Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

WhatsApp Hadirkan Stiker Bergerak dan Empat Fitur Baru Lainnya

0 1.168

Mengawali bulan Juli 2020, salah satu aplikasi perpesanan (messenger) paling favorit, WhatsApp menghadirkan beberapa fitur baru. Ya, aplikasi ini kini telah digunakan oleh lebih dari 2 milyar orang di seluruh dunia. Fokus WhatsApp sejak awal adalah dengan berikan cara komunikasi dengan teman dan keluarga secara simpel, reliabel dan mengutamakan privasi. Namun tetap dilengkapi ragam fitur menarik.

Dengan tim desain produknya, WhatsApp akan terus mengembangkan aplikasinya agar semakin berguna untuk seluruh penggunanya. Bulan April lalu, WhatsApp gulirkan sebuah fitur agar penggunanya dapat melakukan panggilan video di dalam grup hingga 8 orang sekaligus. Mudahkan silaturahmi terutama di masa Idulfitri saat pandemi kemarin. Kali ini, ada total 5 fitur baru WhatsApp yang bakal digulirkan.

Baca juga: Whatsapp, Zoom, dan Google Duo Dominasi Trafik Data 3 Pada Lebaran Online

Lima Fitur Baru WhatsApp di Bulan Juli 2020

Fitur-fitur ini akan tersedia untuk seluruh pengguna secara bertahap, hingga beberapa minggu ke depan. Yang pertama adalah animated stickers, atau stiker yang bisa bergerak. WhatsApp menganggap fitur stiker sangat berguna untuk kirimkan ekspresi satu sama lain, dikirim lebih dari 1 milyar stiker tiap harinya.

Nantinya, WhatsApp akan rilis beberapa sticker pack animasi khusus yang dinilai dapat menghibur dengan tampilan ekspresif. Selain itu, WhatsApp juga bakal berikan fitur QR code. Tujuannya? Agar jika bertemu orang baru, kita tidak perlu menyimpan kontaknya secara manual. Cukup scan QR code dari aplikasi, dan kontak otomatis tersimpan, mengurangi tahapan yang tidak perlu.

Kalau bulan April kemarin WhatsApp berikan kemampuan untuk menelepon hingga 8 orang, kali ini, pengguna dapat memilih untuk fokus melihat salah satu partisipan saja. Cukup dengan menyentuh dan tahan, dan video satu partisipan tersebut akan tampil lebih penuh. Selain itu, di dalam grup juga bakal ada pintasan untuk lakukan panggilan video.

Fitur lainnya adalah mode gelap atau dark mode untuk WhatsApp Web serta desktop. Lama hadir di versi smartphone, akhirnya fitur ini merambah untuk komputer. Selain itu, bagi kamu pengguna feature phone dengan sistem operasi KaiOS seperti Nokia Pisang, kamu dapat mengunggah WhatsApp Status yang akan hilang otomatis dalam kurun waktu 24 jam.

Fitur Baru WhatsApp Akan Digulirkan Secara Bertahap

Fitur baru WhatsApp bulan Juli 2020

Sama seperti sebelum-sebelumnya, fitur baru WhatsApp ini akan digulirkan secara bertahap ya, jadi ditunggu saja pembaruannya selama beberapa minggu ke depan. Sebagai informasi, selama masa pandemi mulai bulan Maret-April kemarin, pengguna WhatsApp jauh lebih aktif untuk menghubungi teman dan keluarganya dari waktu sebelum pandemi. Lebih dari 15 milyar menit telepon terjadi setiap harinya.

WhatsApp akan terus berusaha untuk mudahkan komunikasi antar pengguna di semua jenis smartphone, termasuk kelas entri dan dengan jaringan internet yang lambat. Tujuannya agar semua orang dapat berkomunikasi dengan mudah apapun perangkat yang digunakan. Apakah Gizmo friends termasuk yang selalu menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari?