Jakarta, Gizmologi – Shopee menutup akhir kampanye 12.12 Birthday Sale dengan mengumumkan penjualan yang meningkat. Shopee 12.12 Birthday Sale dimulai dari 15 November hingga 12 Desember 2024.
Di kampanye ini, terdapat peningkatan penjualan brand lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat dibandingkan hari biasa. Shopee juga membeberkan tren belanja pada 12.12 Birthday Sale kali ini.
“Keberhasilan Shopee selama kampanye 12.12 tak terlepas dari dukungan luar biasa para pengguna, dedikasi dari para brand lokal dan UMKM, dan kolaborasi para konten kreator yang tanpa henti mempersiapkan strategi terbaik mereka,” ujar Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia.
Baca Juga: Ini Program UMKM Shopee yang Bisa Kamu Manfaatkan, Gratis!
Tren Puncak Kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale

Pada saat Shopee 12.12 Birthday Sale, platform e-commerce tersebut menawarkan penawaran menarik mulai dari promo untuk produk brand lokal dan UMKM hingga keseruan belanja lewat fitur interaktif. Ternyata penawaran tersebut berdampak pada lonjakan pesanan. Banyak penjual mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan berkat visibilitas yang lebih tinggi akan produk brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye.
Peningkatan tren belanja ini juga sejalan dengan semakin banyak pengguna yang memanfaatkan kampanye ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari produk-produk brand lokal dan UMKM di berbagai kategori. Pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, para penjual dan produk di beberapa kategori juga berhasil menjadi favorit pengguna.
Kategori favorit ialah Atasan dan Tas Wanita dengan peningkatan pesanan hingga 7 kali lipat. Cardigan, Kemeja, dan Tas Selempang berhasil menjadi produk brand lokal dan UMKM pilihan pengguna sebagai salah satu opsi outfit akhir tahun.

Permintaan akan produk lokal di kategori Kosmetik Wajah serta Parfum & Wewangian juga ikut meningkat hingga 11 kali lipat. Nampaknya para pengguna mulai mempersiapkan diri menyambut perayaan akhir tahun, Bedak Wajah, Lipstik, dan Eau de Parfum menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli.
Masyarakat juga memanfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhan di rumah, terlihat dari kategori Kebersihan & Binatu meningkat hingga 18 kali lipat. Pada puncak kampanye, pengguna memanfaatkan promo untuk membeli produk Sabun Cuci Piring, Pewangi Pakaian, dan Detergen yang menjadi produk lokal yang populer di kategori ini.

Pada puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi Shopee Live lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM. Peningkatan tersebut menunjukkan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur ini untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun mereka sambil menikmati pengalaman belanja penuh hiburan.
Lalu, jumlah klik pada link rekomendasi produk dari Shopee Affiliate mengalami peningkatan 5 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna Shopee yang mencari dan membeli rekomendasi produk brand lokal dan UMKM melalui konten menarik dari para kreator.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




