Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Hands-on Jabra Elite 75t: Earbuds Nirkabel yang Pas Banget

0 3.561

Sekarang adalah eranya true wireless earbuds. Terutama di kota besar seperti Jakarta, coba deh perhatikan ketika di mall atau transportasi umum MRT, banyak yang memasangkan earbuds di telinga. Jabra yang memang pemain utama di sektor ini berupaya membuktikan keunggulannya. Hari ini, produsen audio milik GN Group ini meluncurkan Jabra Elite 75t di Indonesia.

Generasi keempat dari Jabra Elite series ini didesain dengan ketahanan lebih lama dan dirancang agar lebih pas di telinga pengguna. Louis Sudarso, Country Sales Manager – Consumer Jabra Indonesia, mengatakan Jabra Elite 75t membuat segalanya menjadi lebih baik, dengan meningkatkan pengalaman true wireless dengan ketahanan baterai tahan lama dan ukuran earbuds yang fit, aman, dan nyaman.

Selanjutnya, Louis menambahkan, pihaknya melihat tantangan gaya hidup masyarakat untuk tetap produktif kapanpun dan dimanapun mereka berada. Tantangan bagi mereka yang sering bepergian adalah menghadirkan konsistensi dalam kualitas suara, panggilan, dan audio di setiap lingkungan serta daya tahan baterai yang prima.

“Oleh karena itu, kami menghadirkan Jabra Elite 75t dengan ukuran yang fit, teknologi 4 mikrofon serta kemampuan baterai yang tahan lama. Melakukan panggilan telepon, mendengarkan musik ataupun podcast favorit dengan kualitas terbaik dapat dilakukan dimanapun penggguna berada tanpa perlu khawatir kehabisan baterai,” ujar Louis, saat jumpa pers di kawasan M Bloc Space, Jakarta (5/2).

Baca juga: Review realme Buds Air, Earbuds Nirkabel Terjangkau 

Pengalaman Mencoba Jabra Elite 75t

Jabra Elite 75t
Desain mungil Jabra Elite 75t

Gizmologi berkesempatan melakukan hands-on dengan mencoba sebentar produk ini saat acara berlangsung. Secara umum, tidak ada yang istimewa dari desain body Jabra Elite 75t. Hampir sama dengan true wireless earbuds yang ada di pasaran. Bentuknya mungil, tanpa  ada gagang panjang yang mengganggu seperti di APple AirPods. Tetapi lebih simpel seperti halnya Galaxy Earbuds milik Samsung.

Eardbuds yang sepasang ini ada penandang untuk telinga kanan dan kiri dengan wadah yang menjadi rumah jika tidak dipakai. Wadah ini sekaligus berfungsi untuk melakukan pengisian daya.

Sebelum dipakai, Jabra Elite 75t perlu dipasangkan dulu dengan smartphone menggunakan konektivitas Bluetooth. Karena banyak yang mencoba di saat bersamaan, proses pairing ini jadi lumayan lama. Karena beberapa kali mencoba tidak cocok. Alangkah lebih baik jika untuk ke depannya, Jabra sudah mengatur dengan pemberian nama yang unik pada setiap perangkat. Sehingga lebih mudah dikenali.

Meski tidak harus, tetapi pengguna disarankan untuk menginstall aplikasi Jabra Sound+. Karena ada beberapa fitur khusus yang bisa dimaksimalkan melalui aplikasi ini. Aplikasi Jabra Sound+ memungkinkan kita untuk memilih asisten suara, menyesuaikan profil musik dengan equalizer, memodifikasi seberapa banyak suara terdekat yang ingin didengar (HearThrough), menyesuaikan pengalaman panggilan telepon, mengetahui informasi daya baterai, dan masih banyak lagi.

Enak dipakai untuk mendengarkan musik sambil jalan-jalan

Saat dipasangkan ke telinga, rasanya memang pas banget. Agar bisa terpasang dengan sempurna, perlu diputar sedikit mengikuti bentuk telinga. Setelah itu, dipakai untuk berjalan, berlari sampai menggunakan skuter elektrik pun tidak perlu takut jatuh. Mendengarkan musik maupun podcast di Spotify terasa lebih hidup.

Rupanya, Jabra mengembangkan desain yang fit dan nyaman ini menggunakan model simulasi yang diambil dari ribuan contoh telinga secara global. Kemudian menentukan desain 3D yang paling optimal dari segi bentuk dan ukuran yang pas di telinga berbagai pengguna.

Elite 75t dirancang khusus untuk meningkatkan kenyamanan melalui bentuk dan ukuran earbuds yang optimal. Earbuds telah diuji secara ekstensif untuk memastikan keamanannya. Sehingga pengguna yakin bahwa earbuds tetap terpasang dengan aman, terlepas dari aktivitas apapun yang mereka lakukan.

Desainnya yang ramping membuat Elite 75t ideal bahkan untuk ukuran telinga yang lebih kecil, sementara bentuknya yang ergonomis membuat Jabra Elite 75t sangat nyaman digunakan, pengguna dapat menikmati musik dan melakukan atau menerima panggilan telepon untuk waktu yang lama.

Perhatian desain ini berbeda dengan true wireless earbuds dari kompetitor yang pernah saya coba sebelumnya. Karena lebih mengutamakan kualitas audio, sehingga ada beberapa pengguna yang mengeluhkan kurang nyaman dipakai di telinga. Permasalahan ini tidak ditemui di Jabra Elite 75t.

Elite 75t tersedia dalam dua warna yakni Titanium Black dan Gold Beige, memberikan pilihan beragam untuk pengguna sesuai dengan gaya yang diminati.

Fitur

Jabra Elite 75t memiliki 4-microphone technology. Berkat teknologi 4-mikrofon yang disempurnakan ini, melakukan dan menerima telepon menjadi lebih nyaman dengan kualitas audio yang tajam dan imersif. Jabra Elite 75t didukung garansi selama 2 tahun terhadap air dan debu disertai dengan IP55 rating.

Earbuds ini juga dapat memperkuat receiver suara dan menyaring kebisingan yang terjadi di sekeliling untuk mengontrol ambient (suara disekitar). Caranya mudah, cukup nyalakan mode HearThrough di aplikasi, maka empat mikrofon yang kuat dapat secara otomatis mengambil suara di sekitar dan memutarnya langsung ke telinga. Kita dapat mengontrol apa yang ingin didengar, serta apa yang tidak ingin didengar.

Baterai

Jabra Elite 75t menawarkan daya tahan baterai 7.5 jam dan hingga 28 jam dengan menggunakan charging case. Bagi yang sering dikejar waktu akan sangat merasakan manfaat kemampuan pengisian daya cepat menggunakan USB-C. Karena memastikan bahwa kita tidak akan kehabisan baterai saat dibutuhkan.

Fitur ini memberi Anda kepercayaan diri untuk menerima panggilan, bahkan di lingkungan yang sibuk dan bising seperti jalan atau kereta bawah tanah. Penambahan magnet pada charging case memberikan kemudahan akses yang lebih bagi pengguna.

Pengguna dapat langsung terhubung ke Siri atau Google Assistant, serta dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dengan cepat – mulai dari mengatur janji, hingga mengecek jadwal event terdekat atau mendengarkan pesan (read out text). Selain itu, Bluetooth 5.0 memudahkan pengguna untuk menghubungkan Elite 75t ke smartphone.

Harga Jabra Elite 75t

Jabra melalui distributor resminya Axindo telah memasarkan Elite 75t sejak Januari 2020. Pengguna bisa melakukan pembelian di ecommerce Shopee.co.id dengan harga retail Rp2.590.000.

Jika kamu memiliki bujet sebesar ini untuk memanjakan audio saat beraktivitas, eardbuds ini pantas untuk dimiliki.

Spesifikasi Jabra Elite 75t

80%
Awesome

Review Jabra Elite 75t

Jabra Elite 75t meningkatkan pengalaman true wireless dengan ketahanan baterai tahan lama dan ukuran earbuds yang fit, aman, dan nyaman.

Beli
Jabra Elite 75t Titanium Black - Shopee
  • Design
  • Features
  • Battery
  • Price