Tokopedia START Summit 2021 Digelar Online, Bawa Tiga Topik Utama

Tidak hanya pihak besar seperti Google maupun Apple saja yang rutin untuk mengadakan sebuah acara khusus untuk penggiat maupun pengembang teknologi. Di Indonesia, Tokopedia melalui Tokopedia Academy telah menggelar konferensi teknologi tahunan START Summit 2021, yang tahun ini dilanjutkan dengan sepenuhnya daring (online).

Ya, berbeda dengan tahun lalu yang diadakan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, perhelatan yang diadakan khusus untuk memajukan ekosistem teknologi tersebut bakal dapat dinikmati lewat platform video streaming Tokopedia Play, kanal YouTube resmi Inside Tokopedia, dan tentunya situs Tokopedia Academy. Dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang masih meningkat hingga saat ini.

Mengusung tema “Transforming Indonesia Through Technology”, START Summit 2021 nantinya bakal dibuka dengan sambutan oleh Menkominfo RI, Johnny G. Plate. Ia berharap bila START Summit 2021 dapat menjadi ajang untuk mempelajari serta memahami beragam topik yang bakal disampaikan oleh tim dan pakar dari Tokopedia.

Baca juga: Begini Jurus Tim Teknologi Tokopedia Maksimalkan SEO pada Website

START Summit 2021 Dibuka Untuk Semua Golongan

Tokopedia START Summit 2021

Dalam sebuah kesempatan konferensi virtual yang diadakan Rabu siang (30/6), Leontinus Alpha Edison, co-founder & Vice Chairman Tokopedia mengatakan bila sebagai perusahaan teknologi, pihaknya terus berupaya mendukung kemajuan talenta digital Indonesia, dan membentuk ekosistem yang kolaboratif.

“Salah satunya melalui START Summit 2021, yang merupakan wadah berbagi pengalaman para pegiat teknologi, pelaku bisnis teknologi hingga komunitas digital yang memiliki semangat sama dalam memajukan industri teknologi Indonesia,” tambahnya. Acara ini terbuka untuk semua golongan, termasuk mahasiswa, pelajar, pengajar, dosen dan lainnya.

START Summit 2021 bakal membahas tiga topik pilihan utama. Yang pertama, Core Engineering, lebih ke topik yang esensial terhadap engineering seperti pemrograman, pengembangan produk, monitoring, serta pengelolaan promo acara yang terintegrasi lebih kompleks.

Topik kedua, Infrastructure and Productivity, lebih membahas bagaimana Tokopedia memanfaatkan sistem multicloud, serta optimalkan DevOps untuk pastikan sistem yang andal, mendukung inovasi yang dibuat dalam ekosistem. Sementara topik ketiga membahas cara otomasi dengan data science serta machine learning, sekaligus pengambilan keputusan berbasis data.

Bisa Diakses Sepenuhnya Secara Gratis

Tokopedia START Summit 2021

Dari tiga topik utama, START Summit 2021 bakal membawa 28 pembicara yang memiliki keahlian pada masing-masing bidang. Acara yang berlangsung secara daring ini diadakan sepanjang hari, pada Sabtu, 3 Juli 2021 mendatang. Mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Bila kamu tertarik untuk mengikutinya, peserta cukup melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy. Tak perlu merogoh kocek sama sekali, karena semua kelas yang tersedia dalam rangkaian acara Tokopedia START Summit 2021 bisa diakses secara gratis.

Melalui situs di atas, Gizmo friends dapat mengecek jadwal lengkap topik yang akan dibahas dalam tiap sesinya. Pembukaan yang diadakan di pagi hari nanti juga bakal diikuti oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim. Peserta juga bakal mendapatkan sertifikat kehadiran acara.

Selain START Summit 2021, beragam inisiasi serupa lainnya juga telah diadakan oleh Tokopedia untuk tingkatkan talenta digital Indonesia. Seperti START Summit Extension, Devcamp, Tokopedia Internship, kolaborasi dengan universitas hingga masih banyak lagi.

Bersama dengan Kemendikbud Ristek RI, Tokopedia juga sudah hadirkan dua inisiatif untuk mendukung Program Kampus Merdeka. Yaitu program Magang Bersertifikat untuk tiga bidang (software engineering, marketing & business development) serta Hackathon Devcamp, kompetisi membangun produk & solusi dalam waktu sangat singkat.

Tinggalkan komen