilai tanggungan hingga Rp20.000.000. Selanjutnya pengguna GoSend akan bisa mengirim barang dalam jumlah lebih banyak dengan ukuran lebih besar lewat kehadiran armada mobil GoSend.
“Kemudian kirim ke banyak alamat sekaligus pakai GoSend Multi-Delivery. GoSend Multi-Delivery memungkinkan mitra driver mengambil paket dari satu alamat pengiriman dan mengantarkannya ke hingga 5 lokasi pengiriman yang berbeda.” tulis GoSend.
Waktu pengiriman bisa menjadi lebih efisien, hemat biaya pengiriman hingga 30 persen, mudah dilacak, serta mengurangi jejak karbon, serta akan hadir dalam skala nasional. Termasuk sinergi GoSend API: Platform dengan Layanan Online Logistik dan e-commerce.
Bahkan GoSend juga perluas wilayah layanan di wilayah Jadetabek, Bandung dan Surabaya untuk layanan GoSend Sameday dan GoSend Intercity di Jadetabek, Bandung, Jogjakarta, Solo, Malang, Sidoarjo dan Semarang, GoSend akan mengaspal lagi dengan kedua layanan itu di wilayah pulau Jawa. Setelah Vietnam, GoSend juga siap go international dan menghadirkan GoSend Instant di negara lain di Asia Tenggara.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




