Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ikut Rilis Aksesori, Trio Acer TWS Dijual Mulai Rp400 Ribuan

Semakin banyak produsen elektronik yang latah atau ikut untuk merilis produk aksesori berjenis wearable, terutama true wireless stereo atau TWS. Yang terbaru kali ini adalah Acer, dengan merilis total tiga seri Acer TWS. Dua seri di antaranya punya tampilan dan fitur yang identik.

Sementara varian yang paling premium, hadir gunakan merk Gateway, dengan seri Gateway GAHR012. Bagi Gizmo friends yang mungkin belum familiar, Gateway sendiri merupakan perusahaan perangkat keras asal Amerika Serikat yang dikenal dengan produk aksesori dan hardware untuk komputer. Gatewat sendiri telah diakuisisi oleh Acer sejak 2007 lalu.

Acer juga memang awalnya lebih dikenal sebagai produsen komputer, laptop serta aksesoris terkait. Namun seiring berjalannya waktu, perusahaan multinasional asal Taiwan tersebut terus berekspansi ke segmen lain, termasuk smartphone. Yang terbaru kali ini adalah earphone TWS, di mana sudah sangat populer di kalangan masyarakat dengan berbagai fungsi dan kepraktisannya.

Baca juga: Jajaran Acer Swift 3 & Swift 5 dengan Intel Core 11th-Gen Hadir di Indonesia

Keunggulan TWS Acer GAHR012

Acer TWS GAHR012

Menjadi varian yang paling mewah, TWS Acer seri GAHR012 memiliki desain yang menyerupai Apple AirPods Pro, juga beberapa TWS lain seperti Honor Choice. Bagian kotak pengisi daya (charging case) maupun earbud-nya sama-sama berwarna putih, gunakan desain in-ear monitoring.

Acer TWS GAHR012 memiliki ukuran driver cukup besar di 9mm, dan tersambung ke smartphone lewat konektivitas Bluetooth 5.0. Bagian luar earbud memiliki sensor untuk pintasan kendali musik, termasuk memanggil asisten suara dari smartphone. TWS Acer yang satu ini juga punya sertifikasi IPX4 tahan cipratan air.

Acer tidak berikan mode gaming khusus pada TWS satu ini, latensinya diklaim 220ms. Gunakan port USB-C, Acer TWS GAHR012 punya total waktu penggunaan mencapai 28 jam, dengan sekali penggunaan bisa sampai 4 jam. Sementara untuk mengisi daya hingga penuh membutuhkan waktu 4,5 jam.

Acer TWS GAHR010 & 011 Tawarkan Cara Isi Daya Praktis

Acer TWS GAHR011
Acer TWS GAHR011

Sementara dua varian lainnya adalah Acer TWS GAHR010 dan GAHR011. Desain keduanya sama persis, kecuali di indikator baterainya saja, di mana satu menggunakan indikator konvensional dengan empat titik LED, dan satu lagi pakai indikator digital. Tergolong unik, dengan desain penutup cangkang yang dibuat transparan.

Keduanya gunakan driver audio 8mm, dengan dukungan Bluetooth 5.1. Selain indikator baterai, pembeda antara keduanya adalah cara mengisi daya. Acer TWS GAHR010 miliki kabel USB-A langsung dan port USB-C, sementara seri GAHR011 punya kabel USB-A dan USB-C. Jadi bisa langsung dicolok ke powerbank bahkan smartphone untuk mengisi daya dengan praktis.

Acer TWS GAHR010
Acer TWS GAHR010

Bagian modul pengisi daya yang ada di bawah juga bisa dilepas, karena tersambung dengan magnet. Sehingga saat dibawa-bawa, dimensi duo TWS Acer yang paling terjangkau ini bisa lebih kecil dan nyaman saat dimasukkan ke kantong.

Harga Trio TWS Acer Mulai Rp400 Ribuan

Ketiga seri TWS Acer ini sudah tersedia pertama kali di India. Baik seri GAHR010 & GAHR011 punya banderol harga yang sama di INR,2499 (Rp480 ribuan), sementara seri paling premiumnya GAHR012 di INR3,499 (Rp670 ribuan). Varian warna yang disediakan masing-masing hanya satu, hitam untuk dua seri identik, dan putih untuk GAHR012.

Belum ada informasi mengenai ketersediaannya di wilayah lain termasuk Indonesia. Sebenarnya, TWS Acer yang baru saja diluncurkan ini tak miliki fitur yang wah. Namun dari harga serta merk yang dibawa, bisa saja tetap menarik minat konsumen untuk membelinya.

Tinggalkan komen