Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bidik UMKM, Qasir Luncurkan Aplikasi Miqro

0 100

Menurut Kemenkop UKM, saat ini diproyeksikan terdapat 63 juta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mendominasi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Kelompok usaha dengan jumlah besar dan potensi menggiurkan inilahy yang dibidik Qasir. Startup lokal tersebut merilis aplikasi baru untuk kalangan UMKM dengan nama Miqro.

Menurut CEO Qasir, Michael Liem, Qasir yang pada September lalu menembus unduhan ke 100.000 bertujuan merangkul lebih banyak pengguna melalui aplikasi Miqro. Platform ini memberikan layanan pencatatan yang inklusif dan ekosistem dagang bagi semua UMKM khususnya usahawan mikro.

“Miqro mendigitalisasi pencatatan transaksi yang sering menjadi point point bagi usahawan, juga membantu proses-proses yang bisa dilakukan pada usahawan seperti belanja grosir, agar menjadi lebih cepat, tanpa mengubah pola kerja mereka kecuali menjadi lebih efesien,” ujar Michael Liem, saat jumpa pers peluncuran Miqro di Jakarta (6/12).

Michael menandaskan, pihaknya ingin memberikan akses pencatatan transaksi penjualan yang memudahkan proses kerja UMKM. Pencatatan menurutnya adalah aspek sangat penting dalam usaha, namun tidak sederhana untuk dilakukan oleh usahawan dengan skala mikro. Sedangkan untuk mendapatkan modal pengembangan usaha, usahawan tentu membutuhkan pencatatan.

Bukan hanya itu, lemahnya perhatian yang diberikan pada pencatatan transaksi ini juga mengaburkan data laba dan rugi, sehingga usahawan tidak dapat menentukan kondisi usahanya yang mempengaruhi kebijakan usaha yang harus diambil.

Tantangan lainnya, sebagai aplikasi untuk pelaku UMKM yang belum banyak tersentuh teknologi, edukasi menjadi hal penting. karena itu, Miqro juga mengadakan program edukasi seputar menjalankan usaha secara rutin. Para peserta yang mengikuti program ini nantinya akan diberikan pendampingan hingga make-over warung agar lebih menarik dan mendatangkan lebih banyak keuntungan.aplikasi miqro

Fitur Aplikasi Miqro

Melalui aplikasi Miqro, para pelaku UMKM bisa melakukan pencatatan transaksi bisnisnya dengan lebih mudah. Tak hanya itu, mereka juga bisa mendapat penghasilan tambahan dengan menjual pulsa dan token PLN melalui jaringan PPOB, mendapatkan akses pembayaran digital untuk mendukung transaksi cashles dengan DANA dan OVO, juga bisa dibantu untuk mendapatkan modal/pembiayaan.

Untuk memperkenalkan aplikasi Miqro, Qasir menggandeng artis Zaskia Adya Mecca yang merupakan pemilik usaha busana muslimah Meccanism. “Sebagai pengusaha yang tidak memiliki latar belakang bisnis ataupun akuntansi, menjalankan usaha sehari-hari menjadi lebih mudah untuk saya. Dengan menggunakan Qasir saya bisa mengeliminasi beberapa faktor,” ujarnya.

Sebelum berubah menjadi Miqro, aplikasi ini sebelumnya bernama Mitra Qasiryang  sudah dikenal di kalangan usahawan kelontong. Fitur unggulannya yaitu fitur Pemesanan Barang, khususnya produk-produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Fitur ini membantu pengguna untuk berbelanja barang grosir dari agen yang ada di sekitar mereka, tanpa harus meninggalkan rumah atau tempat usaha.