Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gredu Rilis Aplikasi Sekolah Digital untuk Guru, Murid, dan Orang Tua

0 2.935

Platform edukasi digital makin populer. Terutama dengan Ruangguru yang iklannya sering nongol di televisi. Hal ini pula yang membuat aplikasi pendidikan bermunculan dengan karakternya masing-masing. Salah satu yang terbaru adalah Gredu, aplikasi di bidang pendidikan yang membantu menghubungkan peran guru dan orang tua untuk membangun masa depan para siswa lebih berkualitas.

Rizky Anies, CEO Gredu, mengatakan salah satu misi utama yang diusung oleh Gredu adalah memudahkan pekerjaan administratif guru. Di antaranya seperti mengisi dan mengolah daftar absen siswa, menyusun laporan harian, menyusun silabus, dan lain-lain.

“Layanan yang diberikan Gredu sejalan dengan visi pemerintah untuk mencetak sumber daya manusia unggul dan berdaya saing dalam menyongsong era industri 4.0. Gredu mewujudkan komitmennya dengan menghadirkan sebuah solusi digitalisasi lingkungan sekolah yang dapat menangani tugas tugas-tugas administrasi sekolah,” ujar Rizky, saat jumpa pers di Jakarta (20/01).

Ia menambahkan, kemajuan pendidikan adalah tugas dan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, Gredu berkomitmen untuk memberi kontribusi dengan menciptakan solusi digital yang diharapkan dapat memaksimalkan peran guru, orang tua, dan murid.

tim gredu

Baca juga: Begini Pemanfaatan Smartphone di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

Fitur Aplikasi Gredu

Aplikasi ini merancang solusi digitalisasi sekolah dengan membangun sistem manajemen terpusat yang didukung dengan aplikasi terpisah untuk guru, orang tua, dan murid. Nantinya Gredu juga akan memberikan bantuan teknis baik sebelum, saat, dan sesudah proses digitalisasi lingkungan sekolah. Saat ini Gredu telah bekerja sama dengan lebih dari 200 sekolah yang 70% nya didominasi oleh sekolah negeri.

Gredu menawarkan sistem yang bersifat fleksibel. Sistem tersebut dapat disesuaikan dengan kurikulum yang sedang digunakan oleh sekolah. Selain itu, pemanfaatan Gredu dapat membantu mengurangi jumlah penggunaan kertas secara signifikan.

Keterlibatan orang tua sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan. Dengan solusi digitalisasi lingkungan sekolah, Gredu mengajak orang tua untuk mengetahui perkembangan anaknya secara real time.

gredu aplikasiKonsep yang dikembangkan Gredu ini mulai menarik investor. Mereka baru saja memperoleh pendanaan Pre-A Series dari Vertex Ventures yang tidak disebutkan angkanya. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi Gredu agar memiliki fitur yang lebih lengkap dan fungsional sesuai dengan kebutuhan sistem pendidikan Indonesia.

Sebelumnya, pada pertengahan 2019 yang lalu, GREDU yang berada di bawah bendera PT Sumber Kreatif Indonesia mewakafkan sebagian saham kepada Global Wakaf– Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurut Rizky, mereka tidak menciptakan GREDU sekadar sebagai sebuah bisnis, tetapi bagaimana caranya dapat melakukan kontribusi ke arah edukasi.