Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dukung Pembelajaran Daring, Gredu Perbarui Aplikasi Secara Menyeluruh

0 93

Punya dampak menyeluruh terhadap cara berkegiatan sehari-hari, adanya pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 urut mengubah cara para pelajar untuk mengemban jenjang pendidikan. Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) pun diterapkan, dan beragam layanan pihak ketiga turut dimanfaatkan untuk perlancar proses, seperti aplikasi digitalisasi sekolah milik Gredu.

Juga resmi hadir di awal 2020, Gredu memiliki tujuan untuk turut membangun pendidikan di Indonesia yang lebih baik. Terbukti, sepanjang tahun kemarin, digitalisasi sekolah sangat membantu proses belajar mengajar lebih efisien, efektif, transparan dan terukur. Atas alasan tersebut, Gredu terus berbenah dan perbarui versi aplikasinya.

Mengawali 2021, Gredu menghadirkan pembaruan aplikasinya dengan mencakup dua sisi; fitur dan layanan. Ada banyak fitur yang ditambahkan yang benar-benar permudah guru untuk melakukan penilaian para pelajar. Ini merupakan bagian dari semangat baru Gredu, agar aplikasinya semakin mudah digunakan oleh sekolah, guru, orang tua dan siswa.

Baca juga: Gredu Rilis Aplikasi Sekolah Digital untuk Guru, Murid, dan Orang Tua

Fitur Baru Gredu Bisa Dinikmati Oleh Seluruh Pengguna

Fitur Baru Gredu
Contoh tampilan laman penilaian baru di Gredu Teacher.

“Bagi sekolah yang sudah bekerja sama dengan Gredu, migrasi mendadak bukan menjadi kendala lagi, karena Gredu telah menyediakan sistem manajemen sekolah, kegiatan belajar-mengajar hingga administrasi sekolah,” terang Rizki Anies, CEO Gredu lewat rilis resmi yang diterima Gizmologi di Jakarta (6/1).

Lalu apa saja fitur yang ditambahkan? Ada serangkaian fitur yang baru diluncurkan oleh Gredu, yakni seperti bank soal, remedial, resubmisi serta kelas interaktif yang dilengkapi indikator pemahaman siswa. Fitur-fitur tersebut bakal sangat permudah para guru untuk melakukan penilaian layaknya kelas tradisional, hanya saja kali ini nilai bakal terhitung otomatis secara digital.

Bank soal bisa dimanfaatkan siswa untuk terus melatih pengetahuannya, dan remedial bisa bantu mereka untuk mendapatkan nilai minimum agar mencapai standar minimum nilai mata pelajaran tertentu. Selain itu, aplikasi Gredu versi terbaru juga bakal dilengkapi fitur rapor yang mencakup rekapitulasi nilai, informasi ekstrakurikuler, hingga kolom deskripsi dan komentar.

Pada sisi servis, Gredu juga melakukan pembaruan sistem training. Meski Gredu menyebutkan bila aplikasinya sudah relatif mudah untuk digunakan secara langsung oleh pengajar, mereka tetap menyediakan sistem training bagi mereka yang merasa kesulitan saat harus bertransformasi menggunakan aplikasi digital.

Selain itu, ada juga fitur untuk pengadaan posko bantuan Gredu, fitur untuk rilis halaman FAQ (frequently asked questions), penyediaan layanan pelanggan atau customer support, membuat video tutorial yang bisa diakses lewat kanal YouTube Gredu serta sebuah fitur untuk rutin langsungkan webinar dan survey terkait isu pendidikan.

Gredu Terus Dukung Kegiatan Belajar Daring

Theresia Andina - Lead Sales Gredu
Theresia Andina. Lead Sales Gredu paparkan bila sudah sudah ada 369 sekolah yang bekerjasama dengan Gredu, Rabu (6/1).

Seluruh fitur baru yang ada pada pembaruan aplikasi Gredu ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung semua kegiatan belajar mengajar secara daring. Pembenahan ini juga sejalan dengan meningkatnya jumlah pengguna Gredu sejak Juni 2020 lalu. di bulan November hingga Desember 2020, Gredu telah meraih tingkat kesuksesan sebesar 84% untuk penilaian akhir semester (PAS).

Di situasi pandemi saat ini, Gredu terus lakukan pembenahan supaya sekolah digital bisa dilakukan dari mana saja dengan aman, mudah dan nyaman. Gredu juga berencana mengajukan pendanaan seri A pada pertengahan tahun 2021, demi menunjang pembaruan aplikasi dan ekspansi bisnis.

Memasuki semester genap Tahun Ajaran 2020/2021, Gredu bakal fokus mengedepankan digitalisasi sekolah, agar pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan secara mudah dan terintegrasi. Lewat platform dan aplikasinya, Gredu mendukung keberlangsungan sistem pembelajaran nasional dari pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), baik secara daring & luring.