Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Begini Pemanfaatan Smartphone di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

Smartphone sudah menjadi bagian dari keseharian anak muda masa kini. Sebagai digital native, mereka memanfaatkan gawai untuk mendukung kesehariannya, terutama untuk aktivitas Live. Gizmologi menemui beberapa pelajar dan mahasiswa untuk seperti apa pemanfaatan smartphone di kalangan Generasi Live ini.

Alif Rizqy, pelajar SMA di Bekasi mengaku sangat menyukai fitur penstabil video Super Steady dan kamera wide angle di smartphone Galaxy A50s miliknya. Fitur ini mendukung aktivitas Live-nya mengunggah foto maupun video di Instagram Stories miliknya. “Saya hampir tiap hari posting di Instagram Stories, terutama saat sedang melakukan kegiatan Sunmori (Sunday Morning Ride) dengan motor CB 500,” ujar Alif.

Selain media sosial, Alif juga sering mabar (main bareng) online gaming seperti Call of Duty: Mobile bersama teman-temannya usai belajar di kelas. Tak kalah penting, ia juga memanfaatkan smartphone kesayangannya itu untuk mendukung produktivitasnya sebagai seorang pelajar. “Biasanya dipakai untuk mencatat hal-hal penting, seperti catatan atau tugas dari guru,” ujarnya.

Alif memanfaatkan Samsung Note, karena aplikasi bawaan ini memiliki pilihan font berbeda. penggunaan yang mudah dan sederhana juga memudahkan dalam melihat seluruh catatan yang dimilikinya.

Sementara itu Raditya, pelajar berusia 18 tahun ini termasuk remaja yang sudah melek fungsi smartphone sejak sekolah dasar. Dari awalnya hanya menggunakan smartphone lama yang teronggok di rumahnya. Sampai akhirnya kini sudah bisa memilih sendiri smartphone yang diinginkan berdasarkan konfigurasi dan harga yang dimiliki.

Pertimbangannya dalam memilih smartphone tersebut berdasarkan spesifikasi yang dimiliki. Fitur pertama yang diaktifkan ketika menggunakan smartphone adalah mode baca. Penggunaan cahaya biru tersebut jadi favorit karena meringankan kerja mata saat menatap layar ponsel.

Selanjutnya Raditya juga senang dengan fitur pop-up message yang tampil ketika ada pesan baru datang. Notifikasi pesan tersebut memudahkannya saat melihat isi pesan tanpa perlu masuk ke dalam menu dan aplikasi pesan itu sendiri.

Related Posts
1 daripada 6

Terakhir adalah fitur AI Gaming Booster. Ia termasuk sering mengaktifkan fitur gaming tersebut untuk tetap memantau update yang masuk. Game Booster juga membantunya mengoptimalkan tampilan game yang dimainkan. Call Of Duty: Mobile maupun Player Unknown Battleground jadi pilihan saat hendak mabar bersama teman-teman di sekolah.

Raditya mengaku suka dengan smartphone seri Galaxy A. “Samsung seri Galaxy A bagus terutama dari segi desain dan fitur yang kaya” ujarnya.

Untuk mendukung kebutuhan belajar, Raditya sering memanfaatkan aplikasi pencarian untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Paling sering memanfaatkan aplikasi pencarian dari Google yang menurutnya sudah lengkap.

Hal senada diakui oleh Anugerah Febrilian, pelajar SMA berusia 17 Tahun yang tinggal di Jakarta Timur. Pria yang akrab dipanggil Nugi ini mengaku paling sering memakai fitur pencarian lewat aplikasi Google. Ia memanfaatkannya untuk memudahkan pencarian tugas-tugas dari guru sekolah.

Namun dalam hal aktivitas Live yang kekinian, Nugi mengaku tidak terlalu aktif. Ia lebih memilih mengoptimalkan smartphone-nya tersebut untuk mendukung aktivitas belajarnya. Selama ini, ia juga cukup puas dengan kinerja chipset Exynos di smartphone Samsung miliknya. Karena menyuguhkan performa yang lancar.

Nugi sangat menyukai kamera mumpuni yang sangat menunjang kebutuhannya dalam mengambil gambar maupun fungsi video. Selanjutnya, fitur favorit yang biasa dipakai adalah Bixby dari Samsung. Menurutnya, Bixby memang aplikasi kreasi Samsung yang ditujukkan untuk membantu pengguna agar semakin mudah mengidentifikasikan informasi di sekitar mereka.

“Biasanya dipakai untuk menerjemahkan kalimat bahasa asing maupun untuk scan barcode,” jelas Nugi.