Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LINE Group Call Tingkatkan Kapasitas Panggilan Audio dan Video Hingga 500 Orang

0 2.483

Sejak pandemi Covid-19, penggunaan layanan video conference meningkat drastis. Aplikasi Zoom menjadi sang bintang yang kemudian memunculkan banyak pesaing, salah satunya LINE. Perusahaan social chat yang berbasis di Jepang tersebut mengumumkan pembaruan untuk layanan LINE Group Call yang bisa menampung lebih banyak partisipan.

Layanan LINE Group Call, baik audio maupun video, kini bisa menampung hingga 500 orang sekaligus tanpa ada batasan waktu. Fitur ini bisa dinikmati secara langsung oleh pengguna LINE melalui aplikasi LINE versi 10.9.0 ke atas untuk ponsel, dan versi 6.1.0 ke atas untuk versi desktop.

Sebagaimana Zoom Meeting, fitur LINE Group Call bisa dimanfaatkan untuk melakukan meeting online besar atau sekedar berkomunikasi dengan teman dan keluarga mereka. Terlebih dengan peningkatan partisipan hingga 500 orang tanpa perlu berlangganan. Meski sayangnya tidak menyediakan fitur untuk live streaming ke Youtube maupun Facebook.

Cara menggunakan LINE Group Call

Untuk melakukan panggilan grup berskala besar, pengguna bisa membuat grup di LINE terlebih dahulu dan mengundang teman mereka ke dalam grup bersangkutan hingga 500 orang. Setelah itu, pengguna tinggal memulai panggilan grup, baik audio maupun video. Caranya adalah dengan mengetuk tombol panggilan langsung dari dalam ruang percakapan.

Saat melakukan panggilan dengan 500 orang, pengguna bisa melihat siapa saja yang bergabung. Pada panggilan video, pengguna bisa menggeser layar untuk melihat wajah anggota di bagian atas. Sementara untuk panggilan audio, pengguna bisa melihat profil teman mereka dengan menggesernya ke atas atau ke bawah.

Baca juga: Whatsapp, Zoom, dan Google Duo Dominasi Trafik Data 3 

Fitur LINE Group Call

Line Group Call berbagi layar
Fitur berbagi layar Line Group Call

Pengguna juga bisa memanfaatkan sejumlah fitur tambahan lain di dalam panggilan grup, seperti “Watch Together” yang memungkinkan untuk menonton tayangan video di YouTube dan berbagi layar dengan fitur ini. Tak hanya itu, tersedia juga ragam efek video dan latar belakang yang bisa digunakan. Fitur berbagi layar hanya tersedia saat melakukan panggilan video.

Fitur ini memungkinkan kita “membagi layar” sehingga bisa tetap terhubung melalui LINE Group Call sambil melanjutkan pekerjaan kita di PC/laptop bersangkutan secara real time. Oleh karena itu, pengguna LINE bisa melakukan panggilan konferensi sambil bekerja atau menampilkan data di layar ke dalam panggilan.

Saat menggunakan LINE untuk PC, pengguna juga bisa melihat layar yang dibagikan melalui perangkat smartphone. Saat membagikan layar ke grup, pengguna harus menggunakan LINE untuk PC, tetapi pengguna lain yang tidak ingin membagikan layar, bisa menggunakan smartphone atau terminal lain.

Fitur untuk mengganti latar belakang di LINE Group Call

Dan sebagaimana yang ada di Zoom juga, pada fitur LINE Group Call ini juga terdapat fitur untuk mengganti latar belakang. Pengguna bisa menerapkan filter dan efek layar latar belakang sebelum bergabung ke dalam panggilan video. Pengguna bisa memilih efek yang tersedia yang sesuai dengan selera masing-masing.

Selain filter, pengguna juga bisa memilih efek layar yang tersedia. Ada beberapa pilihan latar belakang layar, seperti efek latar belakang di ruangan bertema Brown atau efek berada di kantor. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan efek blur untuk menghindari latar belakang yang berantakan.