Netizen Keluhkan Layanan IndiHome & Telkomsel yang Masih Lemot

Jakarta, Gizmologi – Layanan IndiHome dan Telkomsel masih jadi trending topic di lini masa media sosial Twitter pagi ini. Hal ini ditenggarai keluhan sejumlah pengguna terkait gangguan dari kedua layanan perusahaan telekomunikasi tersebut.

Banyak netizen mengaku kesulitan untuk berselancar di internet, bahkan di antara mereka sampai tidak bisa mengakses layanan sama sekali. Berdasarkan laporan situs pemantau Down Detector, layanan internet IndiHome dan Telkomsel down terjadi sejak sejak 17.25 WIB, sejak Minggu (19/9).

Tercatat, sejumlah pengguna IndiHome dan Telkomsel di Jakarta dan Surabaya yang paling banyak melaporkan gangguan internet ini. Sebagian besar pengguna mengeluh bahwa internet mereka mengalami penurunan kualitas.

Penyebab Gangguan

Permintaan Maaf Indihome

Sebelumnya, IndiHome melalui stories di akun Instagram-nya mengakui saat ini sedang ada gangguan. Telkom menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi pada layanan IndiHome ini karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam – Pontianak.

“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza dalam keterangannya.

Gangguan berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia. Mewakili manajemen Telkom, Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.

Respon Telkomsel

Jaringan 4G LTE Telkomsel-2

Hal senada juga disampaikan Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, juga mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.

“Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” kata Denny dalam pesan singkatnya.

Adapun gangguan ini hanya berdampak pada layanan internet Telkomsel, sedangkan layanan telepon dan SMS masih bisa digunakan dengan normal. “Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” imbuhnya.

Tinggalkan komen