Jakarta, Gizmologi – OVO memandang bulan Ramadan dapat menjadi momentum dalam peningkatan transaksi aplikasi oleh konsumen melalui belanja kebutuhan pokok maupun pembayaran dalam mobilitasnya. Untuk itulah mereka kemudian kembali mendorong pemanfaatan program gamifikasi andalan mereka dalam mendukung transaksi finansial para pengguna.
Sebagai penyedia layanan dompet digital terkemuka, OVO memang memahami kebutuhan pengguna dengan begitu baik salah satunya lewat program bertajuk Shoptakuler Super Catchback. Program ini memberikan kesempatan memenangkan hadiah-hadiah yang menarik dengan total nilai hingga ratusan juta rupiah.
Periode terbaru program ini berlangsung sejak 5 Maret – 30 April 2024. Setiap pengguna memiliki token catchback yang dapat ditukarkan untuk mendapatkan hadiah. Hadiah yang disiapkan antara lain: Vespa LX 125, iPhone 15, voucher tiket.com, hingga 100 juta OVO Points.
Pengguna OVO dapat meraih hadiah tersebut hanya dengan melakukan transaksi menggunakan OVO Cash senilai minimal Rp10.000 untuk mendapatkan satu token yang dapat digunakan bermain Catchback. Token Catchback bisa didapatkan dengan transaksi di ribuan merchant offline dan online, termasuk pembelian produk digital dengan metode pemindaian kode QRIS pada offline merchant, Push-to-Pay pada online merchant dan pembelian Produk Digital pada aplikasi.
Sebagai program yang telah hadir sejak tahun lalu, Shoptakuler Super Catchback memang menawarkan hadiah yang besar. Pada akhir tahun lalu saja, pengguna yang memenangkan periode pertama program ini telah berhasil membawa pulang sebuah mobil Wuling Air EV. “Kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat yang berpartisipasi dalam program Shoptakuler Super Catchback,” ujar Eddie Martono, Chief Operating Officer (COO) OVO.
Baca juga: Fintech Lending UKU Ungkap Pengajuan Pinjaman Meningkat Jelang Lebaran
OVO Catat Volume Transaksi Digital selama Ramadan 1445H

Selama momen Ramadan, OVO juga mencatat terjadinya peningkatan transaksi oleh pengguna. Khususnya dalam penggunaan layanan transportasi online, belanja kebutuhan rumah tangga, pengiriman barang, dan transfer uang menggunakan aplikasi dari OVO.
Mengutip Laporan Lebaran Grab di Januari 2024, diketahui bahwa 84% masyarakat Indonesia siap meningkatkan aktivitas digital selama Ramadan, dengan 72% berencana menggunakan layanan Grab untuk pesan-antar makanan dan transaksi pembayaran.
Terdapat 86% responden bersedia berbelanja barang berkualitas untuk keluarga mereka di rumah, sehingga pemilik usaha dapat memenuhi kebutuhan acara kumpul keluarga dengan menu porsi keluarga dan opsi tambahan seperti minuman dan makanan penutup.
Selain itu, ada 79% pengguna Grab, termasuk pengguna kendaraan, memilih Grab untuk kenyamanan pada momen spesial, menyebabkan lonjakan jumlah penumpang mingguan sebesar 19% dibandingkan sebelum Ramadan. Tren ini semakin meningkat menjelang Lebaran,
dengan perjalanan ke bandara yang meningkat sejak minggu ketiga dan seterusnya, ditambah dengan padatnya rute perjalanan karena tradisi mudik untuk berkumpul dengan keluarga.
Itulah sebabnya pemanfaatan program gamifikasi melalui aplikasi dapat menjadi pilihan menarik bagi pengguna. Selain pembayaran jadi mudah, pengguna jadi punya kesempatan mendapatkan hadiah menarik.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




