Line Developer Day 2021, Telah Layani 200 Juta Pengguna Setiap Bulan

Jakarta, Gizmologi – Aplikasi super-app Line baru saja menggelar konferensi tahunan mereka, yakni Line Developer Day. Di acara tahun ini mereka tidak hanya memamerkan inovasi terbaru tapi juga pencapai perusahaan yang sudah memasuki usia satu dekade.

Dalam kesempatan tersebut, CTO & Direktur Line, Euivin Park, mengungkapkan perusahaannya telah berkomitmen menjawab permasalahan yang muncul secara dinamis dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan alias AI, data machine learning, infrastruktur, pengetahuan serva, dan sistem iOS serta Android. Kini Line telah berkembang menjadi platform besar yang menyediakan layanan kepada 200 juta pengguna setiap bulan per Juni 2021.

“Ada 11 petabyte data berupa foto dan video yang dikirim dan diterima pengguna Line setiap hari, dan ada 400.000 jumlah permintaan pesan Line yang diterima server per detik,” tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Senin (15/11/2021).

Hal ini menjadi bukti bahwa Line hingga saat ini masih eksis dan terus bertumbuh. 10 tahun mengusung misi “Closing the Distance” yang membuat Line berkembang dari aplikasi bertukar pesan menjadi sebuah ekosistem produk dan layanan yang dirancang untuk menyediakan solusi teknologi di seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Line HyperCLOVA dan Blockchain

LINE AI Company CEO Shinchiro Isago

Dalam kesempatan yang sama, CEO Line AI Company yaitu Shinichiro Isago mempresentasikan perkembangan teknologi HyperCLOVA yang sedang dikembangkan Line bersama HyperCLOVA Studio. Kemampuan teknologi ini dapat menghasilkan kalimat halus dan sesuai berdasarkan konteks sejumlah data untuk membuat deskripsi pemasaran kreatif hanya bermodalkan spesifikasi sebuah produk.

HyperCLOVA ditawarkan Line sebagai salah satu layanan untuk situs ecommerce yang membantu mereka membuat penjelasan dan mengerjakan copywriting sebuah produk atau layanan kepada pelanggan.

Line juga mengembangkan inovasi di bidang blockchain, sejak Agustus 2020. Melalui LVC Corporation, Line telah mengoperasikan LINE BITMAX Wallet, dompet digital untuk mengelola aset digital seperti NFT yang diterbitkan di Line Blockchain.

Bahkan pada bulan Juni 2021, dengan tujuan untuk memperluas ekonomi token Line dan ekosistem blockchain, Line memperkenalkan Line Blockchain NFT Market beta yang memungkinkan perdagangan NFT dalam Line BITMAX Wallet.

“Lebih dari 170.000 LINE FRIENDS NFT didistribusikan ke pengguna di Jepang, dan lebih dari 80 persen dari pengguna tersebut belum pernah memiliki aset blockchain,” kata Yusuke Yoneyama, pejabat eksekutif LVC Corporation.

Tinggalkan komen