Jangan Salah Sebut! Ini Perbedaan Laptop, Netbook, dan Ultrabook

Seringkali, dalam aktivitas dan mobilitas kita sehari-hari, pasti akan melibatkan beberapa gadget yang bisa dibawa kemana-mana (portabel). Termasuk komputer jinjing. Saat ini, keberadaan perangkat komputer jinjing ini hampir menggantikan keberadaan komputer desktop, komputer yang hanya diam di atas meja yang tidak bisa dibawa kemanapun.

Dengan begitu kegiatan kita dapat terasa lebih ringan karena terbantu adanya gadget tersebut. Komputer jinjing terdiri atas tiga jenis laptop, netbook, dan ultrabook. Perangkat-perangkat komputer portabel ini jelas berbeda. Mereka dibuat memiliki tujuan dan fitur masing-masing .Terkadang kita dalam penyebutan, sering keliru dalam membedakan ketiga komputer portabel ini.

Oleh karena itu, berikut perbedaan mendasar antara laptop, netbook, dan ultrabook.

Laptop

 

laptop asus terbaru

Secara bahasa Laptop berarti “di atas pangkuan”. Komputer laptop dapat diartikan sebagai perangkat komputer yang ukurannya cukup kecil sehingga bisa diletakkan di atas pangkuan kita. Dengan ukuran layar 13 s/d inchi membuat jenis komputer ini mudah dibawa kemana-mana. Selain berukuran cukup kecil, laptop berbobot 1,5 kg s/d 2 kg.

Selain itu kapasitas yang tersedia dalam perangkat ini, sekitar 2 Gigabyte. Tak hanya itu, laptop biasanya dilengkapi dengan DVD-RAM. Dengan alat tersebut, dimungkinkan kita untuk menyimpan atau membaca file apapun dalam bentuk CD/DVD.

Keberadaan Laptop saat ini, untuk menggantikan fungsi komputer desktop dengan kelebihan bisa dibawa kemana-mana. Dengan kata lain laptop dikatakan sebagai wujud portabel dari komputer desktop.Dengan fitur-fitur yang ditawarkan juga hampir menyamai komputer desktop atau PC (Personal Computer) dapat menjadi solusi Anda yang memiliki kesibukan sangat padat dan perlu perangkat yang bisa dibawa pergi.

Netbook

Netbook shopee 2

Netbook didesain untuk penggunaan pengkomputerisasi mendasar, lebih kecil, ringan serta lebih portabel dari pada laptop. Selain itu, sesuai namanya, netbook ditujukan juga untuk bisa browsing internet di manapun berada karenanya Netbook selalu dilengkapi dengan koneksi wi-fi.

Secara fisik, netbook memiliki berat sekitar 1,5 kg,  dengan ukuran layar yang lebih kecil antara 6 – 13 inchi. Mengingat ukuran yang sangat kecil, biasanya netbook tidak dilengkapi dengan CD Drive. Untuk menyimpan file-file berat, netbook tidak disarankan mengingat kapasitas RAM yang dimiliki sebesar kurang dari 2 GB. Kemampuan prosesor yang lebih terbatas, membuat komputer jenis ini tidak sanggup untuk menampilkan grafik yang tinggi dan hanya bisa mengakses internet.

Resolusi layar yang ditampilkan pun rendah dan hanya bisa dipakai untuk mengerjakan pekerjaan kantoran. Dengan banyaknya keterbatasan pada netbook ini, harganya pun lebih murah. Netbook lebih banyak dipakai untuk  kalangan anak sekolahan atau mahasiswa. Untuk sekarang ini, keberadaan netbook menjadi kurang populer semenjak munculnya iPad dan tablet.

Ultrabook

ultrabook selularid

Saat ini muncul juga jenis terbaru dari laptop yang dikenal dengan istilah Ultrabook. Penggunaan istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Intel untuk laptop yang ringan dan tipis dengan kemampuan yang tinggi. Ultrabook dianggap sebagai salah satu pesaing utama, setelah diluncurkannya Macbook Air yang dirilis oleh perusahaan Apple. Dengan begitu istilah Ultrabook juga diikuti oleh para produsen lainnya

Memiliki bentuk layar sekitar 11 s/d 15 inch, membuat tipe ini sangat nyaman untuk mata mengingat ukurannya yang cukup besar. Dengan kapasitas yang dimiliki yaitu 4 GB lebih, membuat Anda dapat menyimpan file-file besar pada Ultrabook. Selain itu, dengan tambahan fitur koneksi nirkabel bluetooth, membuat Anda tidak perlu ribet dalam menyambungkan kabel untuk produktivitas pekerjaan.

Ultrabook merupakan perangkat komputer portabel yang ringan dan tipis seperti netbook namun memiliki kemampuan komputerisasi setara notebook. Didesain memiliki keunggulan netbook sekaligus notebook. Oleh karena itu sangat wajar jika harga yang ditawarkan pun sangat tinggi. Apalagi untuk memenuhi tuntutan ini Ultrabook menggunakan SSD (Solid State Drive) yang memiliki keunggulan lebih cepat, lebih handal dan kinerja yang lebih baik dari pada HDD (Hard Disk Drive).

Tinggalkan komen