Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Pelopor Smartphone Layar ‘Berponi’ dari OPPO Segera Diluncurkan di Indonesia?

Desain ala iPhone X ternyata bukanlah milik Apple sebagai pemilik paten.

Layar “berponi” atau notch ala iPhone X kini memang semakin mainstream karena banyak perangkat Android yang mengusung desain serupa. Tidak ketinggalan, OPPO pun siap merilis F7 sebagai lini produk terbaru yang punya “poni” serupa.

Sebelum loncat ke paragraf berikutnya, mungkin lebih asyik jika kita bahas terlebih dahulu embel-embel “pelopor” pada judul di atas. Apakah benar OPPO justru jadi pelopor atas desain layar yang diperkenalkan iPhone X?

Berdasarkan kabar yang santer di beberapa media online di China, ternyata paten atas desain notch dan full display sudah didaftarkan OPPO sejak 9 Januari 2017. Approval mengenai hal ini sendiri sudah didapatkan pada September 2017. Dengan begitu, sekalipun iPhone X lebih dulu hadir di pasaran dengan desain notch, justru OPPO adalah pemegang patennya.

Oppo F7

Dari dokumen yang beredar, paten desain notch memiliki berbagai jenis. Mulai dari setengah lingkaran, setengah kotak, hingga segitiga. Namun, pada bocoran desain smartphone R15 yang beredar di pasaran, tampaknya OPPO lebih memilih desain ‘poni’ yang setengah kotak, serupa dengan apa yang diusung iPhone X.

 

OPPO memang dikenal sebagai vendor yang paling rajin mendaftarkan paten. Terhitung sejak 2009, vendor asal China ini telah mengantongi setidaknya 20 ribu paten. Bahkan, tahun lalu brand ini masuk ke posisi delapan dari 10 perusahaan di Negeri Tirai Bambu yang paling banyak memiliki paten dan jadi satu-satunya perusahaan produsen smartphone.

Related Posts
1 daripada 391

Bukan R15, Tapi F7

Nah, kehadiran sang “pelopor” ini di Indonesia ternyata mengusung nama F7, bukan R15 seperti yang sudah lama digembar-gemborkan sebagai smartphone ‘berponi’ pertama dari OPPO.

Hal ini terlihat dari billboard yang tertampang di salah satu service center OPPO, di mana Chelsea Islan tampak tersenyum dengan wajah yang berada di bingkai perangkat F7.

OPPO F7

Dari bocoran yang beredar, F7 akan mengusung desain full screen display berasio 19:9 dengan notch screen pada bagian atasnya. OPPO mengklaim layar tersebut sebagai Super Full Screen. Untuk ukurannya, smartphone ini memiliki layar seluas 6,23 inci dengan ketebalan frame yang tipis sehingga membuat perangkat ini begitu elegan.

Dengan panel IPS, F7 memiliki resolusi FHD+ 2280 x 1080 yang membuatnya nyaman untuk menikmati konten multimedia. Dari sisi fitur kamera, smartphone ini dipastikan membawa teknologi Artificial Intelligence (AI) pada fitur kamera selfie dengan menyempurnakan dari apa yang dihadirkan di F5.

Yang pasti, OPPO F7 akan lebih dulu diperkenalkan di India pada hari ini, Senin (26/3/2017) di India. Jadi, untuk spesifikasi lebih detil dari smartphone ini tentunya akan kita dapatkan dalam beberapa jam ke depan, Gizmolovers! Jadi pastikan kamu pantengin terus situs kami ya…