Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Nest Mini Hadir di Indonesia, Speaker Canggih Berteknologi AI

2 1.014

Bekerja sama dengan Erajaya, Google akhirnya bisa menghadirkan speaker pintar terbarunya, Google Nest Mini ke Indonesia. Speaker yang dilengkapi dengan Asisten Google secara built-in ini bisa kamu beli secara langsung lewat beberapa partner penjualan resminya. Selain menjual Google Nest Mini, Google juga menyertakan paket bundling bersama dengan perangkat smart home lainnya dari Philips serta Xiaomi.

Mickey Kim, Director of APAC Business, Google Hardware mengatakan pihaknya memiliki misi untuk membangun Google yang lebih bermanfaat bagi konsumen. Salah satu hal yang menarik adalah, konsumen Indonesia semakin sering melakukan pencarian lewat perintah suara melalui Google Assistant. Ia mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari 5 negara pengguna Asisten Google paling aktif di dunia.

“Kami senang dapat meluncurkan Google Nest Mini ke Indonesia. Dengan menyatukan yang terbaik dari AI Google, software dan hardware, Nest Mini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia dalam beraktifitas dan menyelesaikan tugas keseharian mereka,” ujar Mickey Kim, saat meluncurkan Google Nest Mini, di Central Park, Jakarta (28/02).
Baca juga: Pelanggan Indosat Gratis Menelepon Google Assistant

Fitur Google Nest Mini

Google Nest Mini demo.
Mickey Kim, Director of APAC Business, Google Hardware mendemonstrasikan fitur Google Nest Mini secara langsung kepada media.

Dengan masuknya Google Nest Mini di Indonesia, secara otomatis perangkat Google Home akan mendukung perintah suara bahasa Indonesia tentunya. Untuk mengembangkan perintah, Google memanfaatkan machine learning yang akan diperbarui terus-menerus seiring berjalannya waktu.

Dengan machine learning, ke depannya Google Nest Mini akan mendukung slang atau bahasa non-formal Indonesia, jadi perintah-perintah yang disampaikan bisa lebih mudah, dengan pemilihan kata yang sedang tren saat ini. Asisten Google memang dirancang agar terasa seolah berbicara dengan seorang teman. Peluncuran ini adalah yang pertama di Asia Tenggara, dalam bahasa lokal dengan suara perempuan dan laki-laki.

Dengan kualitas audio yang lebih baik, Google telah menjalin kerjasama dengan penyedia layanan musik dan platform streaming seperti YouTube, Spotify, Netflix dan yang segera menyusul, Joox. Pengguna dapat mengontrol volume lewat perintah suara, maupun dari ujung bodi Nest Mini yang akan menyala ketika tangan mendekati perangkat. Speaker ini juga dapat digunakan untuk menelepon lewat Google Duo.

Google Nest Mini bisa disambungkan dengan aplikasi Google Home, yang berarti bisa kamu gunakan untuk mengontrol ribuan perangkat pintar di rumah seperti Philips Hue dan Xiaomi. Google juga bekerja sama dengan banyak pihak seperti KompasTV, MNC, Trijaya FM dan Liputan6.com untuk memberikan feed berita lokal terkini. Dan tentunya beberapa perintah lain seperti pengingat, menyetel timer, alarm sampai membuat daftar belanja.

Harga Google Nest Mini

Harga Google Nest Mini Indonesia

Dirancang simpel serta elegan tanpa sudut, Nest Mini juga bisa dipasangkan di dinding untuk memaksimalkan ruangan mana pun di rumah. Materialnya 100% terbuat dari botol plastik daur ulang, sehingga sangat ramah lingkungan. Hadir dalam warna Chalk dan Charcoal, perangkat ini dibanderol seharga Rp925 ribu.

Selama masa peluncuran, tersedia harga khusus Rp799 ribu, ditambah beberapa promo cashback menarik. Google Nest Mini tersedia secara resmi di gerai Erafone dan Urban Republic seluruh Indonesia, official store Google di Tokopedia serta situs belanja milik Erajaya, eraspace.com.