Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jabra Bawa Elite 85t ke Tanah Air, TWS ANC Harga Rp3 Jutaan

0 1.721

Perusahaan asal Denmark yang punya spesialisasi dalam perangkat audio, Jabra baru saja menghadirkan salah satu perangkat terbarunya secara resmi di Indonesia. Berjenis earphone true wireless stereo (TWS), Jabra hadirkan penyempurnaan dari salah satu TWS terbaik yang sudah ada sebelumnya, melalui seri Jabra Elite 85t.

Ya, melalui seri Jabra Elite 85t, mereka akhirnya hadirkan TWS dengan kualitas suara premium yang juga dipadukan dengan fungsi active noise cancellation (ANC). Mengingat sudah mulai banyak produsen lain yang hadirkan fitur sama di kelas harga jauh lebih murah, maka wajar bila akhirnya Jabra juga turut hadirkan ANC di TWS premium mereka.

Meski sekilas terlihat serupa, Jabra Elite 85t sejatinya mengusung desain yang berbeda, terutama pada masing-masing bagian earbud. Dalam sebuah acara peluncuran yang diadakan secara virtual Selasa (17/11), Country Sales Manager Consumer Jabra Indonesia, Louis Sudarso mencoba menerangkan secara langsung perbedaan antara seri 85t dengan 75t pendahulunya.
Baca juga: Hands-on Jabra Elite 75t: Earbuds Nirkabel yang Pas Banget

Jabra Elite 85t Usung Desain Earbud Lebih Nyaman

Jabra Elite 85t

“Jabra Elite 85t sengaja dibuat dengan open-design, sehingga mampu memberikan efek ANC yang lebih terasa. Sedangkan Jabra Elite 75t memiliki desain yang kedap di dalam,” paparnya. Memang desain Jabra 75t dibuat agar suara luar tidak terdengar secara efektif, yang disebut dengan passive noise cancellation. Perubahan desain ini diklaim dapat tingkatkan kenyamanan saat sedang digunakan.

Louis menambahkan, pengguna headset saat ini menantikan hal hebat dalam suatu kemasan kecil “Kami senang sekali dapat menghadirkan ANC terbaik di kelasnya, melalui desain yang kompak dan ramping.” Meski desainnya kompak, Jabra Elite 85t secara total miliki enam buah mikrofon, dengan speaker masing-masing 12mm di tiap earbud. Ada dua fitur yang juga diunggulkan.

Dengan fitur ANC, pengguna dapat membuat suara luar jadi tidak terdengar alias kedap, supaya bisa lebih fokus pada musik atau suara yang dikeluarkan dari speaker Jabra Elite 85t. Sementara mode HearThrough memungkinkan pengguna untuk dapat tetap mendengar suara luar dengan jelas, tingkatkan kewaspadaan di tempat umum.

Pintasan tombol yang ada di tiap earbud bisa diatur fungsinya pada aplikasi. Sementara mikrofonnya sendiri kompatibel dengan berbagai asisten suara, seperti Siri, Alexa dan Google Assistant. Sementara untuk daya tahan baterainya sendiri, bisa digunakan non-stop hingga 5,5 jam dengan ANC. Waktu maksimal dengan case adalah 31 jam, dan sudah mendukung standar Qi wireless charger.

Harga Resmi Jabra Elite 85t di Indonesia

Jabra Elite 85t

Sudah tak sabar untuk membelinya secara resmi? Sayangnya masih harus menunggu beberapa saat dulu, karena Jabra Elite 85t baru akan tersedia pada bulan Desember 2020 mendatang. Harga resminya sendiri malah sedikit lebih murah dari banderol yang dirilis untuk global kemarin, yaitu Rp3,29 juta.

Konsumen di Indonesia bakal mendapatkan garansi hingga 2 tahun, temasuk garansi terhadap air dan debu. Dalam masa tersebut, bila ditemukan perangkat rusak, bisa diklaim secara langsung dan mendapatkan penggantian unit.

Dan bila Gizmo friends merupakan pengguna Jabra Elite 75t, ada baiknya untuk melakukan pembaruan perangkat lunak terlebih dahulu, yang juga hadirkan fitur ANC. Kalau dirasa masih membutuhkan desain open air dengan fitur HearThrough, baru deh cocok untuk melakukan upgrade.