Cara Restore/Update iOS Lewat iTunes Pakai File IPSW

Gizmo friends baru pakai iPhone? Atau mungkin menggunakan iPhone seri lawas, sudah merasa performa lambat, memori penuh dan ingin pakai iOS versi terbaru supaya lebih segar sekaligus hapus semua data? Berikut cara update iOS menggunakan iTunes, dengan file IPSW.

File IPSW (.ipsw) sendiri merupakan file software iOS yang bisa dipasangkan ke iPhone yang cocok. Istilahnya seperti factory image pada Android, yang bisa dipasangkan ke smartphone lewat menu bootloader atau tools lainnya. Tujuannya? Tentu saja untuk permudah proses update, atau bahkan downgrade ketika ada bug mengganggu yang justru ada di software versi terbaru.

Alih-alih menantikan proses unduhan atau download yang lama di iTunes, menggunakan file IPSW untuk update iOS bisa percepat proses tersebut. Atau setidaknya membuat kamu lebih mudah atur waktu. Semisal, mengunduh IPSW jauh-jauh hari, sehingga ketika perlu untuk lakukan restore atau update iOS, bisa langsung diproses tanpa mengunduh kembali, alias mempersingkat waktu.

Yang Harus Disiapkan Sebelum Restore/Update iOS

Restore Update iOS iPhone

Sebelum langsung membahas cara restore atau update iOS di iTunes dengan file IPSW, Gizmo friends tentu perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Yang pertama, tentu saja harus memastikan apalah file yang diunduh sudah cocok. Selain dari serinya, juga dari model number yang bisa dicari lewat dua cara.

Cara pertama adalah dengan mengakses menu Settings – General – About, kemudian cari bagian “Model number”. Sentuh serinya, kemudian nanti muncul kode huruf beserta angka. Atau di beberapa seri iPhone, bisa dilihat dari bodi belakang, tepatnya di bawah logo Apple. Kemudian bisa diinputkan ke situs identifikasi seperti milik ipsw.me.

Kalau file IPSW sudah disiapkan alias diunduh lebih dulu, proses selanjutnya tinggal menyiapkan perangkat iPhone yang akan di-restore atau update iOS. Pastikan untuk lakukan backup terlebih dahulu, baterai sudah cukup untuk lakukan proses update, serta gunakan aksesori seperti kabel yang layak—jangan sampai proses terganggu karena kabel mudah disconnect, misalnya.

Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan

Restore Update iOS iPhone

Lantas apa perbedaan dari restore dan update? Sesuai namanya, update iOS secara sederhana tingkatkan versi software naik ke yang terbaru. Sementara untuk restore, sekaligus menghapus semua data dari software sebelumnya. Sehingga benar-benar fresh, meminimalisir adanya bug atau error dari aplikasi-aplikasi yang pernah di-install sebelumnya.

Kalau sudah, langsung sambungkan perangkat iPhone ke laptop maupun Mac menggunakan kabel, kemudian akses iTunes versi terbaru yang sudah terpasang. Setelah tersambung, klik logo smartphone di atas kiri, kemudian bakal ada dua tombol yang bisa dipilih; check for updates maupun restore iPhone. Bila ingin update iOS sekaligus bersihkan data lama, pilih opsi kedua.

Nah, kalau hanya sekadar klik saja, file software bakal diunduh langsung dari iTunes. Untuk menggunakan file IPSW yang sudah diunduh sebelumnya, kamu perlu menekan (tahan) tombol Shift untuk komputer Windows, atau Option key untuk komputer Mac sembari klik tombol restore. Sampai muncul opsi untuk memilih file IPSW yang sudah terunduh.

Pilih file tersebut, dan proses verifikasi bakal berlangsung sebelum instalasi dimulai—jadi jangan khawatir kalau file IPSW yang sudah disiapkan sebelumnya tidak sesuai. Tinggal tunggu sampai proses selesai, dan iPhone kamu bakal sudah gunakan versi iOS terbaru atau yang ingin kamu sesuaikan dengan file yang diunduh.

Tinggalkan komen