Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Selamat Tinggal Yahoo Messenger..

Generasi 90an sudah pasti dulunya akrab dengan Yahoo Messenger. Aplikasi chatting gratis yang sempat hits di masanya kini sebentar lagi tinggal kenangan. Oath, perusahaan milik Verizon yang kini menangani Messenger, per 17 Juli 2018 akan menghentikan operasi aplikasi ini.

Jauh sebelum adanya BB Messenger, WhatsApp, LINE, hingga Telegram, Yahoo Messenger begitu menjadi andalan publik berkirim pesan gratis, terutama melalui desktop. Berbagi ID Yahoo Messenger, saling berbagi stiker (sebelum kini lebih sering dikenal sebagai emoji), jadi cara berkenalan dan berakrab ria bersama teman atau kenalan.

Yahoo Messenger pertama kali diluncurkan pada 9 Maret 1998 sebagai Yahoo Pager lalu sempat memperoleh rebranding pada 21 Juni 1999. Setelah tepatnya 20 tahun, empat bulan dan delapan hari, Messenger akan non aktif per 17 Juli.

Baca juga: Setelah Yahoo! yang Dilanjutkan Verizon, Kini Flickr di Tangan Pemilik Baru: SmugMug

Sebagaimana dilansir dari situs Yahoo, pihak Oath tidak secara pasti menyebut alasan di balik penghentian Messenger ini. “Seiring dengan sifat komunikasi yang terus berubah, kami kini berfokus membuat dan memperkenalkan alat komunikasi baru yang lebih menarik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” kata Oath.

Oath sampai sekarang belum mempersiapkan pengganti Messenger, yang bisa menyaingi popularitas aplikasi chatting yang sedang tren seperti WhatsApp atau Telegram.

“Saat ini kami terus bereksperimen dengan layanan dan aplikasi baru, salah satunya aplikasi pesan grup bernama Yahoo Squirrel (saat ini masih dalam versi beta). Anda bisa meminta untuk diundang melalui squirrel.yahoo.com,” tambahnya.

Masih ada waktu mengunduh arsip percakapan hingga 6 bulan ke depan. Foto oleh id.wikihow.com

Sebelum tanggal tersebut, pengguna masih bisa mengunduh arsip percakapan mereka dengan melakukan enam langkah berikut:

  1. Kunjungilah situs downloader nya via tautan ini
  2. Sign in
  3. Pilih metode verifikasi, lalu masukkan Kunci Akun yang dikirim ke pengguna
  4. Klik download.
  5. Masukkan alamat sural elektronik kemana pengguna ingin file-nya dikirim lalu klik ok
  6. Silahkan menunggu file terkirim ke inbox

Oath memberikan waktu hingga enam bulan untuk mengunduh arsip percakapan di Messenger. Lebih lanjut, ia menyarankan untuk menghilangkan aplikasi ini usai mengunduh semua percakapan atau hal lain yang ingin disimpan.

Meski Yahoo Messenger sebentar lagi tiada, ID Yahoo tetap akan berlaku untuk produk lain, seperti Yahoo Mail, Yahoo Fantasy, dll.

Terima kasih pernah jadi tempat kami bergaul yang menyenangkan, Yahoo Messenger..

 

%d blogger menyukai ini: