ASUS ROG Phone 5s Diperbarui dengan Qualcomm Snapdragon 888+

Taiwan, Gizmologi – Setelah merilis smartphone gaming terbarunya pada awal tahun 2021 lalu, ternyata tak lantas membuat pabrikan elektronik asal Taiwan ini merasa puas. Meski sudah hadirkan tiga seri berbeda, kali ini ASUS memutuskan untuk meluncurkan dua opsi tambahan lebih kencang lewat ROG Phone 5s.

Ya, dengan imbuhan huruf “s” pada belakang namanya, ASUS ROG Phone 5s hadir sebagai pembaruan yang bukan sepenuhnya baru. Melainkan ASUS berikan beberapa peningkatan yang bisa dibilang cukup penting, salah satunya termasuk prosesor lebih baik serta responsivitas layar yang ditingkatkan. Hadir dalam dua pilihan, yaitu ROG Phone 5s & 5s Pro.

Baca juga: Review ASUS ROG Phone 5: Flagship dengan Performa & Audio Terbaik

Secara desain, keduanya masih terlihat sama persis seperti versi sebelumnya yang sempat kami ulas. ROG Phone 5s dilengkapi logo ROG besar yang bisa diatur warnanya. Sementara 5s Pro gunakan layar PMOLED, serta memiliki dua tombol kapasitif tambahan pada bodi belakangnya. Bisa dimanfaatkan sebagai pintasan ketika sedang bermain gim.

Layar Lebih Responsif dengan Touch Sampling 360Hz

ASUS ROG Phone 5s

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ASUS berikan chipset lebih bertenaga pada smartphone gaming terbarunya ini. Dengan Snapdragon 888+ yang punya clockspeed CPU lebih tinggi, AI Engine-nya memiliki peningkatan performa 20%.

Varian standar tersedia dengan kombinasi RAM dan penyimpanan internal mulai dari 8/128GB. Bila inginkan yang paling besar, varian Pro tersedia dalam opsi 18GB/512GB. Tanpa slot microSD, pengguna bisa gunakan penyimpanan eksternal USB dengan format NTFS bila diperlukan.

Dengan adanya ROG Phone 5s series, generasi sebelumnya tak lagi menyabet posisi terbaik dalam hal latensi sentuh terkecil. Berkat touch sampling rate yang lebih tinggi (360Hz vs 300Hz di ROG Phone 5 standar), latensinya bisa turun 0,3ms, kini menjadi 24ms saja.

Spesifikasi Lain ROG Phone 5s Masih Sama

ASUS ROG Phone 5s

Mengingat ini merupakan versi penyempurnaan saja, maka spesifikasi lain dari ROG Phone 5s series masih dibuat sama. Sebut saja layar depannya yang punya bidang luas 6,78 ini, gunakan panel Super AMOLED dengan response time 1ms, refresh rate 144Hz, dukungan HDR10+ plus lapisan Gorilla Glass Victus.

Kapasitas baterainya pun masih dibuat sama lega mencapai 6,000 mAh, mendukung fast charging 65W lewat port USB-C, tersedia baik di bodi bagian bawah dan samping. Tujuannya? Selain untuk dukungan aksesori, juga agar tak mengganggu penggunanya ketika ingin bermain sambal charge saat memegang dalam posisi landscape.

Setup kameranya juga masih sama. Selain sensor 24MP bagian depan, ada setup tiga kamera dengan sensor utama Sony IMX686 64MP, ultra wide-angle 13MP f/2.4 dan macro 5MP. ASUS juga berikan total empat mikrofon di sekeliling bodi ROG Phone 5s, didukung oleh teknologi noise reduction dari OZO milik Nokia.

ROG Phone 5s & 5s Pro sudah tersedia di Taiwan pada 24 Agustus mendatang, sementara ketersediaannya secara global belum diumumkan. Untuk harganya sendiri, ROG Phone 5s 16/256 dibanderol seharga NTS29,990 (Rp15 jutaan). Sementara varian Pro dengan memori tertinggi 18/512GB mencapai NTS37,990 (Rp19 jutaan), sudah termasuk dengan pending AeroActive Cooler 5 dalam paket penjualannya.

Tinggalkan komen