Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Advan Tab Sketsa, Tablet Stylus Lokal dengan Chipset Unisoc

4 13.804

Dari sekian banyak brand lokal yang beberapa tahun silam sempat berjaya, kini tinggal Advan yang masih berupaya eksis dengan rutin merilis produk baru. Segmen tablet menjadi andalan vendor lokal ini yang bahkan sempat meraih pangsa pasar terbesar. Hari ini (15/06), mereka meluncurkan tablet terbarunya Advan Tab Sketsa.

Menurut pihak Advan, perangkat ini dirilis guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tablet premium yang terjangkau. Sesuai namanya, ADVAN Tab Sketsa merupakan piranti tablet yang dilengkapi stylus sehingga penggunanya dapat menggambar serta menulis langsung pada perangkat.

“ADVAN menghadirkan Tab Sketsa sebagai tablet berkelas premium yang terjangkau. Desain high quality serta teknologi canggih yang dibenamkan membuat tablet Advan Tab Sketsa sangat cocok menemani berbagai aktivitas pengguna,” ujar Chandra Tansri, CEO ADVAN Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (15/6/2020).

Baca juga: Aturan IMEI Berlaku, Vendor Lokal Keluhkan Masih Beredarnya Ponsel BM

Fitur Advan Tab Sketsa

Spek Advan Tab Sketsa 7Sebagaimana tablet stylus pada umumnya, dengan perangkat ini kamu bisa menulis, menggambar, serta mewarnai menggunakan stylus. Perangkat stylus ini juga dapat digunakan layaknya pulpen atau pensil yang bisa dipakai langsung di atas layar ADVAN Tab Sketsa.

Menurut pihak Advan, stylus didesain agar mudah digunakan. Namun kami belum bisa membuktikan klaim tersebut karena belum mengujinya secara langsung. Meski tentu tidak bijak jika membandingkan dengan tablet premium keluaran Samsung seperti Galaxy Tab S6.

Advan Tab Sketsa mengusung layar 10.1” yang membuatnya terbesar di jajaran tablet sekelasnya. Layar ekstra besar ini membuat pengguna bisa bebas berkreasi, serta bersantai dengan menonton video atau memainkan game favorit.

Guna memenuhi kebutuhan video call atau telekonferensi virtual yang kian populer di masa pandemi, ADVAN telah membenamkan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Sementara untuk fotografi tablet ini juga sudah dilengkapi kamera beresolusi 8.0 MP AF.

Tablet ini juga siap menyajikan aneka hiburan berupa film atau video dengan mulus serta lancar berkat koneksi 4G LTE dan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac. Tablet ini hyga memiliki speaker stereo. Suara akan terdengar lebih keras dan jernih serta efek stereo yang lebih terasa berkat keberadaan dua speaker pada ADVAN Tab Sketsa ini.

Teknologi layar IPS yang dibenamkan dalam layar Tab Sketsa, membuat penggunanya bisa menggunakan tablet ini dalam sudut pandang yang lebih luas. Teknologi IPS ini juga dapat mereproduksi warna-warna dengan lebih baik dalam layar. ADVAN Tab Sketsa memiliki tingkat kecerahan layar, yang memungkinkan penggunanya untuk menatap laya yang tetap terlihat cerah kendati digunakan di luar ruangan pada siang hari.

Performa Ditunjang Chipset Unisoc

Advan juga mengklaim bahwa memainkan game-game berat juga tidak jadi masalah pada Tab Sketsa. Karena telah dilengkapi RAM 4 GB dan memori 32 GB serta prosesor octa-core 1.6 GHz. Sekali lagi, kami belum bisa membuktikan klaim tersebut.

Jika kita telusuri lebih jauh, perangkat ini dibekali chipset yang bisa dibilang tidak pasaran di ranah gawai Indonesia. Advan Tab Sketsa memakai chipset SC9863A besutan Unisoc yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Spreadtrum. Jika masih belum kenal juga, ini adalah perusahaan semikonduktor asal Shanghai, China yang memproduksi chipset untuk smartphone.

Di saat produsen gawai pada umumnya menggunakan chipset besutan Qualcomm atau Mediatek yang fitur dan kinerjanya sudah cukup dikenal, Advan bisa dibilang satu-satunya yang setia menggunakannya pada beberapa produknya.

Jika dilihat dari spesifikasinya, chipset Unisoc SC9863A ini cocok untuk perangkat low-end. Chipset memakai CPU Octa-core ARM Cortex™-A55 1.6GHz+1.2GHz dengan proses 28nm HPC+. Terlihat juga dari spesifikasi tablet ini yang tergolong entry level. Di mana memori eksternal pun hanya bisa diperluas dengan slot micro-SD hingga kapasitas 32 GB.

Tablet ini juga telah disematkan baterai berkapasitas sebesar 6.000 mAh, yang sudah dilengkapi dengan smart power saving. Keberadaan baterai ini memungkinkan pengguna menonton video selama 72 jam, bermain game selama 12 jam, atau mendengarkan musik 12 jam.kelebihan dan kekurangan Advan Tab Sketsa

Harga Advan Tab Sketsa

Dibanderol seharga Rp 2.099.000, pengguna akan mendapatkan free stylus, case premium (seharga Rp 500.000) serta paket data unlimited internet selama satu tahun penuh dari Indosat Ooredoo. Tersedia dalam warna blue, paket spesial ADVAN Tab Sketsa ini tersedia secara terbatas saat dirilis pada hari Senin (15/6) di e-commerce Tokopedia.

Spesifikasi Advan Tab Sketsa 10 Inci 4GB 32 GB

Sistem Operasi: IDOS [email protected] 9.0
Prosesor: SC9863A Octa Core 1.6GHz
Sensor: G-Sensor
Memori: RAM 4 GB – ROM 32 GB
Kamera: 8 MP AF + Flash (Belakang) & 5 MP (depan)
Komunikasi: WIFI 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth V4.2, OTG, GPS
Dimensi produk 225*156.5*11.3 mm
Layar: 10.1” HD (800×1280)
Teknologi Jaringan: 4G LTE
SIM: Dual SIM Card
Audio: 3.5 mm jack
Video Support: H264/h265/vp8/vp9/mp4/h263
Baterai: 6000 mAh
Garansi Resmi 1 Tahun
Paket penjualan: sarung pelindung, kabel data, pengisi daya, kartu garansi

Cek harga produk Advan di e-commerce:

Blibli.com Shopee.co.id LAZADA.CO.ID  Tokopedia