Android 12 Punya Nama Camilan Sebutannya “Snow Cone”

Jakarta, Gizmologi – Google akhirnya siap merilis OS Android 12 versi stabil untuk penggunanya. Menariknya, Google kembali melanjutkan tradisi untuk memberi nama camilan (dessert) untuk OS Androidnya, yang kali ini bernama “Snow Cone”.

Nama resmi “Snow Cone” ini diumumkan langsung oleh Vice President of Engineering for Android, Dave Bruke sebagai sebutan yang dipakai oleh developer, untuk merujuk Android 12.

“Background keren untuk merayakan peluncuran Android Snow Cone,” tulis Burke di akun Twitter-nya.

Ini jadi kali pertama Google kembali menggunakan nama camilan untuk Android setelah tiga tahun. Di mana, pada tahun 2019 Google berhenti menggunakan nama unik tersebut untuk sistem operasi mobile-nya saat meluncurkan Android 10.

Sejak saat itu versi Android yang diluncurkan hanya menggunakan nama sesuai urutan numeriknya, seperti Android 10 dan Android 11. Meski begitu, secara internal kedua OS masih memiliki sebutan nama camilan yang dipakai oleh developer, yakni Quince Tart untuk Android 10 dan Red Velvet Cake buat Android 11.

Selain membawa kembali nama camilan, Android 12 juga membawa banyak pembaruan seperti sistem tema yang lebih dinamis, widget dengan desain baru, dan pengaturan privasi yang ditingkatkan. Android 12 juga menghadirkan desain baru bernama ‘Material You’ yang disebut Google sebagai perubahan desain paling drastis di Android.

Android 12 akan tersedia untuk ponsel Google Pixel terlebih dahulu dalam beberapa pekan ke depan. Google juga saat ini tengah bersiap meluncurkan ponsel terbarunya Pixel 6 dan Pixel 6 Pro pada 19 Oktober mendatang.

Urutan Nama Camilan Android

Berikut adalah daftar nama sandi/julukan yang diberikan Google untuk setiap generasi OS Android, sebagaimana dirangkum dari XDA Developer. Bahkan Google juga dikabarkan akan menyematkan nama Tiramisu untuk sistem operasi Android generasi ke-13.

Android 1.5: Cupcake
Android 1.6: Donut
Android 2.0: Eclair
Android 2.2: Froyo
Android 2.3: Gingerbread
Android 3.0: Honeycomb
Android 4.0: Ice Cream Sandwich
Android 4.1: Jelly Bean
Android 4.4: KitKat
Android 5.0: Lollipop
Android 6.0: Marshmallow
Android 7.0: Nougat
Android 8.0: Oreo
Android 9: Pie
Android 10: Quince Tart
Android 11: Red Velvet Cake
Android 12: Snow Cone

Tinggalkan komen