Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Kamera Mirrorless Fujifilm X-T30 Penuhi Segala Kebutuhan Fotografer

Di saat penjualan DSLR mulai lesu, kamera mirrorles kian menjadi primadona. Salah satu produsen terkemuka di sektor ini yaitu Fujifilm terus menggelontorkan produk baru. Salah satunya adalah kamera mirrorless Fujifilm X-T30 yang akan dijual secara global pada 20 Maret 2019 dan tiba di Indonesia akhir Maret 2019.

Pihak Fujifilm mengklaim bahwa produk barunya ini menciptakan standar baru untuk kamera mirrorless yang ringkas dan ringan, dan ditujukan untuk semua kalangan fotografer mulai dari pemula hingga profesional.

Secara umum, Fujifilm X-T30 dilengkapi sensor gambar generasi ke-4, X Trans CMOS 4 serta mesin pengolah gambar, X Processor 4.

Fitur dan Spesifikasi Fujifilm X-T30

Keistimewaan kamera Fujifilm X-T30 adalah bodinya yang ringan dan juga dijejali dengan berbagai fungsi baru. Berkat prosesor dan sensor gambar generasi ke-4, kamera ini memiliki kinerja yang prima. Fitur-fitur andalan lainnya mencakup AF yang cepat, resolusi 26,1 MP dan piksel phase detection yang hadir di seluruh bingkai. Kamera juga dibekali Tuas Fokus (Focus Lever), layar sentuh intuitif dan desain yang menjaga kestabilan saat digenggam.

Kamera ini dilengkapi dengan layar sentuh dengan respon yang lebih baik pada monitor LCD belakang. Ketebalan monitor ini lebih tipis 1,3 mm. Berbagai fungsi pemotretan pun digabungkan sehingga memperluas kemampuan fotografer dalam menyesuaikan gambar. Fungsi tersebut mencakup “monochrome adjustment” yang terdapat pada ACROS dan Monokrom. Demi menghasilkan warna dan gradasi yang lebih dalam tersedia juga efek Color Chrome.

Kamera Mirrorless Fujifilm X-T30
Kamera Mirrorless Fujifilm X-T30

Berikut ini adalah empat keunggulan utama kamera mirrorless FUJIFILM X-T30 dari segi desain, perangkat keras, algoritma dan perekaman video.

1. Stabil dan nyaman saat memegang kamera

Kamera didesain dengan bodi yang ringkas dan ringan dengan bobot 383 gram, sehingga stabil saat dipegang. Tersedia ruang pegang tambahan di bagian belakang yang menambah kenyamanan berkat keberadaan Tuas Fokus (Focus Lever) yang menggantikan Tombol Selektor. Pengoperasian kamera pun lebih cepat dan intuitif berkat Tuas Fokus tersebut.

Related Posts
1 daripada 24

2. Kinerja pemotretan dengan noise rendah dan reproduksi warna istimewa

Perangkat keras pada kamera mencakup X Prosesor 4, sensor gambar generasi ke-4, dan Trans CMOS 4. Gabungan komponen tersebut menghasilkan kinerja yang setara dengan Fujifilm X-T3. Saat memotret RAW, kamera memiliki kepekaan terendah ISO 160 yang sebelumnya hanya untuk ISO tambahan.

3. AF yang cepat dan tangguh pada kondisi minim cahaya

Sensor gambar X-Trans CMOS 4 memiliki jumlah fase deteksi yang ditingkatkan menjadi 2,16 juta. Jumlah tersebut 4x model X-Trans CMOS 3. Kini seluruh frame merupakan area AF fase deteksi sehingga fokus lebih cepat dan akurat pada segala subyek dalam bingkai. Rentang batas cahaya rendah untuk fase deteksi AF pun semakin lebar dari +0,5EV sampai -4EV. Maka autofokus tetap dapat dilakukan walau cahaya sangat minim, misalnya di malam hari atau di café yang redup.

Perpaduan X-Processor 4 yang cepat memproses gambar dan peningkatan algoritma AF, maka pendeteksian wajah atau mata semakin akurat. Fungsi Pilih Wajah (Face Select) akan memprioritaskan fokus otomatis pada wajah yang dipilih saat beberapa wajah terdeteksi dalam bingkai. Evolusi kinerja AF ini juga berlaku saat merekam video lho.

Peningkatan pun dilakukan pada kinerja mode Advanced SR Auto. Pada mode tersebut kamera memilih pengaturan pemotretan optimal pada adegan tertentu dari 58 preset secara otomatis. Fotografer pun bisa memperoleh kualitas foto terbaik tanpa perlu melakukan pengaturan.

4. Perekaman audio dan video resolusi tinggi dengan fungsionalisat video 4K/30P 

Demi menghasilkan kualitas yang mengesankan dalam 4K (3810×2169) kamera ini merekam dalam 6K (6240×3510). Tampilan sinematis yang lebih baik pada video pun bisa diperoleh dengan format DCI (17:9).
Mode Film Simulation bisa diterapkan saat memotret dan merekam video, termasuk emulator gambar bergerak “ETERNA”.

Perekaman video 4K/30P pada 4:2:0 8 bit bisa dilakukan ke SD card, sementara F-log dan 4:2:2 10 bit melalui port HDMI. Ini menunjukkan kamera bisa dipakai untuk videografri yang lebih serius.

Harga Fujifilm X-T30

Kamera mirrorles ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, premium silver dan charcoal silver. Khusus untuk charcoal silver baru tersedia pada bulan Mei. Harga yang dibandrol sekitar Rp13 juta. Pada 25-31 Maret 2019 tersedia juga diskon dan bundling spesial untuk pembelian melalui e-commerce.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.