Jakarta, Gizmologi – TikTok Serunya Berbagi merupakan kampanye terbaru yang dihadirkan di Ramadan tahun ini, Selasa (26/3/2024). Kampanye TikTok Serunya Berbagi menawarkan banyak keseruan hingga hadiah Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar Rp15 juta.
Kampanye TikTok Serunya Berbagi terinspirasi dari semangat komunitas TikTok yang terus berbagi inspirasi dan hiburan, khususnya selama bulan suci. Sebagai aplikasi video pendek, TikTok sudah cukup banyak menghadirkan konten kreator yang fokus ke berbagai bidang.
Dari konten fashion, kesehatan, hingga komedi, semuanya bisa ditemukan pada TikTok. Di kampanye Ramadan ini, platform juga menyediakan pertama kalinya fitur untuk pengguna menyumbang donasi ke lembaga non profit.
Baca Juga: Tips UMKM Tingkatkan Penjualan Selama Ramadan di Tokopedia dan TikTok
TikTok Serunya Berbagi Hadirkan Fitur dan Konten Ramadan Menarik

Fitur yang dihadirkan oleh TikTok ialah stiker donasi. Stiker ini bisa disematkan oleh kreator di video, siaran LIVE dan laman profil pengguna.
Donasi pengguna nantinya akan difasilitasi langsung oleh platform pemberian amal global, Percent, kepada sejumlah lembaga non-profit terkemuka di Indonesia, antara lain Yayasan Benih Baik Indonesia, YCAB Foundation, Edufarmers, Platform Usaha Sosial (PLUS), dan Foodbank of Indonesia (FOI). Melalui stiker donasi, kreator dan pengguna bisa memilih lembaga dan program pemberdayaan mana yang ingin mereka dukung, mulai dari pendidikan, UMKM, lingkungan, hingga penanganan masalah pangan.
Selain berdonasi langsung melalui fitur stiker donasi, TikTok juga mengajak para kreator dan komunitas untuk ikut berdonasi dengan mengikuti serangkaian aktivitas seru di TikTok LIVE. Dengan menyelesaikan serangkaian tantangan, pengguna dapat ikut berkontribusi membantu TikTok LIVE mencapai misinya untuk memberikan donasi kepada lembaga non-profit terpilih.
TikTok juga kembali menggelar challenge untuk memeriahkan bulan suci Ramadan dan Hari Raya Lebaran. Challenge ini berhadiah Rp15 juta untuk tiga pengguna terpilih.
Terbuka untuk kreator dan pengguna, challenge ini mengajak komunitas TikTok untuk menyebarkan keceriaan dan inspirasi melalui video hiburan yang lucu dan kreatif, kisah inspiratif tentang berbagi kebaikan, resep dan tips kuliner khas Ramadan, hingga video fesyen dan dekorasi bernuansa Ramadan.
Untuk mengikuti challenge ini, pengguna diwajibkan untuk membuat setidaknya dua video kreatif berdurasi 60 detik atau menggunakan fitur photo-mode sesuai kategori yang dipilih. Kemudian pengguna bisa mengunggahnya ke TikTok dengan menyertakan tagar #SerunyaBerbagi. Periode challenge berlangsung mulai dari 9 Maret hingga 15 April 2024.
Masih dalam kampanye TikTok Serunya Berbagi, platform memberikan usulan konten menarik yang bisa ditonton oleh penggunanya. Sejumlah kreator terlihat meluncurkan berbagai inisiatif untuk berbagi kebahagiaan lewat cara yang unik.
Mulai dari memberikan potong rambut gratis bagi orang yang membutuhkan bersama @captainbarbershopid hingga berbagi inspirasi dalam menciptakan karya seni dengan mengolah kembali barang bekas atau sampah menjadi dekorasi atau hampers Lebaran bersama @tiranisya. Rangkaian inisiatif ini memperlihatkan bagaimana kreator TikTok terus berkontribusi secara aktif untuk menciptakan konten kreatif yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan nilai tambah bagi komunitas, khususnya selama bulan Ramadan.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




