alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Rapat Virtual Lebih Maksimal Selama Work From Home

Dari yang sebelumnya selalu diadakan secara luring, kini digantikan dengan metode virtual. Adanya pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini membuat kebiasaan masyarakat untuk bekerja tiap harinya berubah. Termasuk juga kegiatan rapat virtual yang kini mungkin sudah terasa sangat normal.

Demi menghindari persebaran virus, rapat virtual dipilih menjadi solusi yang paling tepat. Meski tak berada di dalam satu tempat, komunikasi masih bisa berjalan dengan baik, terutama dibantu oleh media yang sangat mumpuni saat ini. Plus aksesori yang tepat untuk membuat tampilan setiap presenter lebih baik.

Baca juga:
Begini Jurus Tim Teknologi Tokopedia Maksimalkan SEO pada Website

Ketika rapat virtual bisa dilakukan hampir kapan pun, kita juga tak boleh menganggap remeh kegiatan ini. Alias harus menganggap selayaknya mengikuti rapat secara luring, benar-benar disiapkan secara matang. Ling Lu, Regional Product Marketing Manager Jabra untuk wilayah Asia Pasifik sebutkan bila masih banyak yang tak sadar akan beberapa hal penting untuk diperhatikan.

Lu menambahkan, rapat virtual harus dianggap sebagai kegiatan formal sebagai pekerja untuk tiap individu yang hadir. “Kami punya lima tips sukses yang kami namai COLAB,” tambahnya. Di mana masing-masing dari huruf tersebut mewakili masing-masing poin penting yang perlu diketahui. Berikut detailnya.

C untuk “Camera”

ilustrasi rapat virtual
Ilustrasi rapat virtual (Sumber: Freepik)

Memang, ada opsi bagi kamu peserta rapat untuk mematikan kamera selama berlangsungnya kegiatan. Namun jika kamu menyalakannya, tentu bakal berikan impresi lebih positif bagi peserta lain. Menunjukkan sikap profesionalis dan penghargaan pada lawan bicara.

Dari sebuah riset yang diadakan oleh Hiatanen J.O, Peltota M.J dan Hiatanen J.K dalam “Psychophysiological responses to eye contract in a live interaction and in video call” tahun 2020, disebutkan bila tatapan mata virtual masih bisa berikan efek yang sama dengan tatapan mata langsung.

Untuk itu, selain kualitas kamera yang bagus, pastikan posisinya pas alias sejajar dengan mata. Dekatkan hingga wajah memenuhi 50% layar dengan sedikit ruang kosong di atas kepala. Sedikit tips tambahan adalah meletakkan materi di sekitar sensor kamera, sehingga pandangan seolah tetap melihat ke arah kamera.

O untuk “Ourselves”

Selain alat seperti kamera, kita sebagai peserta rapat juga sangat penting untuk hadir dengan tampilan terbaik. Gunakan pakaian yang sesuai keperluan rapat virtual, serta hindari penggunaan warna pakaian yang senada background. Hal ini agar tak muncul risiko mengaburkan tampilan gambar ketika sedang presentasi.

Pastikan juga postur serta gestur sudah tepat saat terlihat di depan kamera. Serta usahakan untuk memberi perhatian penuh, karena 57% orang yang melakukan rapat virtual diketahui mudah terdistraksi notifikasi smartphone, plus situasi yang ada di sekitar area rumah.

L untuk “Lighting”

ilustrasi rapat virtual
Ilustrasi rapat virtual (Sumber: Freepik)

Kalau kamera sudah tepat, yang tak boleh kalah tepat adalah pencahayaannya. Maksimalkan sumber yang bisa didapat dengan mudah, seperti cahaya alami dari jendela, atau cahaya tambahan dari lampu meja dan lainnya. Supaya wajah terlihat jelas dan optimal.

Cahaya yang terlalu terang juga tidak disarankan. Jabra juga informasikan tips tiga titik pencahayaan dari profesional; pencahayaan utama diletakkan searah jarum jam 11, pencahayaan sekunder dari arah jam 12, dan yang ketiga dari arah jam 14. Bila memang ingin tampil seoptimal mungkin.

A untuk “Audio”

Gangguan suara untuk bekerja dari tempat tinggal masing-masing umumnya bakal lebih banyak, dibandingkan ketika sedang rapat di ruangan kantor. Untuk itu, saat rapat virtual sedang berjalan, diharap peserta lebih responsif untuk menekan tombol mute agar tak membocorkan suara.

Pastikan juga untuk tempat yang digunakan rapat virtual terbebas dari potensi gangguan suara seperti keramaian, anak kecil, hewan, kendaraan dan lainnya. Jabra sendiri telah merilis sejumlah perangkat audio yang dapat meredam noise dari luar, sehingga cocok untuk digunakan ketika rapat daring.

Baca juga: Jabra Bawa Elite 85t ke Tanah Air, TWS ANC Harga Rp3 Jutaan

B untuk “Background”

ilustrasi rapat virtual

Untuk bagian yang satu ini, tak perlu memilih gambar yang terlalu rumit, karena justru bakal mendistraksi peserta rapat virtual lainnya. Disarankan pula untuk berada di depan dinding putih, agar background atau latar virtual bisa tertampil dengan optimal.

Disarankan pula untuk tidak menampilkan barang-barang yang memiliki citra tertentu. Seperti peralatan kesehatan, perabotan yang diletakkan sembarangan atau mainan anak. Penggunaan tanaman hias bisa dipilih sebagai alternatif latar yang baik apabila tak gunakan latar virtual.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar rapat virtual berjalan dengan baik. Lu juga ingatkan untuk menggunakan beberapa perangkat aksesori dari Jabra. Serta poin terakhir yang ia sampaikan adalah untuk selalu tersenyum di depan kamera.

Tinggalkan komen