Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

LG G8 ThinQ, Smartphone Flagship yang Kemungkinan Mustahil Masuk Indonesia

Semacam tantangan menjawab rumor hengkangnya vendor ini dari Indonesia.

LG G8 ThinQ sudah memasuki babak siap diluncurkan. Tapi dengan desas-desus hengkangnya LG dari Indonesia, apakah memungkinkan smartphone ini bisa secara resmi beredar di sini?

LG memang terbilang punya nama besar di industri teknologi, khususnya konsumer. Sayangnya, di pasar smartphone vendor asal Korea Selatan ini tidak seberuntung Samsung.

Ya, beberapa tahun terakhir ini penjualan smartphone flagship LG memang tidak terlalu menggembirakan, bahkan bisa dibilang menyesakkan. Bahkan dalam laporan yang dilansir dari keterangan di situs resmi LG, Kamis (31/1/2019), keuntungan penjualan smartphone vendor ini turun sampai 79,3% pada kuartal IV tahun 2018, turun sampai 7% dibandingkan pada kuartal yang sama di tahun lalu.

Mengenai penurunan tersebut, pihak LG mengklaim dikarenakan adanya tren penjualan smartphone yang lesu tahun lalu. Jika ditotal, pendapatan hingga 31 Desember 2018, vendor ini berhasil mengantongi pemasukan sebesar 15,77 triliun won. Namun, dari sisi keuntungan diklaim lebih besar 9,5% dibandingkan tahun 2017 dengan angka 2,70 triliun won.

Data pengapalan smartphone secara global oleh IDC.

 

Klaim LG memang bukan tanpa data, mengingat IDC juga telah merilis data penjualan smartphone di mana secara global untuk pengirimannya mengalami penurunan hingga 4,9% di tahun 2018. Bahkan Samsung sebagai “raja smartphone” juga terkena imbasnya, di mana hanya mampu mengapalkan sebanyak 70,4 juta unit dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 74,5 juta unit.

Jika secara global LG tidak masuk 5 besar vendor dengan penjualan smartphone terlaris, apalagi di Indonesia? Makanya, tidak heran jika muncul rumor yang menyebutkan bahwa vendor ini siap hengkang dari Indonesia.

Mengenai hal tersebut, seperti termuat dari berita Detikcom, Kamis (8/11/2018) lalu, LG Indonesia membantah kabar yang ada. Vendor ini mengklaim sedang fokus pada pengembangan 5G di perangkat mobile-nya, jadi tidak memungkinkan untuk merilis smartphone terbaru setelah LG G7 ThinQ yang dirilis pada Mei lalu.

“Saat ini kami memang ada perubahan strategi bisnis. Jadi masih aktif, tapi memang belum merilis ponsel baru. Kami masih bahas strategi bisnis yang baru dulu,” kilah Jae Hyoung Lee, Head of Product Marketing LG Electronics Indonesia.

Related Posts
1 daripada 340

Meskipun sudah ada bantahan, fakta yang terjadi justru sebaliknya. Mengingat Erafone, gerai smartphone terbesar di Indonesia, sudah menghapus nama LG dari daftar penjualannya, meski sempat melakukan penjualan LG G7 ThinQ dengan harga korting dari Rp 13 jutaan menjadi Rp 8 jutaan. Ini tentu memperkuat dugaan bahwa vendor tersebut memang “lenyap” perlahan di Indonesia.

Lalu apa menariknya kita membahas bocoran soal LG G8 ThinQ? Ya, dengan membaca tingkat antusiasme pasar terhadap smartphone ini kemungkinan besar bisa jadi langkah buat LG untuk “comeback” ke pasar smartphone.

Jadi, berdasarkan informasi yang dilansir PhoneArena, Jumat (1/2/2019), mengungkapkan sebuah bocoran mengenai kapasitas baterai dari LG G8 ThinQ. Adapun bocoran ini berasal dari pihak regulator telekomunikasi di Brazil (Anatel) yang telah memuat informasi mengenai perangkat dengan codename Alpha dan model BL-T41 yang digadang-gadang merupakan suksesor dari LG G7 ThinQ.

Dari bocoran tersebut, terungkap bahwa baterai yang digunakan perangkat misterius itu berkapasitas 3.400 mAh yang lebih besar dibandingkan LG G7 ThinQ yang hanya 3.000 mAh. Kapasitas baterai ini bahkan lebih besar dibandingkan LG V40 ThinQ yang hanya memiliki baterai 3.300 mAh.

Dari sisi desain, LG G8 ThinQ memang tidak terlalu istimewa, di mana pada bodi belakangnya mirip dengan pendahulunya, bahkan terlalu identik dengan G6. Bahkan di bagian layar depannya juga masih membawa notch ala iPhone X. Entahlah, apakah tahun ini memang perlu sebuah smartphone harus berponi? Mengingat tahun lalu pasar terlalu membosankan karena dibanjiri dengan smartphone yang memiliki layar poni.

LG G8 ThinQ
Bocoran desain LG G8 ThinQ.

 

Tapi, balik lagi ke judul di artikel ini. Sebagus apa pun nanti LG G8 ThinQ, tentu pertanyaan besarnya adalah apakah memungkinkan untuk dijual di Indonesia? Mengingat untuk LG G7 ThinQ saja kini hanya tersedia di lapak-lapak e-Commerce dengan harga di kisaran Rp 8 jutaan.

Menurut kamu, apakah kita masih butuh LG di pasar smartphone?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.