Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sekolah dari Rumah Nggak Ribet dan Mahal dengan Samsung Galaxy A01 Core

0 381

Dengan banyaknya lini smartphone Android yang diluncurkan oleh Samsung sepanjang tahun 2020, kita dapat memilih produk secara tepat sesuai dengan kebutuhannya. Terutama pada kondisi adaptasi kebiasaan baru ini, di mana pelajar harus mengikuti program school from home (SFH) atau sekolah dari rumah.

Untuk kalangan anak atau pelajar, Samsung tentunya sudah menyediakan sebuah smartphone yang paling terjangkau, yaitu Samsung Galaxy A01 Core. Perangkat ini hadir dengan desain yang simpel, pilihan warna menarik, namun dengan performa yang cukup optimal. Dengan harga mulai dari Rp1 jutaan saja.

Dengan Galaxy A01 Core, kegiatan sekolah dari rumah bisa dijalankan dengan lancar tanpa ribet. Apa aja sih fitur yang ditawarkan oleh smartphone murah Samsung yang satu ini? Berikut beberapa fitur kunci yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan SFH.

Layar Kompak Beresolusi Tinggi

Samsung Galaxy A01 Core edukasiKegiatan SFH memerlukan para pelajar untuk menatap layar lebih lama. Karena harus mengikuti kelas daring yang diadakan lewat Zoom atau platform konferensi virtual lainnya. Juga untuk komunikasi dengan teman dan guru lewat group chat, atau mengumpulkan tugas ke platform cloud seperti Google Classroom.

Otomatis, mereka memerlukan layar smartphone yang baik. Sudah sangat umum bila smartphone Samsung memiliki panel layar yang berkualitas, dan Galaxy A01 Core termasuk dalam salah satunya. Dimensi layarnya 5,3 inci, tidak terlalu besar namun masih cukup untuk kebutuhan kelas daring. Karena kompak, bobotnya menjadi ringan di 150 gram, sehingga tidak melelahkan untuk dipegang berlama-lama.

Resolusi layarnya juga cukup tinggi, tak hanya WVGA, tapi HD+ 1480×720 piksel. Jenis panelnya sudah PLS TFT, dengan kedalaman 16 juta warna. Teknologi PLS dari Samsung mampu berikan viewing angle yang lebar, tetap jelas meski dilihat dari sudut kemiringan tertentu.

Sekolah dari Rumah dengan Kamera Berkualitas

Samsung Galaxy A01 Core kameraMelalui sistem school from home, sesekali pelajar diperlukan untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk foto. Baik untuk memotret tugas menulis, menggambar, sampai mengabadikan gerakan olahraga khusus untuk mata pelajaran yang sesuai. Otomatis, mereka membutuhkan kamera yang mumpuni, baik di sisi depan dan belakang.

Kamera belakangnya punya resolusi yang cukup besar di 8MP, dengan diafragma f/2.2 yang jadikan Galaxy A01 Core dapat menangkap banyak sumber cahaya. Dilengkapi lampu kilat serta autofocus, kamera ini mendukung perekaman video beresolusi tinggi sampai full HD 1080p di 30fps. Tugas dokumen akan secara mudah ditangkap secara jelas lewat kamera utamanya.

Meski harganya terjangkau, Samsung tetap berikan kamera depan berkualitas dengan resolusi 5MP f/2.4. Kamera ini sudah sangat cukup untuk digunakan pelajar saat menghadiri kelas virtual, sebagai bukti apabila mereka turut mengikuti dan memerhatikan materi yang disajikan guru sepanjang waktu sekolah.

Kapasitas Memori Luas dengan Slot MicroSD

Samsung Galaxy A01 Core backSamsung Galaxy A01 hadir dalam dua opsi memori RAM serta penyimpanan internal; 1GB/16GB dan 2GB/32GB. Kapasitas penyimpanan tersebut tergolong cukup luas di kelasnya. Sangat diperlukan untuk menyimpan seluruh dokumen tugas yang perlu dikirim, maupun materi-materi seperti slide dari para pengajar kelas.

Bila dirasa kurang, masih ada slot kartu microSD yang mendukung kapasitas sampai 512GB. Dengan begitu, pelajar juga bisa menyimpan file multimedia lainnya seperti musik maupun film. Bisa mereka nikmati saat jam sekolah daring sudah selesai, sebagai salah satu sumber hiburan on-the-go.

Performa Optimal untuk Sekolah dari Rumah

Galaxy A01 Core 1Menjadi smartphone kelas entri, tentu performa bukan menjadi yang paling kencang. Samsung Galaxy A01 Core jalankan chipset dari MediaTek, yaitu seri MT6739 dengan CPU octa-core hingga 1,5GHz. Namun meski begitu, performanya dioptimalkan dengan One UI Core berbasis Android 10 Go edition.

Android 10 Go edition adalah sistem operasi khusus yang dibangun untuk smartphone dengan spesifikasi hardware minimum. Aplikasi-aplikasi di dalamnya dibuat lebih ringan, tak makan banyak memori, serta lebih sederhana secara keseluruhan. Sehingga smartphone bakal tetap berfungsi baik meski kapasitas RAM-nya hanya 1GB.

Seluruh kapabilitas yang oke untuk school from home di atas bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp999 ribu saja. Sementara bagi yang menginginkan kapasitas memori lebih luas, varian 2GB/32GB dijual di Rp1,149 juta. Samsung Galaxy A01 Core bisa didapatkan secara gampang baik secara daring dan luring, di semua toko ritel Samsung di seluruh Indonesia.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia

[adrotate banner=”9″]