Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Aplikasi “Laut Nusantara” Mudahkan Nelayan Tangkap Ikan dengan Data Real Time

Aplikasi ini menyuplai informasi bagi nelayan hingga 10 mil dari pantai. Mencakup wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut.

Walau sudah pernah bekerjasama dengan m-Fish dalam merilis aplikasi untuk nelayan, XL Axiata menjalin kerjasama dengna pihak lain. Kali ini, operator seluler tersebut sejak Agustus lalu menghadirkan aplikasi digital yang baru, Laut Nusantara, yang bisa menyuplai informasi bagi nelayan hingga 10 mil dari pantai.

Aplikasi untuk nelayan “Laut Nusantara” ini merupakan hasil kerjasama antara  Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta XL Axiata.

Aplikasi  untuk nelayan ini dibangun di atas sistem operasi Android yang asli dikembangkan oleh orang Indonesia untuk menyajikan data kelautan yang dibutuhkan oleh nelayan secara akurat dan real time. Informasi yang terdapat di Aplikasi Laut Nusantara mencakup aspek-aspek yang paling dibutuhkan oleh nelayan kecil, baik mengenai wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut.

Masyarakat nelayan bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis melalui smartphone Android dengan menggunakan operator layanan data. Mereka bisa memanfaatkan ragam fitur dan informasi dalam aplikasi untuk nelayan ini selama smartphone mereka bisa menangkap sinyal data dari operator.

Berdasarkan ujicoba di sejumlah daerah, aplikasi masih bisa dibuka hingga jarak 10 mil dari pantai, yang masih relevan  mengingat nelayan kecil, dengan perahu berjungkung dan bentuk perahu tradisional berukuran kecil lainnya memiliki daya jangkau rata-rata kurang dari 20 mil laut.

Aplikasi untuk nelayan ini telah dirilis ke komunitas nelayan sejak 30 Agustus 2018 tetapi baru diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jembrana, Bali, pada 10 Oktober 2018. Peluncuran aplikasi untuk nelayan tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis tiga paket perangkat Laut Nusantara yang terdiri dari smartphone yang berisi aplikasi Laut Nusantara, sim card dengan paket data 1GB dan satu buku panduan penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada tiga nelayan Pengambengan, Bali.

Ki-ka: Head Social Innovation Project, Siti Siswandari; Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan Sekretaris Jenderal KKP, Nirlanto Perbowo saat peluncuran aplikasi untuk nelayan Laut Nusantara
Related Posts
1 daripada 70

Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc  mengatakan bahwa aplikasi untuk nelayan ini menyediakan berbagai informasi yang paling dibutuhkan oleh nelayan kecil, baik mengenai wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut.

Menurutnya, aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi para nelayan kecil perorangan di seluruh wilayah Indonesia yang selama ini sangat mengandalkan hasil tangkapan untuk menopang kehidupan keluarganya sehari-hari.

Selain itu, informasi mengenai kondisi cuaca juga cukup lengkap yang akan menjadi panduan sekaligus peringatan bagi para nelayan untuk mempertimbangkan keselamatannya.

Baca juga: XL Axiata Pastikan Warga Sulawesi Tengah Bisa Berkomunikasi Usai Dihantam Tsunami

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “Aplikasi Laut Nusantara ini dibangun selama kurang lebih 5 bulan. Ini adalah aplikasi untuk nelayan yang kedua diluncurkan oleh XL Axiata.

“Yang membedakan aplikasi Laut Nusantara”dengan aplikasi untuk nelayan sebelumnya adalah basis informasi yang lebih lengkap dan real time, serta sumber data sepenuhnya disuplai oleh data resmi dari BROL,” kata Yessie.

Data dari BROL senantiasa diperbaharui berdasarkan riset dan pengamatan laut di seluruh wilayah laut nusantara. Data dalam aplikasi untuk nelayan ini dilakukan setiap tiga hari menurut data dari satelit khusus sedangkan data yang bersifat prakiraan berdasarkan analisa data selama 20 tahun ke belakang.

Complete Plugin Setup
Please enter your API KEY & SECRET at plugin settings page.