Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Netflix Tingkatkan Fitur Kontrol Orang Tua untuk Tayangan Anak-anak

1 22.179

Ketika sedang menghabiskan diri rumah, menonton layanan video on demand seperti Netflix adalah salah satu cara paling diminati. Namun jika menonton bersama anak-anak, fitur kontrol orang tua Netflix perlu diaktifkan.

Netflix sebagai pelopor sekaligu penyedia layanan video on demand punya banyak sekali koleksi film, serial televisi maupun seri dokumenter yang bisa dipilih oleh penggunanya. Banyak pilihan tayangan yang juga cocok untuk ditonton tiap anggota keluarga, mulai dewasa hingga anak-anak. Untuk menambah rasa aman, dihadirkanlah fitur kontrol orang tua Netflix agar bisa menentukan tayangan anak.

“Kami selalu percaya bahwa pilihan dan kontrol merupakan hal penting bagi anggota kami, terutama orang tua,” kata Michelle Parsons, Kids Product Manager, Netflix melalui siaran pers kami terima (9/4). Netflix berharap dengan hadirnya kontrol tambahan pada fitur Parental Controls memungkinkan orang tua membuat pilihan yang tepat untuk hiburan keluarga mereka, bersama dengan beragam serial dan film dari Netflix yang bebas iklan.

Baca juga: Hore! 21 Film Karya Studio Ghibli Bisa Ditonton di Netflix

Fitur Kontrol Orang Tua Netflix untuk Kenyamanan Keluarga

Ya, agar orang tua lebih nyaman dalam mengelola akun berlangganan keluarga, kini tersedia fitur Kontrol Orang Tua Netflix (Parental Controls). Sehingga dapat membantu para orang tua untk membuat keputusan yang tepat, memilih konten apa saja yang sesuai dan bisa ditonton bagi anggota keluarga termasuk anak. Fitur tersebut telah diperbarui dan ditingkatkan berdasarkan saran serta usulan dari pengguna Netflix.

Sebuah organisasi nirlaba internasional yang bertujuan menjadikan dunia online aman untuk anak-anak dan keluarga, Family Online Safety Institute (FOSI), juga turut mendukung inisiatif Netflix dalam meningkatkan fitur keluarga tersebut. Mereka percaya bahwa keamanan aktivitas online menjadi perhatian khusus bagi semua orang, mulai anak-anak hingga orang tua lanjut usia.

“Kontrol Orang Tua dari Netflix memberikan para orang tua dan keluarga kemampuan untuk menentukan pengalaman menonton yang mereka inginkan untuk anak-anak mereka,” ujar Stephen Balkam, Founder & CEO, FOSI.

Cara Gunakan Fitur Kontrol Orang Tua Netflix

fitur netflix kontrol orang tua untuk keluarga

Sekarang pengguna dapat menambahkan kontrol orang tua Netflix yang lebih baik pada profil anak-anak yang tergabung dalam satu akun.  Untuk memilih jenis acara TV dan film yang dapat ditonton oleh anak-anak, pengguna dapat mengelola profil masing-masing atau membuat profil baru dengan pengalaman Netflix Anak yang berisi judul-judul khusus anak.

Langkah pertama adalah membuat profil anak. Pada aplikasi Netflix di ponsel, buka menu More untuk mengakses halaman Kelola Profil. Kemudian Pilih Tambahkan Profil > Beri nama profil > Untuk menggunakan pengalaman Netflix Anak, pilih Anak.

Profil baru akan ditampilkan pada daftar profil di akun. Jika tidak dapat membuat profil dari perangkat atau saat menggunakan browser ponsel, kunjungi Netflix.com di komputer dan ikuti langkah-langkah di atas. Profil pengalaman Netflix Anak memiliki tampilan dan nuansa yang sederhana. Di mana tidak mengizinkan akses ke pengaturan akun.

Akun Netfflix Anak hanya memutar acara TV dan film yang dipilih secara saksama hanya untuk anak-anak. Orang tua juga dapat memilih pengalaman Netflix Anak dengan memilih Anak saat membuat profil. Atau, buka pengaturan Pembatasan Streaming pada profil dan pilih Tampilkan pengalaman Netflix Anak dengan judul khusus anak..

Pada fitur kontrol Orang tua Netflix yang baru, pengguna cukup masuk ke pengaturan akun pada perangkat seluler, TV atau perangkat lainnya yang terhubung ke internet, dan akan menemukan beberapa opsi berikut:

  1. Melindungi profil individu dengan PIN untuk mencegah akses dari anak-anak.
  2. Menggunakan filter untuk mencegah anak-anak menonton serial atau film yang tidak sesuai untuk kelompok usia mereka di profil anak. Filter akan bervariasi berdasarkan negara dan tingkat usia yang berlaku.
  3. Menghapus serial atau film tertentu dari profil anak berdasarkan tingkat usia atau judul. Ketika filter ini digunakan, judul yang diblokir tidak akan muncul di profil tersebut.
  4. Melihat semua pengaturan untuk tiap profil di pusat “Profil dan Kontrol Orang Tua” dalam pengaturan akun.
  5. Melihat apa yang ditonton anak-anak dalam profil yang dibuat untuk mereka.
  6. Memiliki opsi untuk mematikan pemutaran otomatis di profil anak.

Lewat segala opsi kontrol yang dijabarkan di atas, Netflix berharap orang tua dan anak-anak dapat tetap nyaman menikmati konten favorit keluarga yang tersedia di Netflix. Jika kamu adalah pengguna Netflix dengan akun keluarga, kamu bisa gunakan fitur ini sekarang juga untuk mengatur tontonan anak agar lebih relevan.