Ini Aplikasi yang Sudah Terintegrasi dengan PeduliLindungi

Jakarta, Gizmologi – PeduliLindungi menjadi aplikasi penting bagi masyarakat Indonesia untuk bepergian dan mengakses fasilitas publik. Kini, fitur PeduliLindungi akan terintegrasi di sejumlah aplikasi populer, beberapa di antaranya Gojek, Grab, Shopee dan Tokopedia.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji menjelaskan integrasi ini menjawab permasalahan masyarakat yang enggan instal Peduli Lindungi pada ponselnya. Aplikasi-aplikasi yang terintegrasi merupakan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas saat ini.

“Integrasi aplikasi ini bisa digunakan untuk masuk ke berbagai macam fitur yang ada di PeduliLindungi,” kata Setiaji dalam keterangan resminya.

Bagi kalian yang memiliki aplikasi Gojek dan Tokopedia di ponsel, kini sudah bisa mengakses PeduliLindungi. Aplikasi ini sudah tersedia pada kedua aplikasi milik GoTo ini.

Kalian tinggal buka aplikasi Gojek dan temukan gambar PeduliLindungi bernama “Check In” dan di Tokopedia namanya Peduli Lindungi. Untuk bisa mengakses aplikasi ini kalian tinggal mengisi data yang dibutuhkan.

Fitur dan aplikasi PeduliLindungi ini dikelola sepenuhnya oleh Kemenkes RI, baik proses verifikasi dan pemrosesan data. Dengan demikian, masyarakat tetap merasa aman dan nyaman menggunakan aplikasi apapun untuk mengakses PeduliLindungi.

Platform lain akan menyusul

GoJek Tokopedia

Tak hanya Gojek maupun Tokopedia, berdasarkan penelusuran Gizmologi, fitur PeduliLindungi juga sudah ditemukan di Grab dan Shopee. Untuk beberapa platform lainnya seperti Dana, LinkAja, CinemaXXI, termasuk aplikasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yakni Jaki akan segera menyusul.

Aplikasi PeduliLindungi kini banyak digunakan di tempat umum, seperti mal, bioskop, stadion, tempat ibadah, restoran, hingga supermarket. Selain itu, transportasi umum, seperti bandara, terminal, halte, hingga pelabuhan turut menggunakan aplikasi besutan Kemenkes.

Ini dilakukan demi memastikan setiap pengunjung yang masuk atau menggunakan transportasi umum dalam keadaan sehat dan sudah divaksin minimal satu dosis. Khusus untuk bioskop, diwajibkan untuk melakukan vaksin dengan dosis penuh sebanyak 2 kali.

Kini PeduliLindungi memiliki beragam fitur terkait kesehatan dan covid-19 yang bisa dimanfaatkan masyarakat secara luas. Di antaranya fitur self check, hasil test PCR/antigen, sertifikat vaksin, tracing kontak erat penyintas covid, hingga telemedicine.

Tinggalkan komen