Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mari Berkenalan dengan Veronika, Asisten Virtual Telkomsel yang Memiliki Kecerdasan Buatan

Kamu sudah kenal dengan Veronika? Maaf, ini bukan nama temanmu. Melainkan sebuah nama yang diberikan untuk asisten virtual Telkomsel untuk melayani pelanggannya. Telkomsel menghidupkan lagi dengan nyawa baru setelah sempat mati suri selama beberapa tahun.

Sebelumnya, Veronica terkenal saat komunikasi telepon dan SMS masih mendominasi. VERONiCA (Voice Response and Info Care) merupakan mesin penjawab pribadai yang menampung setiap panggilan masuk tidak terjawab pada nomor tujuan. Saat itulah, terdengar suara wanita yang khas menyapa pelanggan dan memperkenalkan diri dengan nama Veronica.

Kini, saat komunikasi utama lebih banyak menggunakan layanan pesan instant, Veronika pun bertransformasi. Bekerjasama dengan perusahaan teknologi Accenture, Telkomsel menghadirkan asisten virtual Veronika yang hadir 7 x 24 jam mempermudah pelanggan untuk berinteraksi secara langsung melalui platform social chat.

Saat ini ada tiga platform yang didukung yaitu akni LINE, Facebook Messenger, dan Telegram. Operator anak perusahaan Telkom dan Singtel ini merancangnya sebagai GraPARI Virtual yang siap untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan dari pelanggan kapan pun dan di mana pun. Jika ditelisik, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang mengimplementasikan layanan virtual ini.

Yang menarik, Veronika menjadi solusi pelayanan pelanggan di kanal digital yang menggabungkan sisi artificial intelligence, customer analytics, dan interaksi manusia untuk menghasilkan sebuah layanan self-service yang memberikan pengalaman pelanggan lebih baik, cepat, dan tepat.

Related Posts
1 daripada 274

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, berharap layanan baru ini meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan.  Informasi seputar produk dan layanan pun dapat direspon dengan lebih cepat dan tepat.

“Saat ini pelanggan memiliki mobilitas yang tinggi dan gaya hidup digital mendorong kami untuk memberikan solusi yang cepat dan tepat terhadap kebutuhan layanan yang mereka gunakan. Hadirnya GraPARI Virtual Telkomsel ke genggaman pelanggan layaknya memberikan mereka akses 24 jam untuk mengunjungi GraPARI,” ujar Ririek saat peluncuran di Gedung Telkomsel Smart Office, Jakarta (24/8).

Dijelaskan lebih lanjut, dalam beberapa tahun terakhir, kanal digital merupakan pilihan utama pelanggan untuk berinteraksi mengenai produk dan layanan Telkomsel. Saat ini sekitar dua pertiga dari seluruh interaksi pelanggan dengan Telkomsel ada di kanal digital baik itu media sosial, website, dan aplikasi.

Layanan Veronika sendiri dapat menjawab berbagai permintaan informasi dari pelanggan. Di antaranya informasi mengenai lokasi GraPARI terdekat, cara upgrade 4G, informasi paket aktif dan berlangganan, informasi tagihan, infomasi PIN T-Care, dan juga informasi PUK. GraPARI Virtual Telkomsel ini juga memungkinkan pelanggan untuk memperoleh solusi layanan, seperti berlangganan paket, pembelian pulsa, membayar tagihan, serta melakukan redeem POIN.

This post is also available in: enEnglish (English)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.