Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor: Smartphone Lipat Huawei Selangkah Lebih Dulu dari Samsung Galaxy X?

0 458

Era smartphone di masa depan sudah tak cukup hanya cerdas tapi juga bisa dilipat. Dan vendor Huawei pun terlihat lebih matang mempersiapkan smartphone lipat Huawei dibanding Galaxy X dari Samsung yang belum juga resmi dirilis.

Mengutip pernyataan dari CEO Huawei Oktober tahun lalu, Richard Yu, t3.com menuliskan Huawei mempunyai prototipe kerja smartphone yang fleksibel. Sebagaimana terlihat di diagram di bawah, berikut bocoran smartphone lipat Huawei seperti yang diambil dari letsgodigital.com:

diagram huawei foldable phone
Beginilah kira-kira proses pembuatan smartphone lipat Huawei.

Cukup disebut sebagai smartphone yang bisa dilipat, diagram tersebut menunjukkan seperti apa kira-kira smartphone lipat Huawei yang dapat dibentuk menjadi tablet, hal yang diprediksi akan dilakukan oleh Samsung melalui Samsung Galaxy X miliknya.

Kabar baiknya tentang smartphone lipat Huawei adalah ia tampaknya hanya akan mempunyai satu layar besar. Yang artinya tidak akan ada dua garis konyol yang menandakan dua layar yang mencoba bergabung menjadi satu unit yang lebih besar. Terlihat pula smartphone lipat Huawei ini bisa dilipat secara penuh, mirip membuka buku lalu menutupnya kembali.

Persaingan akan sengit antara ponsel lipat Samsung Galaxy X dan Apple yang juga berencana mengajukan hak paten untuk iPhone produksinya yang bisa dilipat. Tapi pada saat keduanya masih belum merilis fingerprint reader di balik layar, Huawei telah melakukannya pada tipe Mate RS.

Samsung Galaxy 10 diprediksi baru akan tersedia di pasaran hingga 2019. Ponsel lipat karya Samsung ini akan bisa dilipat menjadi tablet dengan ukuran layar 7 inci. Samsung dan Apple memang santer dikabarkan ingin jadi yang terdepan mengeluarkan ponsel lipat.

Sementara Apple telah melayangkan permohonan hak paten untuk perangkat elektronik yang bisa dilipat dengan layar fleksibel, Samsung telah membocorkan konsep dan prototipe ponsel jenis ini lalu ide layarnya. Hak paten Apple untuk produk ini telah dikirimkan sejak November 2017 lalu ke kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

Baca juga: Penjualan Perdana HUAWEI nova 2i Mendapat Respon yang Positif

Memang apa sih kerennya ponsel lipat itu?

Bayangkan di kantong kalian ada smartphone yang ada saat ini, hanya sedikit lebih tebal. Lalu saat kalian ingin melihat video, melakukan pekerjaan atau mengecek foto, kalian bisa melipat smartphone kalian menjadi sebuah tablet dengan layar yang lebih besar.

Jika sudah tersedia di pasaran nanti fungsi smartphone akan semakin multitasking. Walau kompetisi banyak lebih tersorot pada perkembangan yang dilakukan oleh Samsung dan Apple, tidakkah diagram di atas menunjukkan bahwa smartphone lipat Huawei lebih siap?

Akankah teknologi buatan Tiongkok akan mendahului bikinan AS dan Korea Selatan?

Kita tunggu saja ya, Gizmo lovers. Tak ada salahnya sembari menanti seperti apa jadinya smartphone lipat siapkan juga dana jika salah satunya ada yang menawan hati kalian.