Capai 165 Juta Subscribers, Spotify Uji Coba Paket Baru “Spotify Plus”

Jakarta, Gizmologi – Sepertinya platform streaming mainstream saat ini sedang gemar untuk uji coba paket berlangganan baru demi menarik penggunanya untuk ikut membayar dalam waktu bulanan dalam menikmati konten mereka. Setelah YouTube, kini giliran Spotify yang luncuran Spotify Plus ke sejumlah pengguna secara terbatas saja.

Ya, platform streaming musik populer satu ini diketahui tengah mencoba untuk hadirkan paket baru bagi para pendengarnya. Bila ditilik dari harga berlangganan serta benefit yang dibawa, Spotify Plus bakal berada tepat di antara gap dari akun gratisan dengan Spotify Premium. Dengan kata lain, tak banyak keuntungan yang bakal dapat dinikmati.

Baca juga:  Spotify Memperbarui Tampilan Beranda, Permudah Pendengar Podcast dan Musik

Dalam pengumuman pendapatan Spotify kuartal kedua 2021 yang diumumkan Rabu lalu (28/7), jumlah penggunanya diketahui terus naik secara signifikan, sejak kuartal kedua 2017 sampai saat ini. Nilainya cukup positif baik untuk jumlah pengguna aktif bulanan hingga pengguna yang berlangganan paket premiumnya. Hal tersebut tak lain juga karena fitur baru yang terus digulirkan.

Pengguna Spotify Plus Bisa Bebas Skip Lagu

Spotify Plus

Lantas benefit seperti apa yang diberikan lewat paket Spotify Plus? Seperti yang kita ketahui bersama, saat pengguna memutar lagu di Spotify tanpa berlangganan akun berbayar, musik yang diputar hanya bisa secara acak. Meski bisa membuat playlist atau daftar lagu sendiri, kamu tetap tak bisa atur lagu awal dan setelahnya, selain 15 playlist terpilih dari Spotify.

Sementara untuk skip lagu, akun gratisan diberikan limitasi enam kali skip per jamnya. Nah, dengan Spotify Plus, platform asal Swedia yang ditemukan sejak 2006 ini berikan kebebasan dari dua batasan tersebut. Artinya, bebas untuk memilih lagu mana yang ingin diputar maupun skip lagu tanpa batas, baik di dalam album hingga playlist.

Spotify Plus

Untuk harganya sendiri, pengguna yang menerima notifikasi berlangganan Spotify Plus menyebutkan biaya sebesar USD0,99 saja, alias sekitar Rp14 ribuan atau 1/10 dari biaya berlangganan Spotify Premium pada wilayah regional yang sama. Demi skip lagu, namun tetap bakal mendengarkan iklan seperti biasa.

Dikonfirmasi oleh The Verge, pihak Spotify mengatakan bila paket berlangganan ini merupakan bagian dari uji coba mereka, digulirkan untuk sejumlah pengguna saja. Mereka juga tak bisa memastikan apakah paket Spotify Plus bakal dirilis global atau tidak—semua bergantung kepada hasil pengujiannya nanti.

Capai Kenaikan Jumlah Pengguna Hingga 20% YoY

Spotify Your Library

Pada kuartal 2 2021 kemarin, Spotify berhasil meraih total 365 juta pengguna aktif bulanan, meningkat sebesar 22% year-on-year (YoY) dibandingkan kuartal 2 2020 di 299 juta. Sementara untuk jumlah pengguna yang berlangganan, naik 20% dari tahun lalu, kini mencapai 165 juta.

Sepanjang tahun, Spotify terus gulirkan pembaruan hingga tampilan aplikasi baru. Sebelum Spotify Plus, menu “Your Library” kini diperbarui untuk memudahkan penemuan lagu maupun podcast favorit, sementara tampilan halaman depan lebih didominasi oleh konten podcast.

Beberapa pekan lalu, Spotify juga telah meluncurkan Greenroom. Sebuah platform khusus di mana penggunanya bisa berinteraksi satu sama lain melalui media suara atau audio. Mirip Spotify, keunggulannya adalah dapat merekam sesi room hingga publikasi langsung dalam bentuk podcast ke beberapa platform sekaligus.

Tinggalkan komen