alexa

Bikin Obrolan Lebih Hidup, Clubhouse Tambah Efek Audio Spasial

Jakarta, Gizmologi – Platform obrolan audio Clubhouse menghadirkan fitur baru bernama audio spasial. Lewat fitur ini Clubhouse ingin memberikan pengalaman suara obrolan virtual agar terasa lebih hidup dan nyata, seakan pengguna terlibat langsung dalam satu percakapan.

Melansir Engadget, Senin (30/8/2021) fitur ini meniru cara manusia menangkap dan memproses suara ketika berada di ruang yang sama. Jadi, Clubhouse akan secara otomatis mengatur efek suara di masing-masing speaker baik headphone bluetooth, earphone, maupun sistem stereo dalam mobil.

“Anda bisa mendengar orang-orang tertawa dan ruangan di sekitar saya meledak. Anda juga dapat membayangkan hal seperti itu dalam room (Clubhouse),” kata Kepala teknologi streaming Clubhouse Justin Uberti.

Untuk menciptakan pengalaman audio spasial ini, Clubhouse akan mengintegrasikan API (Application Programming Interface) Second Life yang dibuat Philip Rosedale dengan memadukannya lewat pemrosesan audio kustom dalam ruang obrolan.

Kemudian software akan mengaktifkan HRTF atau Head Related Transfer Function untuk mengolah tiap audio dari pengguna, seolah berada dalam percakapan langsung. Software ini juga dapat diaplikasikan ke musik untuk memberikan pengalaman dengan efek stereo.

Baca Juga: Hadir di Clubhouse, TED Adakan Diskusi Eksklusif Tiap Minggunya

“Salah satu hal yang Anda sadari dalam pengaturan audio grup ini adalah Anda tidak mendapatkan pengalaman yang sama seperti berada di ruang fisik,” imbuh Uberti.

Kehadiran fitur audio spasial ini pun disebut dapat membuka lebih banyak peluang bagi kreator untuk berkreasi atau bereksperimen dengan kekuatan audio. Hanya untuk sekarang, fitur ini baru tersedia di iOS dan menyusul kemudian ke Android.

Bersama dengan kehadiran fitur ini, perusahaan juga menghadirkan ikon aplikasi terbaru di September 2021, yakni Leah Lammar. Sosok Leah dikenal sebagai penggagas klub ‘Hot on the Mic’, salah satu acara paling populer di Clubhouse.

Selain ikon baru di aplikasi, Clubhouse juga meluncurkan Creator Commons, sebuah wadah mendukung kesuksesan para kreator. Dengan wadah ini, para kreator bisa mendapatkan informasi seputar Clubhouse, termasuk tips merencanakan dan membuat klub, termasuk topik yang menarik.

Tinggalkan komen