alexa

Spotify Capai 158 Juta Pelanggan Premium, Perbarui Tampilan Aplikasi

Pada akhir bulan April 2021 kemarin, salah satu platform streaming musik paling populer saat ini, Spotify baru saja merilis sebuah laporan yang mendetilkan beberapa pencapaiannya di kuartal pertama 2021. Dari laporan tersebut, dapat diketahui beberapa fakta menarik terkait peningkatan jumlah penggunanya, yang meningkat secara merata.

Bersamaan dengan itu, Spotify juga hadirkan pembaruan tampilan agar pengguna bisa lebih mudah menemukan lagu atau podcast favoritnya. Pembaruan fokus pada tampilan “Your Library”, mengingat tampilan awal sudah diperbarui sebelumnya agar konsumen dapat langsung akses konten favoritnya persis setelah mengakses aplikasi. Tak hanya untuk pengguna Premium, namun juga untuk pengguna gratisan.

Dari hasil laporan kuartal pertama 2021, Spotify tak hanya menyampaikan kurva peningkatan pengguna aktif maupun pengguna Premium. Dalam kurun waktu yang sama, platform favorit ini juga terus melebarkan sayapnya ke beberapa market atau negara lainnya. Termasuk bekerja sama dengan berbagai pihak untuk berikan konten yang lebih menarik, terutama konten podcast yang memang sedang diutamakan.

Baca juga: Spotify Car Thing Dibagikan Gratis, Perangkat Streaming Khusus Kendaraan Lawas

Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Spotify Ikutan Naik

Spotify Earnings Q1 - 2021

Dari pembukaan laporannya, pada Q1 2021, Spotify berhasil meraih 356 juta pengguna aktif bulanan. Jumlah tersebut naik secara signifikan, dari 286 juta pengguna di akhir tahun 2020, dan naik hingga 24% YoY, alias Q1 2020. Jumlah terbanyak daripada platform streaming lainnya.

Sementara untuk pengguna berbayar, kini telah mencapai 158 juta pengguna Spotify Premium. Jumlah tersebut meningkat 21% bila dibandingkan kuartal pertama tahun lalu di 2020, sejumlah 130 juta pengguna. Spotify cukup optimis bakal terus naik, meski tarifnya naik di beberapa wilayah seperti US (Premium Family), Eropa dan UK (pengguna pelajar dan Spotify Duo).

Terkait podcast, Spotify juga kabarnya bakal hadirkan layanan berbayar tambahan demi konten eksklusif yang bakal tersedia di masa mendatang. Layanan tersebut bakal berikan kesempatan para podcaster untuk terhubung ke pengguna yang kini tersedia di 178 wilayah, dalam 62 bahasa yang berbeda.

Tampilan Baru Permudah Pencarian Konten di Aplikasi

Spotify Your Library

Selain mengumumkan pencapaian yang meningkat dibandingkan tahun lalu, Spotify juga kembali perbarui tampilan pada aplikasinya. Kalau sebelumnya ada di halaman utama, kini giliran “Your Library”, umumnya diakses pengguna untuk mencari playlist atau daftar lagu yang telah tersimpan sebelumnya. Kini pencarian konten dibuat jauh lebih mudah, lewat fitur “dynamic filters”.

Lewat beberapa tab yang disediakan di bagian atas layar, pengguna bisa memanfaatkan lebih dari satu filter sekaligus agar dapat menemukan konten yang ingin dicari dengan lebih mudah. Semisal, menggabungkan filter “yang baru saja ditambahkan” plus “terunduh”, maka konten akan mengerucut dari dua filter tersebut.

Spotify Your Library
Tampilan lama (kiri) bila dibandingkan dengan yang baru.

Selain itu, daftar tampilannya juga lebih variatif. Tak hanya dalam daftar berbentuk list saja, pengguna diberi opsi untuk akses tampilan grid layaknya di menu utama Spotify. Punya playlist atau lagu favorit? Kini dapat di-pin empat konten terbaik agar selalu tampil di deretan paling atas.

Sementara khusus pengguna Premium, kini juga bisa menemukan lagu, album, playlist atau podcast apa saja yang sebelumnya sudah diunduh, sesuatu yang tak bisa dilakukan sebelum adanya fitur filter di atas. Pembaruan ini bakal hadir di aplikasi versi Android dan iOS dalam beberapa minggu mendatang.

Tinggalkan komen