Tak Perlu 10 Ribu Followers, Begini Cara Pakai Stiker Link di Instagram Stories

Jakarta, Gizmologi – Instagram resmi menggantikan cara swipe up dengan fitur stiker tautan atau Link sticker di Stories untuk semua pengguna tanpa dibatasi jumlah followers. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan link atau URL di Stories menggunakan stiker.

Sejatinya, fitur ini sudah diuji coba sejak bulan Juni, tapi hanya terbatas untuk akun yang sudah memiliki centang biru atau akun dengan banyak followers. Sejak akhir Agustus, fitur Link Stickers secara resmi menggantikan fitur ‘Swipe Up’.

“Kami membuat kebijakan ini berdasarkan feedback yang kami dengar dari komunitas tentang seberapa besar manfaatnya bagi kreator konten dan bisnis segala ukuran untuk tumbuh seperti akun akun yang lebih besar,” kata Instagram dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (29/10/2021).

Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan kemudahan berbagi link di Stories akan sangat membantu semua jenis akun, terlepas dari akun bisnis maupun kreator yang ingin mengarahkan followers-nya ke situs atau produk jualan mereka, membaca artikel, dan lain-lain. Oleh karena itu perluasan fitur ini dapat dirasakan semua pengguna yang ingin berbagi link di Stories.

“Kami telah menerima banyak umpan balik selama bertahun-tahun tentang membatasi tautan ke akun dengan pengikut 10 ribu ke atas, dan kami mendengarkan Anda,” tulis Mosseri.

Cara membagikan Link Stiker di Instagram Stories

Instagram Stiker Link

Untuk menambahkan Link sticker, pengguna bisa mengunggah konten mereka ke IG Stories-nya. Lalu, pilih tool sticker di bagian navigasi atas.

Kemudian, pilih stiker “Link” untuk menambahkan tautan yang diinginkan dan ketuk “Done.” Tempatkan stiker di Stories Anda, sama seperti stiker lainnya, dan ketuk pada stiker untuk melihat variasi warnanya.

Meski fitur ini sudah digulirkan ke semua pengguna, bukan berarti semua pengguna Instagram bisa mengakses fitur ini. Mengutip The Verge, Instagram menegaskan, hal-hal yang melanggar Pedoman Komunitas seperti ujaran kebencian atau misinformasi, tidak akan diizinkan untuk mengakses stiker Link.

Tinggalkan komen