alexa

Eksplorasi Desain Konsep Smartphone OPPO yang Futuristik

OPPO makin bergairah dan seolah tak pernah puas dalam mengembangkan teknologi inovatif pada perangkat konsumen. Pada November yang lalu, mereka memperkenalkan OPPO X 2021 sebagai smartphone dengan layar inovatif. Pada pertengahan Desember jelang tutup tahun ini, OPPO kembali memperkenalkan sejumlah desain konseptual baru.

Pada ajang China International Industrial Design Expo (CIIDE) Ke-4 yang digelar di Shenzhen, China, OPPO mengumumkan konsep desain yang berdasarkan filosofi human-centric. OPPO menghadirkan gaya yang retrospektif dengan menampilkan desain produk klasik terbaiknya yang telah diciptakan oleh perusahaan semasa hidupnya.

Desain konseptual ini dirancang khusus untuk OPPO oleh nendo, sebuah studio desain terkemuka asal Jepang yang didirikan oleh Oki Sato. OPPO berkolaborasi dengan nendo dalam rangka mengeksplorasi berbagai rancangan perangkat di masa depan.

Kilas Balik Desain Inovatif OPPO

Sejak perusahaan didirikan pada 2004, OPPO telah menunjukkan serangkaian desain produk yang mencerminkan wawasan dan upaya perusahaan dalam mengeksplorasi bentuk, materi, dan interaksi. Menengok ke belakang, mari kita melakukan kilas balik dengan memerhatikan inovasi desain OPPO.

OPPO A103 SmileyPada tahun 2008, OPPO meluncurkan smartphone pertamanya bernama “Smiley Face” A103. Produk ini  menandai awal dari terciptanya keseimbangan antara estetika dan inovasi yang sempurna. Inovasi ini telah terbukti banyak selama 12 tahun terakhir.

Ponsel ini membawa desain cukup unik pada masa itu. Keunikannya terdapat pada “senyuman” yang terbentuk di punggung ponsel. Bagian mata tersebut adalah kamera belakang dan LED flash yang dipasang bersebelahan. Kelir emas Oppo A103 menambah keunikannya sendiri di antara ponsel sekelasnya.

oppo Finder

Selanjutnya, pada tahun 2012 OPPO meluncurkan salah satu ponsel tertipis di dunia. Produk bernama OPPO Finder ini dirancang sedemikian rupa agar lebih mudah dan nyaman saat digenggam.

Tipis identik dengan mudah patah. Namun produk dari OPPO ini tidak. Meskipun tipis, OPPO Finder sangat kuat. Mampu menghadapi benturan dan goresan, bahkan pada demo bisa dijadikan sebagai palu untuk memasukkan paku ke balok kayu.

OPPO Find 5 2Tahun 2014, OPPO memperkenalkan seri Find 5 yang memiliki desain lengkung 2.5D.  Oppo Find 5 hadir dengan layar berukuran 5 inci yang mendukung resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Layar tersebut memiliki tingkat kerapatan yang sangat tinggi, yaitu 441ppi. Selain itu, layar pada Oppo Find 5 menggunakan teknologi OGS. Dengan teknologi ini, kami bisa membuat layar yang 20 persen lebih tipis dari layar ponsel lain

smartphone oppo n3

Di tahun yang sama, OPPO melakukan terobosan dalam hal desain teknologi kameranya yang mutakhir. Produk tersebut adalah OPPO N3, sebuah smartphone yang dilengkapi dengan kamera putar bermotor pertama di dunia.Perangkat ini merupakan phablet Android dengan layar 5,5 inci yang memiliki kamera yang unik, bisa berputar.

Kamera 16 MP berputar yang dimiliki N3 ini membuat smartphone ini cukup memiliki satu kamera untuk memotret objek lain dan selfie. Oppo menyebut solusi kamera putar otomatis itu dengan istilah “Smart Rotating Camera”. Pada pembeliannya, disediakan pula O-Click, remote untuk mengontrol kamera yang ada di perangkat.

Oppo R9 1

 

Pada tahun 2016, OPPO meluncurkan seri R9 yang terinspirasi dari pegunungan salju yang dilengkapi dengan tampilan yang lebih cantik dan body smartphone yang mudah digenggam. Di Indonesia, OPPO R9 diberi nama yang berbeda yaitu OPPO F1 Plus.

Ponsel ini ramai menjadi perbincangan karena memiliki kamera depan dengan resolusi besar, 16 megapiksel dengan diafragma lensa f/2.0. Ponsel dengan desain unibodi berbahan logam ini juga memiliki fitur pemindai sidik jari, memori RAM besar 4 GB dan teknologi baterai yang bisa diisi ulang dengan cepat (fast-charging). Bisa dibilang, OPPO F1 Plus adalah pelopor smartphone kamera swafoto.

Oppo Find X featured

Pada tahun 2018, OPPO meluncurkan Find X sebagai smartphone yang memiliki tampilan layar penuh.  OPPO Find X menggunakan desain unik dimana pengguna dapat menggeser kamera keluar dari badan smartphone saat mengaktifkannya. Inovasi ini mengintegrasikan 11 komponen, termasuk kamera dan sensor depan dan belakang, dan menghasilkan rasio screen-to-body hingga 93,8%.

review OPPO Reno 10x ZoomDi 2019, OPPO membuat terobosan baru dengan meluncurkan Reno 10x Zoom. Ini adalah smartphone dengan struktur pivot uniknya yang meninggi. Desai tersebut kini telah menjadi inspirasi bagi desain baru dalam industri smartphone.

kamera OPPO Reno3 ProSelain itu, di akhir tahun 2019, OPPO meluncurkan ponsel 5G tertipis di dunia yang bernama Reno3. Di Indonesia, seri Reno3 dirilis pada awal tahun 2020 tanpa dibekali koneksi 5G karena memang jaringan generasi kelima tersebut belum hadir di Tanah Air.

OPPO X 2021Nah, seperti disinggung di atas, pada bulan November tahun ini, OPPO sekali lagi memperlihatkan eksplorasi terbarunya dalam pengembangan smartphone dengan menampilkan OPPO X 2021. Ini adalah sebuah konsep smarpthone terbaru yang dapat digulung, dalam ajang OPPO INNO DAY 2020.

Layar perangkat konseptual ini dapat digulung dan ukurannya dapat disesuaikan dalam rentang yang ditentukan sehingga menawarkan perspektif baru tentang masa depan perangkat dan bagaimana manusia dapat berinteraksi dengannya.

Desain konseptual “Slide-phone” dan “Music-link” Kolaborasi dengan nendo

OPPO slide phoneDi ajang China International Industrial Design Expo, OPPO menampilkan desain konseptual “slide-phone” dan “music-link”. Ini merupakan hasil kolaborasi dengan dengan nendo, sebuah studio desain industri terkemuka asal Jepang.

Ide untuk menciptakan“slide-phone” berawal dari OPPO dan nendo yang menemukan bahwa pengguna smartphone semakin mengandalkan smartphone mereka untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Untuk mendukung lebih banyak fungsionalitas, smartphone pada umumnya didesain dengan ukuran yang besar sehingga sulit dan kurang nyaman saat digenggam. Tren ponsel berukuran besar ini telah menjadi kekhawatiran bagi sejumlah pengguna smartphone.

Berbekal wawasan ini, konsep “slide-phone” dirancang dengan layar yang dapat dilipat tiga kali menggunakan engsel sehingga layar dapat dilipat ke arah yang sama. Dengan memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengubah bentuk telepon sesuai kebutuhan, pengguna dapat mengubah ukuran smartphone agar sesuai dengan acara. Selain itu, stylus yang dimasukkan ke dalam telepon memungkinkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan menggunakan telepon untuk bekerja atau melakukan tugas lain yang lebih kompleks.

OPPO music-linkDesain konseptual OPPO dan nendo lainnya, “music-link”, adalah kumpulan perangkat yang berpusat di earphone TWS yang mencakup jam tangan pintar, speaker AI, pengisi daya portabel, dan pengisi daya nirkabel. Semua perangkat dirancang dalam bentuk organik yang ramping, mengadopsi desain afinitas yang mencerminkan nilai estetika pengguna saat ini.

Saat earphone TWS dan pengisi daya portabel ditempatkan pada speaker AI, pengguna dapat menikmati pengalaman musik yang mulus saat beralih dari headphone ke speaker. Desain simbiosis antar perangkat ini, dan penekanan pada portabilitas dan kenyamanan, mencerminkan integrasi teknologi OPPO dan human-centricity dalam filosofi desainnya.

Sebagai penjelajah dan pemimpin yang menjunjung sinergi sempurna antara estetika dan inovasi tertinggi, OPPO mendirikan pusat desain industri untuk mewujudkan desain dan inovasi dalam industri. Pusat ini disertifikasi oleh The Fourth selection of National Industrial Design Center di China pada 22 November 2019. Desain produk mutakhir OPPO juga telah diterima dengan baik dan diakui oleh industri. OPPO akan terus fokus pada desain produk, mengeksplorasi lebih jauh bagaimana teknologi dan estetika dapat diintegrasikan untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat antara orang, perangkat, dan dunia di sekitar mereka.

Tinggalkan komen