Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Yuk Kenal Lebih Jauh Caleg Pakai Fitur ‘Info Kandidat’ Facebook

Tak terasa pemilihan umum di Indonesia tinggal sebentar lagi. Sudahkah kamu mengetahui siapa yang akan kamu pilih? Eits, tak perlu diumumkan siapa pilihan kamu. Tetapi jika masih bingung, kamu bisa coba fitur Info Kandidat Facebook. Fitur yang diluncurkan oleh Facebook ini berfungsi untuk mengenal lebih jauh para calon legislatif Pemilu dan program-program mereka.

Memilih calon legislatif (caleg) jangan asal saja lho, ini merupakan keputusan besar yang turut menentukan masa depan negara dan nasib rakyat Indonesia selama lima tahun ke depan. Nah, dengan fitur ini pengguna Facebook bisa membandingkan kapasitas calon legislatif, sehingga bisa membuat keputusan yang berdasar.
Baca juga: Social Media Jadi Penyulut Sumbu Perpecahan, Gerakan #BijakBersosmed Digaungkan

Manfaat Fitur Info Kandidat Facebook Bagi Caleg

Sementara itu bagi calon legislatif (caleg), fitur ini bisa menjadi jembatan untuk menyampaikan program-program yang dimiliki. Caranya adalah dengan membuat video pendek berisi program-program mereka, sehingga yang menonton bisa memahami platform dan visi mereka. Setiap video berdurasi 20 detik, dan caleg bisa membuat empat video untuk memperkenalkan diri dan mengungkap hal-hal terkait program.

  • Konten dari video bisa meliputi beberapa hal berikut:
  • Perkenalan kepada calon pemilih
  • Langkah yang akan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia
  • Target pencapaian setelah terpilih dan rencana untuk merealisasikan
  • Tindakan untuk memberantas korupsi
Related Posts
1 daripada 10

Video tersebut dibuat oleh para caleg dan timnya tanpa ada keterliatan Facebook dalam pembuatan konten.

Fitur Info Kandidat Facebook Bagi Calon Pemilih

Pengguna Facebook di Indonesia bisa melihat fitur ini di Kabar Beranda mulai 2 April 2019 dan menemukan posisi para caleg. Kemudian pengguna bisa mengunjungi Halaman Facebook caleg tersebut dan menonton video para caleg yang sedang memaparkan suatu topik.

Peluncuran fitur ‘Info Kandidat’ merupakan upaya Facebook dalam membangun komunitas yang lebih bermasyarakat dan memudahkan mendapat informasi tepat. Dengan memudahkan masyarakat memahami profil para caleg, maka layanan Facebook bisa membantu membentuk komunitas yang lebih baik. Selama ini banyak orang memakai Facebook untuk berdiskusi mengenai politik, maka Facebook berusaha memudahkan masyarakat memperoleh informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian masyarakat bisa mengambil keputusan tepat menjelang pemilihan umum.

Facebook juga memberikan fasilitas untuk memudahkan penggunanya berbagi update bahwa telah memilih saat hari pemilihan umum. Foto dan video yang menampilkan kerabat atau keluarga yang sudah memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan ditampilkan di Kabar Beranda. Setiap orang pun bisa ikut merayakan dan turut ambil bagian dalam pesta demokrasi tersebut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.