ASUS ZenBook Pro 15 OLED, Laptop Khusus Kreator Konten dengan Layar 4K

Jakarta, Gizmologi – Semakin banyak vendor laptop yang berikan penawaran khusus untuk para kreator. Tak lagi terbagi untuk konsumen secara general, bisnis dan gamer, laptop khusus kreator dirancang dengan paduan spesifikasi khusus. ASUS sendiri hadirkan ZenBook Pro 15 OLED sebagai salah satu opsi terbaiknya.

Laptop ini pertama kali diperkenalkan secara global pada awal September lalu, di mana ZenBook Pro OLED meluncur bersama varian yang lebih premium yaitu ZenBook Pro Duo OLED, serta seri lainnya seperti Vivobook Pro yang lebih terjangkau plus ProArt Studiobook yang lebih profesional—hadir dengan dial khusus untuk pengendalian yang lebih intuitif.

Dalam peluncurannya, ASUS perkenalkan ZenBook Pro sebagai perangkat yang canggih berperforma tinggi, khusus untuk para kreator yang sibuk membuat konten dan produktif di luar rumah, serta sering berpindah tempat kerja seperti dari tempat umum, kantor hingga studio. Juga memiliki layar dengan panel OLED berakurasi tinggi, lebih cocok untuk membuat konten untuk para pekerja profesional.

Baca juga: ASUS ExpertBook B5 Flip, Laptop Convertible Minimalis untuk Pebisnis Dinamis

Sudah tersedia resmi di Tanah Air, ASUS hadirkan ZenBook Pro 15 OLED dalam dua varian prosesor berbeda. Tampilannya sendiri mirip dengan ZenBook lainnya, termasuk ZenBook 14 Ultralight, hanya saja lebih tebal dengan bobot 2 kilogram—tergolong ringan bila dibandingkan dimensi layar dan performa yang diusungnya.

Spesifikasi Layar ZenBook Pro 15 OLED

ZenBook Pro 15 OLED

Meski tampil dengan desain elegan pada bodi luarnya, ZenBook Pro 15 OLED juga sudah dilengkapi sertifikasi MIL-STD 810G, berikan ketenangan lebih ketika terjatuh maupun penggunaan skenario suhu yang beragam. Dan untuk tingkatkan pengalaman mengetik serta suhu optimal, ErgoLift Hinge dapat mengangkat bagian keyboard naik hingga 3 derajat.

Nilai jual utama dari laptop ASUS OLED ini, selain dari performa juga sudah dapat diketahui dari nama produknya. Ketika dibuka, pengguna akan disambut dengan layar seluas 15,6 inci, memiliki bezel ramping serta resolusi 4K. Gunakan panel OLED, rasio kontrasnya bisa mencapai 1,000,000:1.

Tak hanya mampu manjakan mata dengan visual yang memukau, layar ZenBook Pro 15 OLED juga punya akurasi tinggi, karena sudah tervalidasi oleh Pantone dan punya cakupan warna DCI-P3 100%. Selain gunakan ScreenPad 2.0 yang ada di bawah keyboard, layarnya juga mendukung input sentuh untuk kemudahan interaksi.

ASUS juga berikan fitur berbasis software khusus untuk berikan keamanan tambahan pada panel layar OLED-nya. Secara otomatis, piksel pada layar akan sedikit berubah dalam waktu tertentu untuk menghindari burn-in, dan diklaim tak akan terlihat oleh penggunanya. Supaya masa pakai dan kualitas layarnya tetap awet.

Bawa Performa Tinggi dengan Penyimpanan Ekstra Lega

ZenBook Pro 15 OLED

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ZenBook Pro 15 OLED adalah performanya, karena mengusung prosesor Intel H-series generasi ke-10. Ada dua opsi yang ditawarkan, yaitu Core i5-10300H dan i7-10870H yang punya CPU 8-core hingga 5GHz. Dipasangkan dengan GPU bertenaga dari NVIDIA, seri GeForce GTX 1650 Ti 4GB GDDR6.

Semua varian yang ditawarkan sudah mengusung RAM 16GB serta penyimpanan berjenis NVMe PCIe 3.0 SSD dengan kapasitas yang sangat lega yaitu 1TB. Tentunya spesifikasi performa tinggi dapat menunjang kebutuhan bekerja para kreator konten. Ditambah dengan fitur dari ScreenPad.

Selain bisa berfungsi sebagai touchpad pada umumnya, panel layar sentuh 5,65 inci yang diberikan dapat beralih fungsi menjadi number key, atur aplikasi yang sedang berjalan pada layar utama, hingga konfirmasi panggilan dari smartphone (yang sudah tersambung dengan aplikasi MyASUS). ASUS bekerja sama dengan pengembang aplikasi pihak ketiga termasuk Corel untuk optimalkan bidang layar kecil satu ini.

ZenBook Pro 15 OLED Masih Punya Slot Kartu SD

ZenBook Pro 15 OLED

Tak mengesampingkan konektivitas, ZenBook Pro 15 OLED juga memiliki port seperti HDMI 2.0 (full size) sampai slot kartu SD—sangat krusial untuk creator konten terutama saat memindahkan file foto dari kamera. Tentunya, juga punya port USB-A 3.2 Gen 1 dan port USB-C yang sudah mendukung Thunderbolt 3.

Untuk keperluan meeting virtual, disematkan sebuah kamera 720p di bagian atas layar, yang berfungsi ganda sebagai opsi kunci layar canggih Windows Hello bersama sensor inframerah. Baik speaker maupun mikrofonnya sudah mendukung teknologi AI noise cancelling supaya komunikasi tetap jelas meski di luar ruangan.

Kapasitas baterai besar 96WHr juga cocok untuk menunjang mobilitas, terutama mengingat layarnya yang mencapai resolusi 4K. Proses pengisiannya juga bakal berjalan cepat berkat adapter berjenis AC dengan output 150W. ASUS juga sediakan sebuah aksesori berupa sleeve untuk memudahkan saat harus dibawa bepergian.

Dengan spesifikasi yang mentereng, ASUS ZenBook Pro 15 OLED (UX535) dibanderol resmi seharga Rp23,999 juta untuk varian intel Core i5. Bila Gizmo friends menginginkan performa Core i5, harus menambahkan bajet Rp4 juta. Keduanya punya spesifikasi lain sama persis, termasuk lisensi Office 2019 Home & Student yang berlaku selamanya.

Tinggalkan komen