Laptop Nokia Purebook S14 Jalankan Windows 11, Harga Rp11 Jutaan

Jakarta, Gizmologi – Kehadiran perangkat bermerek Nokia di Tanah Air memang hanya ada dalam bentuk smartphone, feature phone serta earphone TWS saja. Namun situasinya lain di India, di mana mereka bekerja sama dengan Flipkart untuk rilis smart TV, AC sampai laptop, termasuk Nokia Purebook S14.

Wajar saja bila kali ini hadir dalam bentuk perangkat yang memang banyak dicari terutama di masa pandemi seperti saat ini. Lebih banyak orang membutuhkan laptop mumpuni demi menunjang kegiatan bekerja dari rumah atau work from home. Dalam menghadirkan produk TV dan laptop, Flipkart sebagai situs e-dagang besar di India memiliki andil yang cukup tinggi.

Baca juga: Nokia PureBook X14 Siap Dirilis, Ultrabook Tipis dengan Kamera Inframerah

Merek Nokia sendiri memang bisa digunakan untuk pihak ketiga dalam merilis aneka jenis produk. Meski begitu, pihak Nokia bakal tetap menjaga kualitas produk agar setidaknya bawa ciri khas perangkat seperti ponselnya yang kuat. Hal yang sama diteruskan ke Nokia Purebook S14, yang dirancang cukup kuat.

Punya Eksterior Kokoh & Bezel Tipis

Nokia Purebook S14

Memiliki finishing luar matte dengan dominasi warna hitam, tampilan bodi Nokia Purebook S14 dirancang bebas abrasi dengan lapisan PU khusus. Bobotnya sendiri 1,4 kilogram—masih lebih berat dari seri Purebook X14 yang sudah meluncur beberapa bulan lalu. Namun sudah lolos uji drop test “pada kondisi ekstrim”, lengkap bersama keyboard yang diperkuat.

Melihat bagian dalamnya, tampilan Nokia Purebook S14 sedikit mengingatkan kami kepada laptop Huawei MateBook D14. Lihat saja bagian layarnya, di mana tiga area bezel sudah cukup tipis, kecuali bezel bawahnya saja. Layarnya sendiri 14 inci dengan panel IPS beresolusi full HD, memiliki rasio layar ke bodi mencapai 82%.

Sayangnya, secara spesifikasi, laptop ini tidak cocok untuk penggunaan luar ruangan. Pasalnya, tingkat kecerahan maksimum hanya sampai 220 nits saja, di mana kebanyakan laptop setidaknya bisa sampai 300 nits. Kamera 720p diletakkan di atas layar dengan pintasan khusus untuk menonaktifkannya.

Spesifikasi Performa Nokia Purebook S14

Nokia Purebook S14

Nokia Purebook S14 juga dilengkapi konektivitas port cukup lengkap. Termasuk USB-A 3.0, USB-C (tanpa informasi terkait standar Thunderbolt), HDMI, jack audio 3,5mm serta slot kartu microSD. Untuk urusan performa, sudah gunakan prosesor Intel generasi ke-11 dengan Core i5, RAM 16GB dan penyimpanan berjenis SSD 512GB.

Speaker Nokia Purebook S14 sendiri diperkuat dengan dukungan efek suara Dolby Atmos, plus peletakan speaker di atas untuk suara prima. Sementara untuk ketahanan baterai, spesifikasi yang tertera di Flipkart hanya menuliskan masa 6 jam pemakaian, tergolong cukup singkat untuk laptop Windows terbaru masa kini.

Meski tampil lebih tebal dari seri sebelumnya, banderol harga Nokia Purebook S14 justru lebih mahal. Bakal tersedia di Flipkart mulai 3 Oktober mendatang, harganya mulai dari INR56,990, atau sekitar Rp10,9 jutaan. Mungkin berkat daya tarik Windows 11 yang sudah termasuk sejak awal pembelian, alias tak perlu lakukan proses upgrade.

Tinggalkan komen