alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Begini Jurus Tim Teknologi Tokopedia Maksimalkan SEO pada Website

Search Engine Optimization atau lebih dikenal SEO merupakan proses yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar memiliki visibilitas yang lebih baik pada mesin pencari. Bagi siapapun yang mengelola website, memiliki pengetahuan tentang SEO adalah wajib hukumnya. Terlebih bagi raksasa teknologi seperti Tokopedia yang mengandalkan pencarian untuk jualan produknya.

Hal ini ditegaskan pula oleh Rizqi Riandra, SEO Lead Tokopedia yang mengatakan bawa saat ini hampir semua search engine didominasi oleh Google. Di ajang START Summit Extension yang digelar Tokopedia Academy pada 20 April lalu, ia memaparkan bagaimana meningkatkan performa suatu halaman untuk dapat mengoptimalkan SEO yang lebih baik.

Hal Krusial untuk SEO yang Lebih Baik

Widya AnalyticRizqi mengatakan SEO di Indonesia sering dikaitkan dengan Google Search engine, sehingga dibutuhkan cara agar dapat mengoptimalkan pencarian pada Google Search engine. “SEO berperan penting terhadap sebuah bisnis, di antaranya adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness kepada calon pembeli serta meningkatkan visibilitas brand pada pencarian search engine, sehingga brand tersebut dapat mudah ditemukan,” ujarnya.

Saat ini, pengguna search engine pada Google di Indonesia hampir mencapai 98%. Hal ini menunjukan betapa besarnya potensi pasar yang bisa diraih. SEO juga merupakan salah satu teknik pemasaran yang memiliki biaya tergolong rendah atau bisa disebut sebagai free traffic dibanding Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar. Lebih jauh, SEO juga bisa memberikan dampak terhadap tujuan dari suatu brand, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau jumlah pengunjung.

Untuk mendapatkan performa SEO terbaik, terdapat satu bagian yang tidak boleh dilewatkan. Intinya adalah bagaimana pengguna berinteraksi pada halaman website. Pada tahap ini, terdapat dua hal yang krusial. Pertama adalah Content Experience atau kualitas suatu konten dan bagaimana relevansinya terhadap pengguna. Kedua, Page Experience, atau sebuah kualitas suatu website dimana halaman tersebut dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.

Bagi Tokopedia, Page Experience merupakan bagian terpenting. Selain dapat menghasilkan engagement yang tinggi terhadap pengguna, juga dapat meningkatkan conversion rates. Karena Page Experience merupakan sebuah set sinyal yang dapat mengukur bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan suatu website.

Untuk mengukur apakah suatu website telah sesuai dengan standar, dijelaskan bahwa terdapat 5 metrik yang dapat digunakan seperti Core Web Vitals, Mobile Friendly, Safe Browsing, HTTPS, dan No Intrusive Interstitials.

Perhatikan Core Web Vitals

Salah satu sinyal yang bisa ditingkatkan dan dikelola secara jangka panjang adalah Core Web Vitals. Kita memiliki kesempatan untuk membuat page experience pada website menjadi lebih baik melalui kolaborasi dengan tim Web Platform.

Core Web Vitals bisa menjadi kesempatan yang dapat dimaksimalkan, terutama pada keadaan dimana banyak halaman yang memiliki kualitas yang sama. Core Web Vitals dapat menjadi pembeda antara satu website dengan website yang lain.

Komponen penting pada Core Web Vitals:

1. Loading

Loading digambarkan melalui LCP (Largest Contentful Paint), dimana komponen ini digunakan untuk mengukur dan melihat berapa lama suatu konten yang ada di website dapat dilihat oleh pengguna atau pengunjung. Semakin lama suatu konten tersebut dapat dilihat, maka semakin buruk.

2. Interactivity 

Komponen ini menggunakan First Input Delay untuk melihat seberapa cepat sebuah website dapat memberikan user interaction. Bagian ini juga dapat mengukur lama atau cepatnya perpindahan dari suatu halaman ke halaman lain.

3. Visual Stability 

Dengan menggunakan CLS (Cumulative Layout Shift), sebuah halaman dapat dilihat kestabilannya pada jangka waktu yang lama, yakni pada saat suatu website tersebut dikunjungi oleh pengguna.

Mengoptimalkan SEO dengan AMP

AMP SEOPeningkatan performa pada SEO dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dan yang paling penting adalah dengan mengoptimalkan load time atau page speed pada sebuah website.

Kecepatan pada sebuah website sangat berpengaruh terhadap pengguna. Data menunjukkan bahwa sebanyak 40% pengguna akan meninggalkan suatu halaman website jika halaman tersebut membutuhkan waktu untuk memuat lebih dari 3 detik. Oleh karena itu, AMP (Accelerated Mobile Pages) dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Safira Anggraini, SEO Associate Tokopedia dan Adjie Guntoro, Software Engineer Tokopedia menjelaskan lebih lanjut mengenai AMP. Teknologi website yang digagas Google ini merupakan suatu komponen yang bisa digunakan untuk membuat website menjadi lebih cepat ketika diakses oleh user. Caranya adalah dengan menghapus fitur-fitur yang dapat memperlambat kecepatan website tersebut.

Halaman yang terintegrasi dengan AMP akan menghasilkan performa dan engagement yang lebih tinggi. Karena user dapat memiliki pengalaman yang lebih baik dan maksimal. Oleh karena itu, dalam membangun AMP dibutuhkan 3 bagian penting yaitu AMP HTML, AMP Javascript, dan AMP Cache.

Keuntungan lain dengan menggunakan AMP adalah kemampuannya dalam membantu untuk memuat suatu halaman dengan lebih cepat untuk pengguna seluler, terutama bagi pengguna dengan konektivitas yang kurang baik. AMP juga dapat meningkatkan visibilitas pada situs web, terlebih untuk bisnis yang bergerak di bidang e-commerce. Secara tidak langsung, AMP juga dapat meningkatkan ranking pada suatu web, mengingat bahwa faktor ini dipengaruhi oleh kecepatan pada halaman web itu sendiri.

Nah, jika ingin mendapatkan penjelasan lebih rinci, kamu juga bisa menonton tayangan videonya di bawah ini.


Disclaimer: Gizmologi merupakan media partner ajang Tokopedia START Summit Extension

Tinggalkan komen