Jakarta, Gizmologi – Platform streaming musik, Spotify masih merajai layanan streaming musik global. Bahkan menurut laporan Midia Research, platform asal Swedia itu memiliki pangsa pasar 31% pada kuartal kedua tahun 2021.
Dalam laporannya laporan Midia Research, menyebutkan jika sepanjang periode tersebut total pelanggan platform streaming mencapai 523,9 juta. Sedangkan Apple Music hanya berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 15%.
Sementara di posisi ketiga, adalah Tencent Music dan Amazon Music berbagi peringkat dengan masing-masing pangsa pasar sebesar 13%. Diikuti YouTube Music di posisi keempat dengan pangsa pasar 8%, seperti dikutip dari The Verge.
Angka ini sedikit lebih rendah dari angka resmi yang dilaporkan Spotify pada kuartal kedua tahun 2021 sebesar 165 juta. Meski begitu jumlah pelanggan ini naik 109,5 juta atau 26,4% dari tahun sebelumnya.
Kompetisi Spotify dan Apple Music

Menurut data Midia, pasar streaming musik masih terus berkembang dan meningkat hingga 26,4% pada kuartal kedua tahun 2022. Mengingat sejumlah gabungan platform yang akan mendorong pertumbuhan pelanggan dalam 12 bulan ke depan.
“Google pernah menjadi yang paling lambat, tetapi peluncuran YouTube Music telah mengubah nasibnya, tumbuh lebih dari 50 persen dalam 12 bulan menjelang Q2 2021,” tulis lembaga riset tersebut.
Mereka mengungkapkan, YouTube Music secara khusus bergaung di kalangan Generasi Z dan milenial yang lebih mudah. Midia mengungkapkan “seharusnya membunyikan bel alarm untuk Spotify, karena basis inti pelanggan milenial mereka dari tahun 2010-an di Barat mulai menua.”
Baca Juga: Warna-warni “Audio Aura” di Spotify Wrapped 2021
Di sisi lain, Pertumbuhan terbesar paling terlihat di negara berkembang. Tencent Music Entertainment (TME) dan NetEase Cloud Music, menambahkan 35,7 juta pelanggan dalam 12 bulan jelang Q2 2021.
Keduanya menyumbang 18% meski hanya tersedia di Tiongkok. Sementara, Yandex, di Rusia, berhasil menggandakan basis pelanggannya untuk mencapai 2% dari pangsa pasar global. Adapun platform gabungan, Yandex, TME dan NetEase hanya bisa menyumbang 20% dari pangsa pasar pelanggan.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




