Jakarta, Gizmologi – Rangkaian kampanye Tokopedia Coffee Fest yang digelar sepanjang 18 Mei – 18 Juni 2024 telah berhasil mendorong penjualan produk kopil lokal hingga mengalami peningkatan 50% di platform tersebut. Kampanye yang jadi bagian inisasi Beli Lokal ini mendorong bisnis UMKM lokal agar lebih punya taji di negara sendiri.
“Kampanye Tokopedia Coffee Fest bisa mendongkrak penjualan para pelaku UMKM kopi hingga
50%, dibandingkan dengan periode sebelum para penjual mengikuti kampanye tersebut,” ujar Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia.
Tokopedia mencatat kopi bubuk, air mineral, teh celup, jus dan sirup merupakan beberapa produk terlaris di subkategori Minuman selama kuartal II 2024. Beberapa daerah pun mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi terhadap produk kopi di Tokopedia selama kuartal II 2024 dibandingkan kuartal I 2024, yaitu Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku.
Tidak hanya lewat Tokopedia Coffee Fest, produk kopi juga laris manis di kampanye Beli Lokal yang bisa ditemukan di Tokopedia maupun ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok.
“Tokopedia mencatat penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk naik hampir 2 kali lipat lewat Beli Lokal, jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye berlangsung. Sedangkan di ShopTokopedia berkat kampanye Beli Lokal, kopi, keripik, coklat dan snack coklat, kue dan hotpot instan adalah produk- produk yang paling diburu masyarakat pada kategori Makanan dan Minuman di ShopTokopedia,” ucap Aditia.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) dan Pemerintah Kabupaten Lahat menghadirkan program ‘Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi’ bagi sekitar 1.000 petani lokal kopi di Kabupaten Lahat. Dengan dukungan dari hulu ke hilir, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap program pelatihan bisa dimanfaatkan oleh para petani kopi di Lahat untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
Baca juga: Alasan Tokopedia dan TikTok Shop PHK 450 Karyawan
Tokopedia Coffee Fest Gandeng Pelaku Usaha Lokal

Dalam kampanye tersebut turut diperkenalkan Tokopedia Coffee Blend, sebuah jenis blend kopi yang dibuat Tokopedia bersama beberapa pelaku usaha kopi tanah air. Ada pula kegiatan offline lain seperti cupping session, cafe hopping sampai kompetisi latte art yang turut dihadiri oleh Ryan Wibawa, seorang barista berprestasi.
Sebagai wujudu konsistensi dalam dukungan terhadap pelaku bisnis lokal, Tokopedia Coffee Fest turut menggandeng sejumlah pelaku usaha di industri kopi lokal salah satunya Dua Coffee. Coffee shop yang telah bergabung di Tokopedia sejak 2018 ini memiliki keyakinan bahwa kopi bukan sekadar minuman, tapi sebuah cerita dan semangat yang konsisten di bawa ke masyarakat.
“Dua Coffee tidak hanya dikenal sebagai coffee shop, melainkan kami juga menjual biji kopi pilihan yang berkualitas dari banyak wilayah di Indonesia, seperti kopi Sumatera, kopi Kintamani, kopi Ciwangi dari Jawa Barat, lalu ada kopi Flores, Kamojang, Kerinci, Java Preanger, dan masih banyak lagi. Kami mengupayakan seluruh masyarakat bisa mengakses biji-biji kopi tersebut lewat Tokopedia,” ujar salah satu pendiri sekaligus Co-Owner at Dua Coffee, Wempi Januar.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




