Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Rumah Belajar, Platform Edutech Gratis Besutan Kemdikbud

0 7.911

Selain para karyawan yang disarankan untuk bekerja di rumah (work from home), sekolah di berbagai daerah pun meliburkan siswanya agar belajar di rumah. Sebagai gantinya, para siswa bisa memanfaatkan platform edutech, salah satunya adalah Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nadiem Makarim, Mendikbud RI, mendukung kebijakan pemerintah daerah (Pemda) yang meliburkan sekolah dan menunda pelaksanaan ujian Nasional (UN). Ia juga mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemda serta mitra di kalangan swasta dalam menerapkan metode belajar online atau dalam jaringan (daring).

Menurut pendiri GoJek ini, dampak penyebaran Covid-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Sehingga siap dukung kebijakan yang diambil Pemda. Di mana Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama.

“Kami menghargai mitra-mitra di sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh. Kemendikbud siap dengan semua skenario termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring untuk para siswa,” tutur Nadiem, saat jumpa pers di Jakarta (15/03).

Kebijakan libur sekolah selama dua minggu ini cukup krusial. Mengingat momentum yang dekat dengan penyelenggaraan Ujian Nasional (UNBK), ujian kenaikan kelas, dan persiapan ujian seleksi ke tingkat berikutnya. Diketahui dari pernyataan Plt. Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno kepada pers di Jakarta, Rabu (11/03), tahun ini ada sekitar 8,3 juta siswa dari 105 satuan pendidikan yang akan mengikuti UNBK. Sehingga layanan belajar online seperti Rumah Belajar sangat diperlukan.

Untuk mendukung itu, Kemendikbud telah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh bernama portal Rumah Belajar yang  dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.
Baca juga: Tips Efektif Kerja di Rumah dengan Memanfaatkan Teknologi

Platform Rumah Belajar

Rumah BelajarSesuai dengan deskripsi di websitenya, Portal Rumah Belajar adalah platform pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru.

Dengan menggunakan Rumah Belajar, para pelajar bisa belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Berbeda dengan platform sejenis besutan startup yang memang menjadi tulang punggung bisnis sehingga berbayar, seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Platform ini tersedia untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Saat ini, terdapat 240 ribu guru dan 588 ribu siswa yang memanfaatkan Rumah Belajar.

Fitur Rumah Belajar

1. Kelas Digital

Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

2. Sumber belajar

Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

3. Bank Soal

Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

4. Laboratorium Maya

Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.