Situs Belajar Tokopedia Academy Bantu Indonesia Capai 113 Juta Talenta Digital

Tidak hanya terus kembangkan layanan e-dagangnya saja, Tokopedia juga telah mengembangkan sayapnya untuk mendukung para anak muda hingga kalangan lainnya supaya lebih melek digital. Di antaranya melalui START Summit, serta Tokopedia Academy yang mulai tersedia sejak tahun 2020.

Selama masa enam bulan didirikan, Tokopedia Academy berhasil menghimpun lebih dari 220 ribu pengunjung, bekerja sama dengan lebih dari 21 mitra serta telah hasilkan lebih dari 180 konten video hingga artikel pembelajaran. Kini, untuk mempermudah masayrakat dalam tingkatkan potensi digitalnya, Tokopedia Academy hadir dalam bentuk situs dan aplikasi smartphone.

Bersamaan dengan diresmikannya situs Tokopedia Academy, situs e-dagang ternama di Tanah Air ini juga telah mengadakan START Summit keduanya, diadakan sepenuhnya daring karena adanya situasi pandemi. Dalam satu hari penuh, terdapat banyak topik yang dibahas, di mana konten-konten videonya juga bisa diakses lewat Tokopedia Academy.

Baca juga: Tokopedia START Summit 2021 Digelar Online, Bawa Tiga Topik Utama

Tokopedia Academy Tersedia di Google Play Store

Tokopedia Academy
Aplikasi Tokopedia Academy yang sudah tersedia di Google Play Store.

Pengguna Android sudah dapat mengunduhnya melalui Google Play Store, sementara situs resminya juga tampil dengan antarmuka yang simpel dan mudah dipahami. Seluruh materi yang disediakan di dalamnya bisa diakses secara gratis, menjadi cara bagi Tokopedia untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi melalui teknologi.

Dikutip dari situs resminya, Tokopedia Academy mencoba untuk berikan akses belajar dengan empat pendekatan fokus utama. Di antaranya adalah pemilihan kurikulum yang sangat selektif, pengajar yang memang profesional dalam masing-masing bidangnya, sesi mentoring dan juga ilmu yang dipastikan relevan di masa sekarang ini.

Situs Tokopedia Academy
Tampilan situs Tokopedia Academy juga mendukung tema gelap dan terang.

Tampilannya sendiri cukup sederhana dan mudah untuk temukan konten relevan. Di halaman depan, pengunjung situs langsung dipertemukan dengan konten video yang terbagi pada masing-masing kategori bahasan; teknologi, data, produk, desain produk serta lainnya.

Saat ini, sudah tersedia lebih dari 140 konten video maupun podcast—ya, konten Tokopedia Academy juga tersedia lewat platform streaming seperti Spotify, di mana kamu bisa belajar lewat audio, sembari mengerjakan tugas lainnya. Selain konten audio visual, juga ditampilkan pilihan artikel terbaru, serta acara yang akan hadir di masa mendatang.

Bantu Capai Target 113 Juta Talenta Digital di 2030

Tokopedia Academy

Dalam situs Tokopedia Academy, juga diinformasikan perihal partisipasi Tokopedia dalam program 9in9—singkatan dari 9 Million Indonesian Digital Talents in 9 Years. Diperkirakan pada tahun 2030, Indonesia membutuhkan sedikitnya 113 juta talenta digital.

Sementara dengan proyeksi riil, kemungkinan jumlah yang bisa tercetak hanya sekitar 104 juta orang saja, di mana selisih 9 juta dari apa yang diharapkan. Untuk itu, Tokopedia berniat untuk bekerja sama dengan para industri, universitas dan partner Pendidikan lain, karena ini merupakan isu yang tak bisa diselesaikan dalam satu entitas saja.

Kehadiran Tokopedia Academy tentu menjadi salah satu cara untuk menghapuskan gap yang diproyeksikan di atas. Membantu masyarakat untuk belajar, berbagi, berkolaborasi dan menjadi agen perubahan atau agent of change. Membangun talenta digital baru yang membanggakan dan tingkatkan daya saing pribadi maupun nasional.

Tinggalkan komen