Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review realme Buds Air: Pengalaman Earbuds Nirkabel Sesungguhnya

1 6.630

Sekarang adalah eranya true wireless stereo (TWS). Perangkat earbuds nirkabel jenis ini kian diminati oleh para penguna gawai. TWS pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada akhir 2016 lewat AirPods. Selanjutnya ada beberapa produsen yang mengembangkan, salah satunya adalah realme. Awal tahun 2020 ini menjadi debutnya dengan meluncurkan realme Buds Air.

Produk terbaru dari realme ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna terhadap perangkat TWS yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. realme Buds Air ini juga menjadi produk pertama dari realme sebagai pembuka era AIoT (Artificial Intelligience of Things).

Earphone TWS ini semakin menarik karena dirilis oleh realme, merek smartphone paling berkembang di dunia. Di India, realme telah memperkenalkan TWS pertamanya pada pertengahan Desember yang lalu. Secara mengejutkan, penjualan perdana realme Buds Air yang digelar pada 17 Desember lalu memecahkan rekor terjual sebanyak 11.000 unit selama 1 jam saja. Capaian tersebut membuat realme Buds Air menjadi bintang industri IoT di India.

Apa saja kelebihan produk ini, kok bisa sampai laris manis di India? Bisakah mengulang kesuksesan serupa di Indonesia? Yuk simak review realme Buds Air selengkapnya berikut ini.

Desain

realme buds airrealme Buds Air menawarkan pengalaman earphone nirkabel yang benar-benar bebas dari untaian kabel. Sehingga memberikan penggunanya kebebasan mendengarkan musik yang sebenarnya.

Desain realme Buds Air dirancang dengan memperhatikan estetika dan kenyamanan saat menggunakan serta berat yang ringan. Penggunaan sejumlah besar desain kurva dan desain kelopak telinga yang sangat pas bahkan dapat membuat pengguna tidak merasakan keberadaan Buds saat dipakai di telinga

Untuk memberikan pengguna perasaan yang lebih nyaman, case nirkabel yang baru mengadopsi desain kurva yang sempurna, dan masing-masing R Angle dibuat dengan lebih dari 20 busur, menjadikannya lebih bundar secara fisik, dan memberikan rasa nyaman. realme Buds Air hadir dalam tiga warna – kuning, hitam, dan putih, dengan ciri khasnya masing-masing.

Bagaimana dengan bobotnya? Sangat ringan. Satu realme Buds Wireless beratnya 4.16g, bandingkan dengan selembar kertas A4 yang beratnya sekitar 4.3g. Berdasarkan lebih dari ratusan tes saat dipakai di telinga, realme telah menyesuaikan radian dari Buds yang masuk di lubang telinga, dan sudut antara batang dan Buds, membuat desain yang sangat kompatibel serta ergonomis dengan saluran pendengaran.

Teknologi realme Buds Air

Perangkat ini membawa pengalaman earphone nirkabel yang sebenarnya berkat cip R1 khusus dengan Bluetooth 5.0 yang memungkinkan koneksi instan dan stabil antara earbud dan perangkat, kinerja baterai yang lebih baik, dan kontrol cerdas yang dapat diakses dengan mudah.

Realme Buds Air dirancang dengan diafragma komposit multi-layer LCP yang canggih dan driver suara 12mm yang besar. Juga dilengkapi dengan solusi DBB (Dynamic Bass Boost) yang dikustomisasi serta dioptimalkan oleh tim akustik ahli realme setelah lebih dari ribuan kali pengujian.

realme Buds Air dilengkapi dengan dua mikrofon untuk mencapai ENC (Environment Noise Cancellation technology) yang secara cerdas mengidentifikasi setiap kata dan menyaring semua suara bising pada latar belakang.

Pengoperasian

Pengoperasian realme Buds Air sangat mudah. Eadbud ini mendukung operasi sentuhan cerdas, yang dapat digunakan untuk menjawab/mengakhiri panggilan, mengganti musik, mengaktifkan asisten suara dan masuk/keluar performance mode dengan sentuhan.

Saat pertama kali digunakan, tentu saja harus pairing dengan perangkat Bluetooth seperti smartphone. Cara pairing pun sederhana, yakni menekan tombol yang ada di kotak earbuds selama tiga detik hingga indikator berkedip, kemudian memilih realme Buds Air pada smartphone.

Begitu dipasangkan, setiap kali pengguna membuka penutup case, realme Buds Air akan mengenali dan menghubungkan ke ponsel secara otomatis. Sehingga memberikan pengguna pengalaman mendengarkan musik yang seamless.

realme Buds Air menggunakan sensor optik yang dapat mendeteksi jika sedang digunakan di dalam telinga penggunanya. Produk ini juga secara otomatis akan memainkan musik ketika pengguna meletakkannya di telinga dan berhenti setelah pengguna melepaskannya dari telinga.

Asyiknya, realme Buds Air juga mendukung Google Asisstant. Cukup tekan Buds Air selama beberapa detik untuk mengaktifkannya. Setelah itu, tanpa mengeluarkan ponsel dari dalam saku, kita bisa mengontrol musik, panggilan, menyesuaikan volume, dan layanan informasi, seperti cuaca.

Operasi sederhana dan cerdas ini dapat memudahkan tangan pengguna untuk mengontrol realme Buds Air:

  • Klik dua kali: Menjawab panggilan telepon, play/pause musik
  • Klik tiga kali: Memainkan lagu selanjutnya
  • Tekan-tahan di salah satu Buds: Mengaktifkan asisten suara; mengakhiri panggilan telepon
  • Tekan-tahan di kedua Buds: Masuk/keluar Gaming Mode

Baterai dan Pengisian Daya

realme Buds Air ini bisa dibilang sebagai perangat eardbud nirkabel sesungguhnya. Karena casingnya juga mendukung pengisian nirkabel. Cukup tempatkan pada wireless charging pad untuk mengisi daya earbud. Bagian depan realme Buds Air dilengkapi dengan lampu LED untuk memberikan informasi informasi pengisian baterai secara real-time. Selain itu, realme Buds Air juga mendukung pengisian daya melalui kabel USB type-C.

Bagaimana dengan daya tahannya? realme Buds Air ini terbilang sangat awet karena total daya tahannya mencapai 17 jam untuk pemutaran musik. Data daya tahan baterai 17 jam diperoleh dari laboratorium realme, yang merupakan umur baterai keseluruhan dari realme Buds Air dan case nirkabel terintegrasi. Kondisi pengujian terus menerus memutar musik pada volume 50%.

Ingin tahu berapa banyak baterai yang tersisa? Terdapat informasi baterai intuitif di tampilan indikator Bluetooth di layar ponsel. Saat kami mencoba, Buds Air ini bahkan bertahan lebih dari dua hari. Ini karena penggunaan yang tidak terus menerus.

Kinerja

realme Buds Air menghadirkan pengalaman musik yang mantap dengan mengoperasikan masing-masing earbud secara independen. Ini karena menganut transmisi dual-channel secara real-time. Pemutaran game dan video pun dioptimalkan dengan Mode Gaming yang mengurangi latensi suara sebesar 51%, memastikan sinkronisasi sempurna antara visual dan suara.

Berkat diafragma komposit multi-layer LCP dan driver suara 12mm yang besar, pengalaman suara yang diberikan di luar dugaan tergolong powerful. Dentuman bass yang menggelegar tanpa kompromi, memberikan efek suara yang kaya dan kedalaman suara yang baik.

realme Buds Air dilengkapi dengan solusi DBB (Dynamic Bass Boost) yang dikustomisasi serta dioptimalkan oleh tim akustik ahli realme setelah lebih dari ribuan kali pengujian. Hasilnya, dinamika dan dimensi suara yang ditambahkan bass, membuat pengalaman mendengarkan musik dan menonton film yang lebih imersif.

Selama panggilan, suara Anda akan tetap jernih bahkan di lingkungan yang bising. Hal ini karena memakai dua mikrofon dengan ENC.

Kesimpulan

Sebagai pemain baru di pasar true wireless stereo (TWS) earbuds, realme membuktikan kepiawaiannya dengan Buds Air ini. Memberikan pengalaman nirkabel yang sesungguhnya pada perangkat earbuds. Kualitas audionya bagus, dengan pengoperasian yang mudah.

Mengenai harganya, realme memasarkan earbuds nirkabel andalannya ini dengan banderol Rp899ribu. Khusus untuk penjualan perdana dan flash sale di situs realme dan Shopee harganya dipotong menjadi Rp599 ribu. Sangat terjangkau jika dibandingkan dengan earbuds dari brand terkemuka lainnya yang harganya di atas Rp1 juta.

Tertarik memiliki realme Buds Air ini? Kamu bisa membelinya di situs belanja Shopee Indonesia.

Spesifikasi realme Buds Air

Ukuran dan Berat: Charging Case: Tinggi: 51.3 mm
Lebar: 45.3 mm
Tebal: 25.3 mm
Berat: 42.3 gram
Satu Earbud: Berat: 4.16 gram
Tipe: Half-in Ear
Cip: Cip Headphone R1
Charging Case: Mendukung Wireless Charging Mendukung kabel USB Type-CWarna: kuning, hitam, putih
Kontrol: Mendukung kontrol sentuh
Ketuk dua kali: Menjawab panggilan telepon, play/pause musik
Ketuk tiga kali: Memainkan lagu selanjutnya
Tekan-tahan di salah satu Buds: Mengaktifkan asisten suara; mengakhiri panggilan telepon
Tekan-tahan di kedua Buds: Masuk/keluar Gaming Mode
Panggilan Suara: Mikrofon Ganda
ENC (Environment Noise Cancellation Technology)
Konektivitas: Bluetooth 5.0
GFP (Google Fast Pair Technology) jangkauan efektif 10 meter
Baterai: Hingga 17 jam pemutaran musik
Sensor: Sensor Optik untuk mendeteksi pemakaian
Status baterai: Status daya tahan baterai dapat diperiksa di smartphone

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan realme Indonesia

Promoted Content

81%
Awesome

Review realme Buds Air

Sebagai pemain baru di pasar true wireless stereo (TWS) earbuds, realme membuktikan kepiawaiannya dengan Buds Air ini. Memberikan pengalaman nirkabel yang sesungguhnya pada perangkat earbuds. Kualitas audionya bagus, dengan pengoperasian yang mudah.

Beli
Promo realme Buds Air - Shopee
  • Design
  • Teknologi
  • Pengoperasian
  • Baterai
  • Harga